Mind Mapping Dalam Menulis dan Contoh Penggunaanya.

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganTips Menulis

Mind Mapping Dalam Menulis dan Contoh Penggunaanya.

Mind Mapping dalam menulis

Saat kopdar dadakan beberapa bloger Makassar pada sebuah sore kami membahas bagaimana menggunakan mind mapping dalam menulis. Saya kemudian memutuskan untuk menuliskannya.

Mind Mapping adalah salah satu cara dalam menulis. Tehnik ciptaan Tony Buzan ini sangat membantu dalam penentuan dan pengembangan ide tulisan.

Salah satu masalah yang banyak dialami teman-teman adalah bagaimana mengembangkan sebuah ide menjadi tulisan yang runut dan mengalir. Di sinilah mind mapping muncul sebagai salah satu memecahkan kebuntuan itu.

Masih bingung soal menemukan dan menentukan ide tulisan? Sila baca Kisah Ismail Menemukan Ide

Mind Mapping

Apa itu Mind Mapping?

Mind Mapping atau pemetaan pikiran adalah satu cara untuk memaksimalkan potensi pikiran dengan menggunakan otak kanan dan otak kiri secara simultan. Mind mapping adalah tools untuk memudahkan seseorang dalam proses berpikir, termasuk dalam mengingat dan mencari ide, sesuai dengan cara kerja otak manusia.

Metode mind mapping atau pemetaan pikiran ini adalah metode dengan membuat asosiasi – asosiasi antara topik atau ide utama dengan sub topik, dengan melakukan visualisasi berupa gambar, kata kunci dan warna.

Siapa Pencipta Mind Mapping?

Mind Mapping Tony Buzan
Mind Mapping Tony Buzan

Tehnik mind mapping diperkenalkan oleh Antony Parker Buzan, pakar pengembangan potensi manusia dan pendidikan, pada tahun 1974. Tony Buzan menyelesaikan beberapa bidang studi seperti psikologi, English, matematika dan sains di  University of British Columbia.

Ide-idenya dituangkan ke dalam buku Use Your Memory, Master Your Memory, Use Your Head, The Speed Reading Book and The Mind Map Book. Sejak itu ia telah menulis atau ikut menulis lebih dari 80 buku. Lima bukunya di BBC, pada 2003, telah terjual lebih dari 3 juta kopi.

Manfaat Mind Mapping

Dengan menggunakan tehnik Mind Mapping akan lebih memudahkan kita untuk menggali ide lebih dalam dan juga memudahkan masalah yang kompleks, karena kita dapat melihat permasalahan secara komprehensif.

Mind Map bisa digunakan untuk membuat perencanaan, menjabarkan ide atau konsep menjadi lebih konkrit dan membantu kita mengingat dengan lebih baik. Ada banyak hal yang cocok untuk penerapan tehnik ini. Misalnya; dalam bidang penulisan, manajemen projek, memperkaya kegiatan curah gagasan (brain storming), menyusun daftar tugas, mengefektifkan rapat dan  membuat catatan untuk mengenali diri sendiri.

Bagaimana Membuat Mind Map?

Tehnik mind mapping atau pemetaan pikiran menggunakan teknik curah gagasan dengan memanfaatkan kata kunci bebas, simbol, gambar, dan melukiskannya secara kesatuan di sekitar ide utama seperti pohon dengan akar , ranting, dan daun-daunnya.

Tahap pertama adalah menentukan ide utama dan ide-ide turunannya lalu dan menuliskan, melukis dan menandai dengan warna atau simbol tertentu. Proses curah gagasan itu kemudian dilanjutkan dengan mencari atau menentukan turunan ide-ide yang telah ditulis dalam bentuk kata kunci.  Sebaiknya guna kata kunci berupa satu kata tunggal.

Berikut ini merupakan prinsip dasar cara membuat mind mapping:

  • Gunakan Kertas Polos. Menggunakan kertas polos berwarna putih dengan ukuran minimal A4 akan memudahkan kita dalam membuat mind mapping
  • Gunakan pulpen atau pensil warna. Pulpen dan pensil warna ini untuk membantu kita mengidentifikasi tema atau ide dan turunannya.
  • Tentukan tema atau ide utama. Tempatkan tema atau ide utama ini di tengah kertas sebagai pusat mind map. Beri gambar serta tulisan judul pada tema atau ide utama ini.
  • Buat sub tema atau sub ide. Sub tema ini adalah turunan dari tema utama. Buat cabang merupakan tema atau ide-ide turunan dari tema utama atau pusat mind map
  • Kembangkan tema atau ide. Kembangkan tema atau ide dengan membuat cabang-cabang utama dengan ranting – ranting yang berisi ide lain yang relevan. Begitu seterusnya.
  • Kata Kunci. Gunakan hanya kata kunci untuk setiap ide utama, cabang dan ranting ide. Semakin banyak ide,  makin banyak kata kunci dan mind map akan lebih besar dan luas.
  • Gambar dan warna. Gunakan banyak gambar dan warna pada mind map untuk memancing daya kreatif anda keluar. Ini juga akan membantu otak untuk lebih berpikir bebas menemukan cabang dan ranting ide yang saling berkaitan.

Mind Mapping Dalam Menulis

Seperti yang saya utarakan di atas, tehnik ini sangat berguna untuk mengembangkan ide untuk banyak hal, termasuk ketika menulis. Selain mencari ide dan mengembangkannya, mind map ini juga bisa membantu dalam menyusun kerangka tulisan.

Setelah menemukan, menuliskan dan menggambarkan kata-kata kunci dalam mind map, langkah selanjutnya adalah dengan menurunkan kata – kata kunci itu sebagai kerangka tulisan.

Apa itu Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan adalah satu rancangan tulisan yang memuat garis besar dari ide yang akan kita tuliskan. Kerangka tulisan juga merupakan rangkaian ide-ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, terstruktur, dan teratur.

Manfaat Kerangka Tulisan

Kerangka tulisan bertujuan untuk memudahkan penulis dalam membuat sebuah tulisan karena sudah merangkum garis besar dari ide yang akan dituliskan. Dengan begitu, kerangka tulisan juga berfungsi untuk mencegah penulis keluar dari topik pembahasannya, sehingga tulisan akan menjadi karangan yang baik dan tidak berbelit – belit.

Kerangka tulisan ini akan menjadi semacam panduan bagi penulis untuk tetap fokus pada ide-ide yang telah ditentukan dalam mengembangkan tulisan. dengan melihat kerangka tulisan, penulis bisa menyaring informasi yang sesuai dengan tema, mana yang bisa dipakai mana yang tak perlu.

Kerangka tulisan juga bisa membantu penulis dalam mengatur alur selain alur kronologis.

Bagaimana Membuat Kerangka Tulisan?

Membuat kerangka tulisan tak jauh berbeda dengan membuat mind map yaitu dengan menentukan tema utama tulisan terlebih dahulu. Setelah menemukan tema utama, langkah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan dan menyeleksi bahan tulisan.

Saya selalu mengasosiasikan menulis dengan memasak. Karena proses menulis dan memasak itu hampir sama. Ada dua cara dalam memasak dan juga menulis; pilihan pertama adalah memasak atau menulis dengan bahan yang ada, atau kedua; mencari bahan untuk membuat sebuah masakan atau tulisan.

Setelah mengumpulkan dan menyaring bahan tulisan, mana yang perlu dan sesuai dengan tema tulisan, tahap selanjutnya adalah mengembangkannya. Susun ide-ide itu dan tambahkan dengan  bahan yang sudah tersedia lalu kembangkan dengan menggunakan data dan kalimat pendukung ke dalam bentuk paragraf. Lebih lanjut soal paragraf bisa dibaca di Bagaimana Menyusun Paragraf

Membuat kerangka tulisan ini akan lebih mudah jika menggunakan mind map dalam memetakan ide dan bahan tulisan seperti yang saya paparkan di atas.

Mind Mapping dalam menulis
Mind Mapping dalam menulis

Cara Menggunakan Mind Map Dalam Menulis.

Dengan menerapkan tehnik mind mapping di atas (lihat gambar) maka kerangka tulisan akan jadi seperti ini:

  • Mind Map
  • Apa Itu Mind Map
  • Apa Manfaat Mind Map
  • Bagaimana Membuat Mind Map
  • Mind Mapping dalam Menulis
  • Kerangka Tulisan
  • Apa Itu Kerangka Tulisan
  • Apa Manfaat Kerangka Tulisan
  • Bagaimana Membuat Kerangka Tulisan

Coba perhatikan judul dan sub-sub judul yang saya tuliskan dengan huruf tebal di atas. Apa yang teman-teman lihat dan temukan?

Update: teman-teman juga bisa menggunakan mind map tools yang tersedia gratis. Sila baca di Mind Map Tools Gratis Pilihan

Comments (15)

  1. Mantapp, Dapat knowlegde baru lagi.

  2. Dapat tambahan ilmu lagi. Masih nyoba2 nih u aplikasinya. Smoga kedepannya makin lancar

  3. Mungkin sedikit tambahan. Ada beberapa tools/aplikasi mind map yang online yang bisa membantu bocah milenial seperti saya. Hahaha
    Mind map ini menurut saya powerfull bukan hanya dalam membuat tulisan namun dalam project yang cukup kompleks

  4. Keren! Makasih sudah berbagi

  5. Teknik curah gagasaan dalam Mind Maping seperti dijabarkan dalam tulisan ini sangat bermanfaat.

    Bisa jadi panduan buat blogger pemula seperti saya.

    Selama ini cuma Gunakan 5W ,1H tanpa ada mind mapping..ngak ada coreran mind mapping seperti di atas..Next time ,bisalah saya coba juga buat mind Maping..

    Thanks for sharing oppa..

  6. Mind mapping tadinya saya pikir ditemukan oleh Aristoteles ketika membuat klasifikasi ilmu yg kemudian dikembangkan jadi genealogi kehidupan.

    Tp mmg tool ini membantu merunut pikiran kita yang terbiasa keluar dari lingkup bahasan utama. Tp dgn mind mapping, bahasan sampingan juga ikut dpt tempat dalam tulisan. Malah bisa membuka ide baru utk tulisan lanjutan.

    Makasih kk lebug utk ilmunyaaa. Kereen..

  7. Saya ndak terbiasa menuliskan mind mapping. Mapping-nya di otak seja. Saya perlu coba praktikkan untuk lomba yang mau saya ikuti. Terima kasih sudah berbagi, Oppa.

  8. Teknik Mind Mapping ini bisa juga digunakan di kelas, terutama dalam melatih siswa membaca cepat.

    Bahkan Nabila pernah ikut pelatihan “Baca Kilat” Setelah saya amati tekniknya ternyata pelatihnya menggunakan teknik ini.

    Keren pemaparannya, terima kasih sudah berbagi.

  9. Terima kasih udah berbagi ilmunya, kak. Terutama waktu kopdar kemarin.

    Untuk tulisan berikutnya saya mau coba aplikasikan dengan pake mind-mapping ini.

  10. Informasi tentang Mind Mapping dan pembuatan kerangka karangannya sangat bermanfaat, bahkan dilengkapi dengan conto mind mappingnya, dulu waktu sekolah pernah coba metode mind mapping untuk belajar, tapi sayangnya gak cocok dgn gaya belajar sy, bahkan, untuk menulis karangan, maunya langsung nulis hehe….

  11. Jadi ingat pelajaran di SD tentang bagaimana membuat kerangka tulisan dalam pelajaran mengarang. Tidak jauh-jauh dari mind mapping. Bertambah lagi ilmu menulis dari postingan kakak LeBug. Tengkiyu kakak LeBug yang baik hati

  12. Sudah familiar dengan mind map ini waktu kuliah dulu. Malah sering dapat tugas juga buat mind map, supaya bisa dipraktikkan dan diajarkan ke murid2 (kalau jadi guru).

    Ya, teknik mind map ini juga cukup efektif dipake saat belajar tapi setelah baca obrolan di WAG sebelumnya ditambah postingan ini baru saya makin ngeh. Ternyata teknik mind map juga bisa diterapkan saat mau menulis blog

    Memang kalau dilihat alurnya bisa lebih memudahkan ya cuma selama ini saya kalaj mau nulis ya nulis aja, nggak pake mind map atau coret apa-apa. Alhasil tulisan saya lama baru kelarnya ckck.

    Jadi dapat inspirasi dari postingan ini. Thanks for sharingnya kak Oppa Lebug😅

  13. Langsung mau coba untuk next tulisanku kak. Tadi saya baca juga komennya kak adda katanya ada toolsnya, mohon informasi untuk toolsnya kak.

  14. Kadang kalau pake kerangka tulisan, Saya malah kebingungan dengan tulisanku sendiri. Kebanyakan Cari data supaya sesuai dengan kerangka yang sa mau, abis itu tulisan send to draft deh karena sudah malas duluan haha

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.