Terangi Siang dengan Lampu Kendaraan Anda…

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Dinamika KotaKata Kota

Terangi Siang dengan Lampu Kendaraan Anda…

Aturan penggunaan jalur khusus di sisi kiri bagi pengendara sepeda motor di Makassar dicoba di empat ruas jalan yakni Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan AP Pettarani, dan Jalan Perintis Kemerdekaan, mulai dari perempatan Kelurahan Daya sampai ke perbatasan Kota Makassar dengan Kabupaten Maros. Polwiltabes dan Dishub menyiapkan jalur khusus dengan lebar dua sampai tiga meter. Luas jalan itu dibatasi dengan seutas tali yang dibentangkan. Pada jarak tertentu, beberapa anggota polisi lalulintas disiagakan untuk mengatur lalulintas. Sejumlah mobil patroli Polantas berkeliling kota sembari memberitahukan aturan baru berlalulintas dengan menggunakan pengeras suara, seperti yang terlihat di Jalan Alauddin di depan Pasar Pabaeng-Baeng Jumat (19/1) sore.

Aturan menyalakan lampu di siang hari ini berlaku bagi semua kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor seperti yang diungkapkan Kapolwitabes Makassar Komisaris Besar (Kombes) Nurman Thahir pada jumpa pers di Mapolwiltabes, Selasa (16/1). Namun, dalam sosialisasi yang digelar di Jalan. A.P.Pettarani, terlihat hanya para pengendara motorlah yang menjadi sasaran aturan ini. Polisi yang bertugas hanya memberi tanda agar lampu dinyalakan pada pengendara sepeda motor dan terkesan membiarkan para pengemudi mobil tidak menyalakan lampu kendaraan.

Aturan ini tentu terasa memberatkan di jaman susah ini. Lampu kendaraan yang menyala setiap hari membutuhkan energi yang besar dan meningkatnya pemakaian aki (accu). Tentu ini sebuah pemborosan. Berbeda dengan pengapian pada mobil yang bisa mengisi sendiri, aki pada sepeda motor membutuhkan penyetruman dan pengisian yang tentunya membutuhkan biaya tambahan.

lengkapnya baca di PANYINGKUL!

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.