Mind Map Tools Gratis Pilihan, Plus Mobile Apps

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganTips Menulis

Mind Map Tools Gratis Pilihan, Plus Mobile Apps

Mind Map Tools Gratis Pilihan, Plus Mobile Apps

Sebelumnya saya sudah membahas bagaimana penerapan mind map dalam membantu proses penulisan. Kali ini saya ingin berbagi mind map tools gratis yang bisa kamu gunakan.

Mind map adalah tehnik pengorganisasian ide dan informasi yang menggunakan visual dan warna untuk mengembangkan kreativitas dalam. Mind map ini dirancang untuk menyeimbangkan kinerja otak kiri dan kanan dalam proses kreatif. Selain untuk penulisan, mind map bisa diterapkan ke berbagai bidang semisal perencanaan website, pembuatan buku, perencanaan event atau kegiatan, bahkan untuk menyusun resolusi tahunan kamu.

Tak hanya memperkenalkan tehnik Mind Map, Tony Buzan juga mengembangkan iMindMap, yang menyempurnakan serta memformalkan proses dan panduan diagramnya. Aplikasi iMindMap dirancang untuk merangsang secara visual, dengan cabang melengkung, warna-warna cerah dan gambar yang tajam untuk membantu melepaskan kreativitas.

Dengan menggunakan iMind Map, pengguna bisa memilih mau merancang dan mengkreasikan sendiri peta pikiran dan merasakan  pengalaman menggambar, atau lebih membiarkan iMindMap membuat seluruh peta pikiran berdasarkan ide yang dipunyai. Ada berbagai pilihan freehand, gaya dan teks sehingga pengguna dapat membuat proyek yang unik. Mind map tools ciptaan Tony Buzan memudahkan untuk melakukan curah gagasan, memperbaiki, merencanakan, dan membuat presentasi animasi.

Untuk menggunakan iMind map ini kamu bisa membelinya di website http://thinkbuzan.com/products/imindmap/ dengan kisaran harga $ 100 USD – $ 300 USD sesuai kebutuhan.

Mind Map Tools Gratis

Bagi kamu yang pecinta gratisan, ada banyak mind map tools yang bisa kamu gunakan. Berikut mind maps tools gratis untuk desktop yang bisa kamu pilih:

Bubbl.us

Bubbl.us membuat curah gagasan dan pemetaan pikiran daring menjadi mudah. Untuk memulai, cukup ketik topik pusat Anda untuk memulai pohon, dan kemudian buat ide lain di tingkat yang sama atau sebagai sub-level. Pohon Bubbl.us secara otomatis akan memposisikan ulang dirinya agar sesuai dengan ide-ide baru yang Anda miliki, atau Anda dapat memindahkan gelembung di sekitar secara manual.

Anda dapat menyesuaikan pohon yang sesuai dengan gaya Anda dengan mengubah warna dan ukuran. Fitur simpan otomatis sangat berguna, dan Anda dapat membagikan proyek Anda sebagai file hanya-baca atau mengizinkan orang lain untuk mengeditnya. Untuk berkolaborasi di pohon yang sama, anggota tim lain harus memiliki akun Bubbl.us mereka sendiri.

https://bubbl.us/

Coggle

Nama aplikasi mind map ini mirip dengan Google. Kelebihan Coogle adalah pengguna bisa berbagi dan berkolaborasi dengan orang lain. Pengguna dapat menarik dan melepaskan gambar ke diagram Anda, melihat riwayat perubahan untuk melacak pengeditan dan menyesuaikan warna dalam setiap proyek.

pengguna dapat mengekspor proyek hasil peta pikiran ke dalam format PDF atau PNG, membuat tautan pribadi, atau berbagi secara publik di media sosial dan menambahkan tautan yang dapat diklik. Coggle mendukung Markdown dan juga berfungsi dengan mulus di perangkat seluler.

https://coggle.it/

Freeplane

Freeplane adalah aplikasi perangkat lunak sumber terbuka dan gratis yang mendukung pemikiran, berbagi informasi, dan menyelesaikan pekerjaan, di sekolah dan di rumah. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk pemetaan pikiran dan menganalisis informasi yang terkandung dalam peta pikiran. Freeplane berjalan pada sistem operasi apa pun yang memiliki versi Java yang terinstal. Itu dapat dijalankan secara lokal atau portable dari penyimpanan yang dapat dilepas seperti drive USB.

https://sourceforge.net/projects/freeplane/

Mind Map Tools Gratis Pilihan, Plus Mobile Apps
Mind Map Tools Gratis Pilihan, Plus Mobile Apps

Mind42

Mind42 berbasis peramban (browser) memungkinkan Anda untuk mengelola semua ide Anda pada satu platform untuk pengalaman pemetaan pikiran yang cepat dan sederhana. Anda dapat dengan cepat membuat, mengelola, dan mengedit segala jenis struktur data yang diperlukan untuk peta pikiran untuk mengeksplorasi ide-ide dengan cara yang bermakna secara visual.

Yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun dan klik New MInd Map. Setelah memulai proyek, Anda dapat mengundang kolaborator dan membuat grup yang bermanfaat seperti Bisnis atau Pribadi. Anda bahkan dapat mengimpor peta pikiran yang ada dari aplikasi lain, seperti Mindmanager dan Freemind.

http://mind42.com/

MindMap

MindMap adalah ekstensi Google Chrome yang memiliki dukungan Cloud, Google Drive, Dropbox, dan Box. Anda dapat menyimpan pekerjaan Anda ke penyimpanan lokal, di cloud, dan mencetak atau mengekspor peta pikiran sebagai gambar.

Mindmap memungkinkan untuk mengubah font dan posisi dalam setiap node, menambahkan gambar dan teks, dan membagikan peta Anda melalui koneksi media sosial Anda. MindMap memungkinkan kolaborasi real time dan penyematan dalam situs web atau blog.

Selain MindMap ada tiga ekstensi pemetaan pikiran serupa yaitu: MindMapr, MindMup dan Connected Mind.

https://app.mindmapmaker.org

Text2MindMap

Text2MindMaps adalah salah satu pilihan untuk mengatur pemikiran Anda menggunakan alat daring sederhana. Sangat mudah digunakan – cukup ketik beberapa teks ke dalam area teks, gunakan tombol tab untuk membuat indentasi baris dan klik tombol Draw Mind Map untuk menghasilkan satu mind map.

Setiap baris teks adalah simpul yang terpisah di mind map, dan ada opsi untuk mendesain peta agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tools ini menyediakan sejumlah fitur seperti pintasan keyboard, dan setiap peta dapat diunduh sebagai PDF atau gambar, atau bahkan diemail untuk berbagi dengan orang lain.

http://www.text2mindmap.com/

Wisemapping

Wisemapping adalah editor open source pemetaan pikiran daring untuk untuk individu dan bisnis. Mind map tools ini memungkinkan pengguna untuk berbagi dengan kolaborator, embed di blog, juga mudah dalam hal mengimpor dan mengekspor. Wisemapping ini cocok untuk pengguna yang mementingkan keamanan dan tidak ingin menggunakan aplikasi berbasis peramban, pengguna dapat mengunduh, menginstal, dan mengkonfigurasi WiseMapping di server sendiri.

Alat ini juga memungkinkan pengguna untuk mengundang anggota tim untuk melihat dan berkolaborasi pada peta pikiran dan mengekspor peta ke Freemind, PDF, SVG, dan format file gambar lainnya. Wisemapping juga dilengkapi penampil peta pikiran yang dapat disematkan untuk digunakan di situs web atau blog lain.

http://www.wisemapping.com/

Aplikasi Mobile Mind Map Tools

Mind map tools adalah beberapa alat yang bisa digunakan untuk membuat peta pikiran secara daring laptop atau komputer desktop. Selain itu, bagi pengguna ponsel ada sangat banyak aplikasi mind map yang tersedia di iOS dan Android yang bisa jadi pilihan:

  • BigMind
  • iBlueSky
  • Idea Sketch
  • MindGenius
  • MindMaple
  • Mind Mapping
  • Mind Map Memo
  • MindMemo
  • MindNode
  • Mindo
  • Maptini
  • Novamind
  • Simplemind

Selamat berkreasi dengan salah satu mind map tools di atas..

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.