Risna Si Artis Sosial Media

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganInternet

Risna Si Artis Sosial Media

Ini tentang Risna Uang Panaik. Tentang gadis yang menghadiri pernikahan lelaki yang pernah menjadi kekasihnya. Kisah asmara yang kandas oleh Uang Panaik.

Kisah asmara Risna Uang Panaik dan Rais berlangsung cukup lama, 7 (tujuh) tahun lebih. Hubungan yang bermula sejak Risna SMP ini harus kandas. Dua kali Rais datang melamar ke orang tua Risna, dua kali pula lamaran Rais tertolak. Konon, karena keluarga Rais tak menyanggupi Uang Panai yang diminta oleh orang tua Risna.

Bagi yang tidak tahu, Uang Panaik berbeda dengan mahar. Uang Panaik adalah uang hantaran mempelai lelaki pada keluarga perempuan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap norma dan strata sosial. Biasanya, semakin tinggi strata sosial keluarga si perempuan maka semakin tinggi uang panaik bila ingin menikahinya. Semakin tinggi strata sosial mempelai perempuan semakin mewah pula pesta pernikahan yang diselenggarakan, karena itu uang panaik menjadi semakin tinggi.

Tak jarang kisah asmara di suku Bugis dan Makassar harus berakhir tragis karena uang panaik ini. Kisah Risna dan Rais hanyalah satu dari sekian banyak kisah kasih tak sampai karena uang panaik ini. Lalu kenapa kisah Risna begitu menyita perhatian publik? Adalah media sosial penyebabnya. Seseorang mengunggah foto Risna ke Facebook saat menghadiri pernikahan mantannya yang bertepatan dengan pernikahan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina ini.

Dari sebuah foto di itulah kisah Risna mencuat dan menarik perhatian publik. Foto itu kemudian menyebar ke berbagai media sosial lainnya semacam Twitter dan Path. Apalagi kemudian ada yang mengunggah video yang menampilkan Risna mendekap Rais saat pesta pernikahan itu. Video yang diunggah 27 Oktober ini sudah dilihat 19.991 orang sampai saat saya menuliskan ini.

 

video risna uang panaik menghadiri pernikahan mantan - lelakibugis
video risna uang panaik menghadiri pernikahan mantan – lelakibugis

Foto dan video yang beredar di media sosial inilah yang membuat media mainstream, baik itu koran, tv maupun elektronik, tertarik untuk memberitakannya. Tak hanya skala Makassar tapi juga skala nasional, media-media itu ikutan mengejar-ngejar Risna untuk sekadar diwawancarai. Bahkan Tukul Arwana pun meminta Risna datang sebagai bintang tamu dalam acara Bukan Empat Mata.

Awalnya saya tak tertarik untuk menuliskan kisah Risna ini, toh sudah sangat banyak yang mengulasnya. Namun ada sebuah pemberitaan yang mengusik saya. Tepatnya, sebuah judul berita dalam sebuah portal media lokal dimana Risna bermukim. Judul berita itu adalah ‘Artis sosmed Bulukumba berangkat ke Jakarta’. Portal ini menyebut Risna sebagai ‘artis sosmed’.

Benarkah Risna Uang Panaik seorang artis? Kata ‘artis’ sendiri adalah serapan kosa kata bahasa Inggris ‘artist’ yang bermakna pekerja seni atau orang yang bergelut dibidang kesenian. Menurut KBBI daring, ‘artis’ adalah: ar·tis n ahli seni; seniman, seniwati (spt penyanyi, pemain film, pelukis, pemain drama). Lalu apa yang telah dilakukan Risna di bidang seni? Belum ada. Saya yakin apa yang dilakukan Risna saat menghadiri pesta pernikahan mantannya bukanlah sebuah akting. Karena itulah kisahnya menyentuh banyak hati yang melihatnya, termasuk melalui foto dan video yang beredar.

Apakah karena Risna Uang Panaik belakangan sering menghiasi pemberitaan hingga Risna bisa disebut ‘artis sosmed’? Mungkin maksud dari portal tersebut adalah ‘selebriti’ dari kata ‘celebrity’. Dari KBBI, selebriti /se·le·bri·ti/ /sélébriti/ n orang yg terkenal atau masyhur (biasanya tt artis). Risna memang tenar dan terkenal belakangan ini tapi bukan karena dia artis. Risna menjadi terkenal karena nama gadis yang baru saja lulus dengan predikat cum laude ini sering kita jumpai di media sosial. Jadi penyebutan Risna sebagai ‘artis sosmed’ tentu tidak tepat.

Jika sempat bertemu Risna Uang Panaik, saya ingin mengajukan sebuah pertanyaan padanya; kalau diberi dua pilihan antara jadi artis, eh selebriti, atau menikah bersama kekasihnya, pilihan mana yang akan ia ambil?

Comments (2)

  1. Iya … selebriti itu maksudnya.

    Syukurnya sekarang sudah banyak orang tua yang tidak terlalu “menggubris” uang panaik ini. Bukan tidak ada sama sekali, cuma jumlahnya bisa dinego. Sayangnya masih banyak yang bertahan dengan adat. Pacce mi kalo dapat yang begitu.

    Kasihan juga Risna. Tapi siapa tahu berkah mendatanginya setelah ngetop karena gagal nikah.

  2. Risna cantik yaaa…
    semoga dia mendapat jodoh terbaik

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.