BudayaPerjalanan

Yabelale, Buginese Lullaby

Yabelale, lagu pengantar tidur suku Bugis

Suku Bugis memiliki lagu nina bobo yang berjudul Yabelale. Berisi doa dan pengharapan pada sang anak agar kelak menjadi yang terbaik.

Lullaby atau lagu nina bobo dimiliki hampir semua bangsa dan kebudayaan. Lagu pengantar tidur untuk anak-anak itu biasanya penuh dengan doa dan nasehat dari orang tua agar kelak si anak dapat berbuat yang terbaik untuk semua.

Bugis, sebagai salah satu suku di Indonesia juga memiliki lagu nina bobo semacam itu. Judulnya, Yabelale. Saya sendiri tak tahu apa arti dari kata Yabelale. Tapi, ketika mendengarkan lagunya, serasa berada di pangkuan ibu seperti masa kecil dulu.

Bagi teman-teman yang berminat silakan nonton lagunya di bawah.

Cakkaruddu’ atinrono 2X
Matinro tudang ammo
Alla nasala nippimmu
Nippi magi mumalewe 2X
Lewe’no makkawaru
Alla todongi go peddi’
Peddi’ kegana mutaro 2X
Kegani mupallinrung
Alla tomassalle lolang
Lolangno mussaleangngi 2X
Sarae ri atimmu
Alla aja’ mumadoko
Madoko-dokoni laoe 2X
Makkale’ rojong-rojong
Alla tori welaimmu
Tori welaimmu gare’ 2X
Tudang ri tengnga laleng
Alla mappaseng naterri
Tori paseng tea mette’ 2X
Tona polei paseng
Alla tea makkutana
Pekkogana makkutana 2X
Rilaleng tennunengna
Alla napole pasetta

Di dalam lirik lagu YabeLale di atas tersirat makna dan pesan mendalam. Di bait pertama terkandung undangan untuk segera pulas. Kemudian, di bait 2 hingga 5 tersirat harapan dan doa seorang ibu biar anaknya kelak berhasil mencapai cita-citanya, senantiasa didiberi keselamatan, kemudian mengantarnya ke dalam kehidupan yang lebih baik.

Terakhir, di bait 6 dan 7 diam-diam pengharapan seorang ibu terungkap. Ternyata, lagu Yabe Lale ini meliputi ungkapan rasa seorang ibu yang membesarkan anaknya seorang diri alasannya yaitu ditinggal pergi oleh suami, entah dengan tujuan merantau mencari penghidupan lebih layak atau ikut berjuang dalam perang kemerdekaan melawan penjajah di masa lalu.

Yabelale, lagu pengantar tidur suku Bugis
Yabelale, lagu pengantar tidur suku Bugis

Singkatnya, lagu YabeLale di atas yaitu lagu hiburan sekaligus pengantar pulas bagi seorang anak yang ditinggal pergi oleh ayahnya.

Baca Juga Pesan Leluhur Bugis Dalam Memilih Pemimpin

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.