Rock In Celebes: Karena Indonesia Bukan Hanya Jawa

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Dinamika KotaKata Kota

Rock In Celebes: Karena Indonesia Bukan Hanya Jawa

“Jaga Makassar dari kerusuhan, jaga Makassar dari kekerasan, jaga Makassar dari premanisme” begitu pesan Andy /rif sesaat sebelum melantunkan ‘Preman’, lagu yang dipopulerkan oleh Ikang Fawzi pada tahun 1987.
/rif dalam gelaran Rock In  Celebes 2014 [foto Iqbal Lubis]
/rif dalam gelaran Rock In Celebes 2014 [foto Iqbal Lubis]

Andy /rif sepertinya mengikuti perkembangan berita tentang kota Makassar, terbukti berapa kali ia berpesan pada penonton Rock In Celebes 2014 yang memadati gedung Celebes Convention Center malam itu, 21 Desember 2014 untuk tetap menjaga kedamaian di Makassar. Sebulan terakhir, Makassar memang marak menghiasi media dengan pemberitaan seputar demo anarkitis, tawuran warga dan geng motor.

Band /rif adalah penampil pamungkas dalam ajang musik yang rutin sudah digelar sejak tahun 2010 silam ini. Band yang digawangi Andy (vokal), Tedy (bass), Jikun (gitar), Magi (drum), dan Ovy (gitar) ini membawakan 10 lagu pada malam kedua, 21 Desember 2014. Band asal Bandung ini membuka konser mereka dengan lagu Arah lalu disusul dengan lagu Dunia.

/rif atau Ryhtm In Freedom makin menghangatkan suasana konser ketika mereka membawakan lagu Jenny, Radja, dan Sick single-single yang terdapat dalam album pertama mereka. Para penonton tak hentinya ikut bernyanyi dan bergoyang mengiringi 3 (tiga) single yang melambungkan nama /rif di blantika musik rock Indonesia.

Para penonton yang memadati gedung Celebes Convention Center sejak sore hari sepertinya itu tak kenal lelah. Sejak Alone At Last, Rocket Rockers, dan Koil, para penampil utama, tak henti-hentinya mereka bergoyang. Energi mereka masih melimpah hingga /rif tampil sebagai band penutup.

Di antara kerumunan penonton itu terdapat Fadly Arifuddin, vokalis Musikimia yang tampil pada malam pertama gelaran Rock In Celebes 2014. Andy /rif tak lupa menyapa Fadly yang ia sebut sahabat, “Makassar ini hebat, buktinya dari Makassar lahir vokalis sekaliber Fadly. Kami sahabatan sejak di Surabaya”

Setelah lagu Preman, /rif membawakan lagu Johny Esmud dan Fight lalu disusul lagu andalan mereka Lo Tuh Ye. /rif memberikan kejutan dengan menyisipkan lagu bergenre reggae legendaris No Woman No Cry karya Bob Marley di tengah lagu Lo Tuh Ye. Sontak, penonton yang sedari awal bergoyang makin kencang mengikuti musik mereka.

Kejutan itu ternyata tak hanya sampai di situ, Koil, band yang tampil sebelum /rif, kemudian kembali naik ke panggung membawakan lagu berjudul Party, Party, Party bersama /rif. Kedua band ini mengajak para penonton untuk bersenang-senang melalui lagu ini. Koil dan /rif telah merekam lagu Party Party Party ini dan membagikannya secara gratis di internet.

Rock In Celebes adalah salah satu ajang musik tahunan besar di Indonesia yang diselenggarakan di Makassar. Sejak 2010 hingga 2013, Rock In Celebes selalu mendatangkan band-band papan atas baik dari dalam maupun luar negeri. Pada tahun ini, yang merupakan penyelenggaraan ke-5, Rock In Celebes 2014 menampilkan konsep lebih berbeda dan lebih menarik.

Rock In Celebes 2014 menawarkan konsep baru yaitu ajang festival musik yang mengintegrasikan semua lini program dan memberikan pengalaman event yang dapat membuka pikiran musisi baru yang memiliki bakat dan minat, agar bisa naik ke jenjang berikutnya. Salah satu cakupan integrasi itu adalah “Conference” yang bertujuan untuk memberikan informasi dan bimbingan yang dibutuhkan oleh band-band baru dan pelaku industri musik lainnya di seluruh Indonesia untuk memajukan karir dan industri musik.

Program Conference ini menjadi ciri baru Rock In Celebes, menampilkan talkshow dimulai dengan pengantar yang memberikan gambaran bagaimana industri musik dunia dan diikuti bagaimana keadaan di Indonesia. Topik yang dibahas secara mendalam di Conference Rock In Celebes 2014 ini adalah: The New Music Business & Building a Musician Business, oleh Robin Malau, Gigging & Recording, oleh Eben Burgerkill dan Copyrights & Publishing, oleh Hang Dimas.

“Akan lahir band besar dari Makassar di Rock In Celebes ini. Tinggal bagaimana band Makassar meningkatkan kualitas mereka agar bisa menjadi headliner di festival rock, bukan hanya di Makassar tapi juga di kota lain” harap J. A. Verdijantoro a.k.a Otong yang merupakan vokalis Koil. Bagi Otonk dan Koil, ini penampilan pertama bagi mereka dalam gelaran Rock In Celebes.

Hadir pula Riri Riza, Mira Lesmana dan Nicolas Saputra yang menyempatkan menyaksikan festival ini di sela kunjungan mereka ke Makassar. Panitia pun memberikan kesempatan bagi mereka untuk mempromosikan film terbaru mereka yaitu Pendekar Tongkat Emas di atas panggung sebelum Koil beraksi.

Penonton malam kedua RIC 2014 - lelakibugis

Selain /rif, Koil, Musikimia, Rock In Celebes 2014 menampilkan 7 (tujuh) band headliner lainnya ditambah 32 band terpilih hasil audisi menjadikan ajang ini festival musik berskala besar. Tahun ini, Rock In Celebes merilis program registrasi/audisi untuk memberikan kesempatan bagi semua band dari seluruh Indonesia untuk bisa tampil bersama band-band besar lainnya di panggung Rock In Celebes, hingga kesempatan promosi dan distribusi digital ke seluruh dunia.

*dapatkan jutaan lagu gratis secara legal; Lagu Gratis Untuk Android atau Lagu Gratis Untuk iOS

 

Sebagai tambahan kemeriahan, festival ini tetap komplit dengan menghadirkan program dan fasilitas seperti Clothing Festival hingga Food Festival. Clothing Expo yang diberi nama ‘Celebes Clothing Festival’ menjadi rangkaian khusus di Rock In Celebes ini menghadirkan puluhan clothing lokal dan nasional ternama. Pengunjung pun dimanjakan dengan diskon-diskon yang ditawarkan oleh Chambers Stuff, RSCH, Gummo, Lo-ving, Shoegaze Shoes, Starcross, Smith, Unkl347, Cosmic, Screamous, dll.

Untuk mendukung festival yang diselenggarakan sepanjang 2 hari, panitia juga menampilkan aneka ragam jenis makan dan minum untuk kenyamanan pengunjung. Dalam Food Festival ini ada pula pertunjukan spesial yang menampilkan artis tamu Bottlesmoker, DJ Austyn & Ajinbuddies, yang menambah kemeriahan aktiftas di program kuliner ini.

Rocket Rockers, salah satu headliner, mengaku sangat puas bisa tampil di Rock In Celebes. “Line-up nya gokil-gokil, penonton Makassar juga sangat apresiatif” ungkap Aska gitaris Rocket Rockers yang merangkap vokalis selepas Ucay mengundurkan diri. Andy /rif pun menyatakan hal yang sama tentang penonton Makassar. “Senang kembali ke Makassar, penontonnya sangat menghargai musik rock” kata Andy yang terakhir tampil di Makassar pada 5 (lima) tahun lalu.

Rock In Celebes adalah salah satu barometer musik di Indonesia. Seperti kata Fadly, “RIC ini adalah pembuktian bahwa musisi-musisi dan anak-anak muda luar Jawa pun mampu menggelar ajang musik berkelas 5 tahun berturut-turut. Indonesia bukan hanya Jawa” tutup Fadly yang juga vokalis Padi Band.

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.