Catatan RinganInternet

Reaksi Orang Indonesia Terhadap Bom Sarinah

 

3. Perdebatan Soal Tagar

Peristiwa bom yang mengguncang Sarinah ini memunculkan tagar #PrayForJKT di berbagai media sosial. Tagar ini muncul tak lama bom mengguncang kawasan pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin. Tagar yang serupa #PrayForFrance yang muncul saat serangan teroris di kota Paris menuai tanggapan beragam dari netizen.

Bagi yang pro, tagar ini menunjukkan empati pada korban dan situasi Jakarta. Banyak yang menggunakan tagar ini sebagai bentuk dukungan dan empati mereka pada para korban. Juga harapan – harapan mereka terkait peristiwa yang mengguncang ibukota ini.

Ada pula yang kontra dan menyarankan untuk tidak menggunakan tagar #PrayForJKT ini. Alasan mereka, penggunaan tagar ini akan membawa dampak negatif yaitu membuat rupiah melemah. Mereka khawatir tagar ini akan menjadi trending topic dan membuat investor kabur dan berujung pada krisis moneter.

Pesan berantai yang menyarankan untuk tidak menggunakan tagar #PrayForJKT. Pesan ini menyebabkan Perdebatan Tentang Tagar dalam Bom Sarinah
Pesan berantai yang menyarankan untuk tidak menggunakan tagar #PrayForJKT. Pesan ini menyebabkan Perdebatan Tentang Tagar dalam Bom Sarinah

Kekhawatiran dan analisa netizen yang kontra tagar #PrayForJKT ini sepertinya berlebihan. Kesigapan aparat dan pemerintah dalam menghadapi teror bom ini ditambah kehadiran Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) ke lokasi pengeboman seakan memberi sinyal kepada dunia internasional bahwa kondisi sudah aman terkendali. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan investor.

Memang terjadi pelemahan nilai rupiah tapi tidak sampai pada kurs Rp. 17.000 per dolar. Pada sesi Kamis siang ada penurunan nilai rupiah sebesar 1,7 persen ke level 4.459 dalam indeks harga saham gabungan (IHSG) yang dalam bahasa awam, rupiah melemah 0,63 persen ke level Rp13.922 per dolar Amerika.

4. Meme dan Bahan Becandaan

Orang Indonesia merespon teror bom ini dengan menciptakan begitu banyak meme. Tak berapa lama setelah bom meledak dan mengguncang jantung ibukota, beragam meme pun menghiasi media sosial. Meme – meme itu umumnya menyampaikan pesan ke teroris bahwa tujuan mereka tak akan tercapai. Para teroris itu tak akan mampu membuat warga Jakarta dan Indonesia tidak akan takut.

meme bom sarinah

Becandaan suriah Bom Sarinah

meme komandan isi bom sarinah

 

5. #KamiNaksir #PolisiGanteng

Teror bom Sarinah yang terjadi mulai Pukul 10:50 WIB itu memunculkan sosok – sosok polisi yang menyita perhatian netizen. Alih – alih mengungkapkan ketakutan akan teror, netizen Indonesia (utamanya yang perempuan) justru heboh membicarakan seorang polisi yang berwajah tampan dan berpakaian fashionable.

Dalam foto – foto yang merekam aksi tembak menembak antara polisi dengan teroris bom Sarinah,  ada beberapa polisi yang menyita perhatian netizen cewek. Salah satunya adalah Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti. Perwira yang pernah bertugas di PBB tampak memakai sepatu dan pakaian bermerek terkenal lainnya.

Polisi lain yang juga menjadi bahan perbincangan netizen itu adalah Kompol Teuku Arsya Khadafi. Pria berkacamata yang awalnya disangka model Rino Soedarjo ini kini menjabat sebagai Kepala Unit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya adalah lulusan Akademi Kepolisian 2003.

Kami Naksir Polisi Ganteng Bom Sarinah

Kami Tidak Takut Kami Naksir - Bom Sarinah.

Baca Juga: Menebar Kebencian, Menuai Ketenaran dan Uang

Hanya berselang beberapa jam, nuansa mencekam akibat bom Sarinah malah sudah berganti dengan lontaran pujian pada polisi – polisi itu, kelakar hingga olokan pada ISIS. Perbincangan dan meme polisi ganteng ini sempat menjadi trending topik di twitter.

6. Jualan Olshop

Teror bom Sarinah ini juga memancing kreatifitas beberapa pelaku digital marketing dalam menjajakan dagangan mereka. Masih dalam suasana pemberitaan yang fokus pada kejadian, muncul beberapa iklan online shop yang menampilkan jualan sepatu yang serupa dengan apa yang digunakan oleh polisi – polisi ganteng yang sempat menyita perhatian netizen itu.

Tak hanya sepatu, tas dan topi serupa yang dipakai oleh polisi dan teroris pun mereka tawarkan. Bahkan ada pula yang menawarkan seragam lengkap polisi ganteng itu untuk ukuran anak – anak.

KW Super Olshop Polisi Ganteng - Bom Sarinah

Sepatu Topi Tas - Bom Sarinah

Seragam Polisi Ganteng - Bom Sarinah

Beragam reaksi orang Indonesia terhadap bom Sarinah menunjukkan bahwa bangsa ini memiliki mekanisme tersendiri menghadapi ancaman teror. Bahkan teror berbahaya sekali pun bisa menjadi tontonan dan bahan becandaan di Indonesia. Bisa jadi, orang Indonesia lebih takut pada ibu – ibu yang memakai motor matik dan memberi sinyal sein berbelok ke kiri padahal mengarahkan motor ke kanan jauh lebih menakutkan bagi orang Indonesia.

Comments (4)

  1. quote: “Tercatat korban meninggal ada 7 (tujuh) orang; 5 (lima) teroris dan 2 (dua) warga sipil”. Ada ide untuk mengeluarkan 5 teroris yang mati itu dari list korban, dengan memasukkan mereka ke dalam list korban itu sama saja menghina korban. Demikian isu yang berkembang kak 🙂

  2. yang paling asem dari itu semua adalah hoax yang keluar dari media sekaliber tvone.
    dia menyebarkan berita bohong demi rating, damn! sedangkan rakyat makanpun tak tenang

  3. Baguslah, KPI cepat bertindak.
    Sekarang mana mi Gafatar, hilang ditelan bumi.

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.