Memanfaatkan Facebook sebagai Sarana Pemasaran

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganTips & Trik

Memanfaatkan Facebook sebagai Sarana Pemasaran

Kini setiap orang berbicara tentang jaringan sosial, entah itu facebook, myspace atau friendster dan lain-lain. Tak hanya sebagai ajang pertemanan, jaringan sosial banyak ini diklaim dapat menjadi obat mujarab untuk mengatasi semua kesulitan pemasaran.
Pemasaran pada situs jaringan sosial sangat membantu menambah jumlah [calon] pelanggan dalam daftar email dan akan membantu meningkatkan bisnis anda.Kunci keberhasilan strategi ini adalah dengan memastikan bahwa anggota dari target pasar Anda berada dalam jaringan anda.

Facebook sangat ketat dalam mengatur bagaimana para anggotanya saling kontak satu sama lain. Facebook membatasi jumlah undangan baru yang dapat dikirim dalam satu hari atau minggu. Jumlah yang tepat adalah rahasia Facebook dan tidak diketahui luas penggunanya, namun jika Anda melebihi jumlah rahasia ini anda bisa mendapatkan peringatan dari Facebook. Namun, jika anda mengundang tidak lebih dari 10 per hari, Anda mungkin tidak melampaui batas-batas mereka. Kedua, Anda hanya diperbolehkan 5000 teman-teman di Facebook, jadi jika anda berhasil dalam strategi ini, Anda mungkin akhirnya harus membuat daftar tunggu dari teman-teman.

Bagaimana Anda menemukan target pasar di Facebook? Apakah anda yang mengalami sosial networker atau hanya newbie, berikut adalah 10 rahasia untuk mengembangkan target pasar di jaringan Facebook Anda:

1. Update-to-date Profil dan / atau Halaman Fan: Sebelum Anda memulai “friending” (yakni meminta orang lain untuk menjadi teman), jangan lupa bahwa profil Anda harus up-to-date dengan keterangan yang akurat dari apa yang anda lakukan dan info kontak Anda, termasuk URL situs web Anda. Jika Anda memiliki beberapa bisnis, Anda bias mengundang orang yang tepat untuk atau penggemar halaman tertentu menjadi target pasar Anda.

2. Ikuti ahli. Ikuti pemimpin dalam bidang/industri tertentu dan “jadilah teman” mereka. Lakukan permintaan menjadi teman, dengan menyertakan termasuk catatan pribadi, karena akan meningkatkan kemungkinan bahwa mereka akan menerima permintaan Anda. Katakan sesuatu, misalnya, “Saya ingin ada di jaringan Anda di Facebook.” Setelah mereka telah menerima undangan Anda, buatlah komentar tentang status terbaru mereka, hal ini untuk membantu Anda menempatkan anda di depan radar melalui jaringan mereka.

3. Temannya teman. Perhatikan orang-orang dalam jaringan pemimpin industri, mungkin ada yang merupakan bagian dari target pasar juga, dan mengirim permintaan kepada mereka yang tertarik pada bisnis Anda. Bila Anda ingin berteman dengan seseorang yang Anda tahu hanya tahu melalui asosiasi, kirimkan catatan pribadi juga, seperti “Saya menemukan profil anda di dan ingin mengenal anda dengan menambahkan anda pada jaringan.”

4. Menggunakan grup. Carilah yang mungkin berisi kelompok target pasar. Saat mencari grup, gunakan kata kunci yang menjelaskan niche, industri Anda, letak geografis daerah, kepentingan target pasar, atau apapun istilah lainnya yang dapat digunakan untuk menemukan anggota dari target pasar. Mulai bergabung dan berpartisipasi dalam kelompok sehingga mereka mulai mengenal Anda.

5. Periksalah daftar teman anda. Di antara teman yang anda kenal dari sekolah, perguruan tinggi, asosiasi alumni, dan tempat-tempat kerja, mungkin ada yang berada dalam target pasar.

6. Teman yang direkomendasikan Facebook. Facebook biasanya merekomendasikan teman-teman Anda saat ini didasarkan pada daftar teman anda ketika masuk ke profil Anda. Saya telah menemukan rekomendasi yang akan sangat tepat.

7. Tambahkan berdasarkan minat atau bisnis. Apakah orang yang mencari dengan judul pekerjaan, industri, lokasi geografis, atau bunga. Orang-orang dengan istilah-istilah dalam profil mereka akan muncul dalam pencarian, dan Anda bisa meminta mereka untuk menambahkan berdasarkan minat umum.

8. Membangun hubungan. Setelah berteman dengan seseorang, anda harus mulai mengenal mereka dan upayakan mereka suka dan percaya agar Anda menjadi ‘ahli di bidang tertentu’ dalam mind set mereka. Mulailah membangun hubungan dengan menuliskan “terima kasih” pada wall mereka, serta komentar tentang sesuatu pada mereka profil yang minat Anda atau di mana Anda memiliki kesamaan. Tunggu update status mereka, lalu beri komentar pada saat yang tepat.

9. Buat grup. Setelah mendapat sekitar 500 pengikut, buatlah sebuah grup untuk target pasar anda. Grup yang menyediakan konten berguna dan mengajukan pertanyaan untuk merangsang diskusi dan mendapatkan kembali anggota untuk berpartisipasi dalam grup. Anda dapat memosting artikel, link ke posting blog, atau video yang telah dibuat.

10. Integrasikan ke dalam rencana anda. Tidak ada strategi pemasaran yang bekerja maksimal kecuali anda menerapkannya secara konsisten dalam jangka waktu tertentu.

Selain memanfaatkan jaringan sosial sebagai alat pemasaran yang murah dan efektif dalam membantu menumbuhkan bisnis anda, pertahankan strategi pemasaran anda yang lain. Rencana jaringan pemasaran yang mencakup jaringan sosial dan strategi lain yang dijalankan secara konsisten niscaya akan berjalan baik.

 


Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.