Beasiswa Luar Negeri Update Maret 2019

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganTips & Trik

Beasiswa Luar Negeri Update Maret 2019

tips beasiswa luar negeri - lelakibugis.net

Mau kuliah di luar negeri tapi bingung pendanaannya? Jangan bingung. Beasiswa luar negeri sebenarnya sangat banyak, beberapa di antaranya ada dalam artikel ini.

Pada umumnya orang hanya tahu beasiswa dari lembaga pemberi beasiswa baik untuk berasal dari pemerintah atau non pemerintah misalnya Council for International Exchange of Scholars (CIES), Sampoerna, dll. Lamaran ditujukan ke lembaga pemberi beasiswa itu atau melalui organisasi yang ditunjuk oleh lembaga itu.

Sumber beasiswa lainnya biasanya berasal dari tempat kita bekerja, misalnya PLN, Bank Indonesia, dll. Ada banyak lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa dengan ikatan dinas (tugas belajar). Banyak juga beasiswa itu yang asalnya berasal dari dana atau hutang luar negeri.

Update: 7 Maret 2019

Salah satu beasiswa pendidikan dari pemerintah adalah
Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sasaran bantuan program beasiswa pendidikan LPDP ini adalah Warga Negara Indonesia yang berkemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi dan lolos proses seleksi untuk melaksanakan studi pada program Magister dan Doktor.

LPDP merupakan Lembaga yang bekerja di bawah naungan Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Budaya serta Kementerian Agama yang memberikan banyak program beasiswa mulai dari beasiswa Reguler, Disertasi, Dokter Spesialis, Afirmasi, Unggulan Dosen Indoneisa, dan Co-Funding. Namun, jadwal seleksi Beasiswa LPDP 2019/2020 belum ada informasi terbaru, sebaiknya rajin-rajinlah mengunjungi situs resmi https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/ untuk mendapatkan informasi terkini.

Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa langsung dari sekolah di luar negeri. Orang Indonesia umumnya mencari beasiswa melalui lembaga pemberi beasiswa dan atau beasiswa dari tempatnya bekerja. Masih sedikit yang mencari beasiswa langsung dari sekolah yang dituju padahal ada sangat banyak kampus yang mengelola dan menyalurkan beasiswa sendiri.

Berikut beberapa kampus atau universitas luar negeri yang menawarkan beasiswa.

Beasiswa S2 AIT Thailand

Deadline: 31 Maret 2019

Beasiswa luar negeri yang diselenggarakan Asian Institute of Technology (AIT) Thailand terbagi menjadi dua, yakni His Majesty the King’s khusus program S2 pada salah satu jurusan yang terdapat di School of Engineering and Technology (SET), AIT dan School of Management (SOM) AIT).  Sementara pada beasiswa Her Majesty the Queen’s khusus program S2 Resources and Development (SERD) di School of Environment, AIT.
Selengkapnya baca di https://www.ait.ac.th/

Beasiswa S1, S2, S3, PhD Governmental Taiwan

Deadline: 31 Maret 2019

Program Taiwan Fellowships & Scholarships (TAFS) adalah inisiatif pemerintah Republik Tiongkok (ROC) yang bertujuan mempromosikan penelitian yang relevan, hubungan pendidikan, dan persahabatan jangka panjang antara Taiwan dan komunitas global.

TAFS terdiri dari 8 penghargaan dalam 3 kategori: Beasiswa penelitian, Beasiswa Pengayaan Huayu (Mkamurin), dan Beasiswa Gelar. Biasanya tunjangan yang diberikan mulai dari NT$15.000 atau Rp6,8 juta per bulan hingga NT$60.000 atau Rp27,4 juta per bulan tergantung dari program dan tingkat pendidikan yang diambil. 

Selengkapnya di https://www.studyintaiwan.org/scholarship

Beasiswa S1 dan S2 Orange Tulip Belanda

Deadline: 1 April 2019

Salah satu beasiswa yang diadakan setiap tahunnya adalah dari negara kincir angin, Belanda. Atas kerja sama antara institusi pendidikan tinggi dan perusahaan Belanda dengan Pemerintah, kali ini beasiswa Belanda diselenggarakan oleh Orange Tulip Scholarship (OTS).

Banyak universitas yang ikut serta bekerja sama dalam program beasiswa ini, sehingga kamu bisa lebih leluasa memilih universitas yang sesuai dengan keinginan.

Selengkapnya di

Beasiswa S1, S2, S3 Chongqing China

Deadlina: 15 April 2019

Chongqing University of Posts and Telecommunications (CQUPT) China sedang menyelenggarakan beasiswa buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S1, S2 dan S3. Jenjang beasiswa ini berlaku maksimum 4 tahun program S1 dan 3 tahun untuk program S2 dan S3 dengan nilai beasiswa mulai dari Rp52,9 juta per tahun hingga Rp74,1 juta per tahun.

Selengkapnya di http://english.cqupt.edu.cn/

Beasiswa IT S1 dan S2 Innopolis University Rusia

Deadline: 1 Mei 2019

Khusus kamu yang tertarik dengan dunia IT dan ingin melanjutkan kuliah S1 dan S2, saatnya manfaatkan beasiswa dari Innopolis University di Rusia. Beasiswa ini menawarkan program studi Computer Science S1, sedangkan S2 terdapat empat, yakni Data Science, Robotics, Engineering dan Secure System and Network Engineering (SNE). Menyoal cakupan beasiswa berupa 100% biaya kuliah, asrama kampus dan tunjangan per bulan.

Selengkapnya di https://university.innopolis.ru/en/

Beasiswa S2 Universitas of Twente, Eropa

Deadline: 1 Mei 2019

Beasiswa University Twente (UTS) adalah beasiswa untuk siswa berprestasi baik dari negara EU / EEA maupun non-EU / EEA, yang mendaftar diri pada program pascasarjana (MSc) di University of Twente. Para siswa akan menerima sejumlah tunjangan antara € 3.000 atau Rp48,5 juta dan € 25.000 atau Rp404,1 juta selama satu tahun. 

Selengkapnya di https://www.utwente.nl/en/education/scholarship-finder/university-of-twente-scholarship/#scholarship-value

Beasiswa S1, S2, S3 Chinese Government, Cina

Deadline: 30 Juni dan 31 Juli 2019

Pemerintah Cina telah menetapkan serangkaian program beasiswa yang akan mensponsori siswa internasional, guru dan sarjana untuk belajar dan melakukan penelitian di universitas-universitas Cina.

Setiap siswa yang menerima beasiswa ini akan diberikan tunjangan lengkap berupa biaya kuliah, akomodasi serta uang bulanan sebesar Rp 1,5juta per bulan untuk S1 dan S2, sedangkan Rp2,1 juta untuk S3.  Selain itu, bagi S1 akan diberikan gaji Rp5,2 juta per bulan, S2 Rp6,2 juta dan S3 Rp7,2 juta. 

Selengkapnya di http://www.campuschina.org/content/details3_74776.html

Beasiswa S1 dan S2 Korean Government, Korea

Deadline: –

Program Beasiswa Pemerintah Korea (KGSP) mendukung para pemimpin global masa depan dan mempromosikan kerja sama internasional dalam bidang pendidikan dengan mengundang siswa internasional yang berbakat ke Korea untuk mendapat kesempatan melakukan studi lanjutan di lembaga pendidikan tinggi di Korea. Adapun tunjangan yang ditawarkan meliputi tiket pesawat ekonomi, biaya bulanan, kursus bahasa, semua biaya kuliah, asuransi kesehatan dan masih banyak lagi. 

Selengkapnya di http://www.niied.go.kr/user/nd35203.do

Masih sangat banyak sekolah di luar negeri khususnya di Amerika yang memberikan beasiswa dalam bentuk teaching assistantship (TA) ataupun research assistanship (RA) asalkan Anda memiliki keinginan kuat untuk mencari informasi tentang beasiswa luar negeri.

Selain itu, jangan lupakan persiapkan diri sebelum mengajukan aplikasi beasiswa luar negeri itu. Apa saja yang perlu anda siapkan?

Silakan baca Panduan Umum Pengajuan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.