Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Kata KotaKomunitas

Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org

Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri

Anging mammiri artinya angin sepoi-sepoi yang bertiup saat sore di kota Makassar yang berada di pesisir pantai. Orang-orang di Makassar senang menghabiskan waktu pada sore hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah sambil menikmati angin sepoi-sepoi di pantai.

Komunitas AngingMammiri adalah sebuah komunitas yang dibentuk untuk memberikan wadah bagi blogger-blogger Sulawesi Selatan umumnya dan Makassar khususnya untuk bisa lebih mudah bertukar informasi, sampai menambah teman.

Alasan awal pembentukan komunitas ini mungkin lebih kepada rasa ‘iri hati’ melihat komunitas komunitas blogger di kota lain yang sudah berkembang lebih dulu yang dengan adanya komunitas itu mereka bisa begitu mudahnya berbagi informasi atau sekadar memobilisasi massa.

Komunitas blogger Makassar ini berawal dari beberapa blogger Makassar yang terdaftar pada komunitas blogger Blogfam. Kemudian di suatu hari di bulan November, Maknyak, pendiri komunitas Blogfam, datang mengadakan riset penelitian sekaligus bertemu dengan para blogger yang ada di Makassar. Pertemuan, yang biasa disebut ‘kopdar’ (kopi darat), para blogger Makassar untuk pertama kalinya dihadiri oleh Rara (www.i-rara.com), Adhi (http://nyanyian-perjalanan.blogspot.com), dan Leo (http://metalgrin.fluxide.com). Selanjutnya, kopdar (atau pertemuan) blogger-blogger Makassar terus diadakan dan selalu bertambah jumlahnya seiring dengan perkembangan waktu.

Gagasan awal pembentukan komunitas ini terlontar dari Rara, salah satu blogger Makassar, di salah satu kopdar Blogger Makassar yang ketiga pada tanggal 11 Juni 2005 di Food Court Mal Ratu Indah. Yang hadir waktu itu: Leo, Toar “Cikal”, Aan Mansyur, Sultra, Adhi, Rara, Ocha.

Kemudian hal ini sempat terlupakan karena kesibukan masing-masing. Dan tercetus kembali pada bulan Juli tahun 2006, lalu segera dilaksanakan, pertama-tama dengan membuat mailing list untuk para blogger Makassar pada tanggal 28 Juli 2006 di http://groups.yahoo.com/group/blogger_makassar/, dengan misi mengumpulkan blogger-blogger Makassar dan dapat memperdalam komunikasi antar blogger Makassar.

Angingmammiri.org (www.angingmammiri.org) muncul di permukaan dunia maya, pada tanggal 16 Oktober 2006 dibantu oleh Leo, sponsor hosting dari Adhi, parkirweb.com dan sponsor domain dari sibaong (http://www.indomain.biz/).
Tagline “Tempat Kumpulna Blogger Makassar” merupakan slogan dari komunitas Blogger Makassar “AngingMammiri”, dimaksudkan untuk menampung para blogger-blogger Sulawesi Selatan pada umumnya dan kota Makassar pada khususnya, namun sebenarnya kami tidak membatasi keanggotaan berdasarkan daerah. Sehingga pada perkembangannya nanti tidak menutup kemungkinan blogger daerah lain, bahkan negara lain atau sekalian dunia lain untuk ikut mendaftar menjadi anggota di AngingMammiri tanpa membedakan strata sosial, agama maupun ras. Jadi bagi teman-teman yang belum mendaftar, tak perlu ragu-ragu lagi kalo ingin kumpul bareng kita.

Komunitas ini kemudian diresmikan sebagai Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org pada tanggal 25 Nopember 2006, di Biblioholic, Makassar. Saat itu telah ”terdeteksi” sebanyak 114 blogger di situs angingmammiri.org, dan 100 blogger yang terdaftar di mailing list Blogger Makassar.

Pada tanggal 2 Juli 2007, diluncurkan secara resmi portal www.angingmammiri.org. Situs Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org yang menggunakan layanan blog wordpress.

Koleksi Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org
Koleksi Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org

Seiring dengan perkembangan blogger di Makassar, Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org tidak tinggal diam untuk mensosialisasikan blog. Kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan oleh Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org antara lain, yaitu:

  1. Workshop Blog di SMUN 17 Makassar, tanggal 01 Maret 2007.
  2. Menjadi peserta Seminar Sosialisasi Pengembangan dan Pemanfaatan Sistem Informasi, Perangkat Lunak dan Konten, serta Pelatihan Instalasi Linux dan Security, bekerjasama dengan Depkominfo dan FOSS-ID, di hotel Singgasana Makassar, tanggal 30 April 2007 dan 01 Mei 2007.
  3. Menggelar Seminar Teknologi Informatika, kerjasama dengan Pers Mahasiswa Politeknik Negeri, di aula PNUP, tanggal 23 Juni 2007.
  4. Pelatihan Blog, kerjasama dengan Pers Mahasiswa PNUP, tanggal 24 Juni 2007.
  5. Makassar Fiesty Release Party, kerjasama dengan LUGU (Linux User Group Ujungpandang), di UMI, pada tanggal 02 Juni 2007.
  6. Menggelar Bincang IT dan Blog: BLOG FOR LIFE, kerjasama dengan Telkom Speedy dan PTC, di PTC, pada tanggal 28 Juli 2007.
  7. Melaksanakan kegiatan sosial di bulan Ramadhan yaitu Anjangsana ke Panti Asuhan Nurul Fatimah, di Panti Asuhan Nurul Fatimah, tanggal 29 September 2007.
  8. Menjadi peserta dan kontributor pada Pesta Blogger 2007, di Blitz Megaplex Jakarta, tanggal 27 Oktober 2007.
  9. Menggelar Talkshow BLOG: VOICE OF FREEDOM, kerjasama dengan Indosat dan MTC, di MTC SPM Karebosi, pada tanggal 25 Nopember 2007.
  10. Menggelar Pelatihan Fotografi Untuk Pemula, kerjasama dengan PERFORMA (Perkumpulan Fotografer Makassar), di Cafe Baca Biblioholic, pada tanggal 26 Januari 2008.
  11. Mempelopori kegiatan sosial Berbagi Kasih Berbagi Buku, yang dilakukan setiap 4 (empat) bulan sekali, dimulai dari bulan Februari 2008.
  12. Menggelar Seminar Internet dan Blog se-Kabupaten Takalar – Sulawesi Selatan, kerjasama Hipermata (Himpunan Pelajar Mahasiswa Takalar) komisariat UIN dan Kompak (Komunitas Putera Puteri Takalar) serta PT. Telkom, di Gedung Juang Lapris – Takalar, pada tanggal 16 Februari 2008.
  13. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan Komunitas Blogger Bandung Batagor.net, Bebersih Bandung Yuk Jilid Dua, di Taman Hutan Raya – Bandung, pada tanggal 9 Maret 2008.
  14. Menjadi pembicara pada Talkshow tentang Blog dan Internet, kerjasama PT. Telkom, di Mega Bazaar Computer 2008 – Celebes Convention Centre – Makassar, pada tanggal 13 Maret 2008.
  15. Mengadakan kegiatan sosial Kampanye Anti Kelaparan dan Gizi Buruk serta Bersih-bersih Kampung Nelayan, kerjasama dengan blogger-blogger se-Indonesia, di Perkampungan Nelayan Mariso – Tanjung Bunga, pada tanggal 30 Maret 2008.
  16. Mengadakan kegiatan sosial Kampanye Anti Kelaparan dan Gizi Buruk Tahap II serta Peduli Gigi Sehat, kerjasama dengan blogger-blogger se-Indonesia, di Kampung Ballaparang, Lorong Mu’min, Jl. S. Saddang Baru – Makassar, pada tanggal 19 April 2008.
  17. Menjadi peserta dan pembicara pada acara Komunitas Blogger Palembang Wongkito, Blogger Day 2008, di Palembang Indah Mall – Palembang, pada tanggal 1 Mei 2008.
  18. Ikut berpartisipasi dalam kegiatan Komunitas Blogger Bandung Batagor.net, Bebersih Bandung Yuk Jilid Empat, di Taman Maluku – Bandung, pada tanggal 1 Juni 2008.
  19. Menjadi pembicara pada Workshop Blog, kerjasama Linux User Group Ujungpandang (LUGU), di Festival Komputer Indonesia (FKI) 2008 – Celebes Convention Centre – Makassar, pada tanggal 14 Juni 2008.
  20. Menggelar BLOGGER PEDULI SEJARAH dalam rangka 63 tahun Kemerdekaan RI, di Museum Kota Makassar, Museum Karaeng Pattingalloang – Benteng Somba Opu, Museum La Galigo – Fort Rotterdam, pada tanggal 18 Agustus 2008
  21. Ikut berpartisipasi dalam Pekan Merah Putih Anging Mammiri, pada acara Pameran Seni dan Budaya, di Anjungan Pantai Losari, pada tanggal 19 Agustus 2008.
  22. Mengadakan Pelatihan Blog secara gratis, kerjasama PT. Telkom dan Telkom Speedy, di Laboratorium IT Panakukkang Trade Centre Lt. 1 – Makassar, pada tanggal 24 Agustus 2008.
  23. Melaksanakan kegiatan sosial di bulan Ramadhan yaitu Anjangsana ke Panti Asuhan Nurul Fatimah, di Panti Asuhan Nurul Fatimah, tanggal 14 September 2008.
  24. Menjadi pembicara pada Seminar dan Pelatihan Blog yang diadakan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar, Tanggal 15-19 September 2008.
  25. Menjadi peserta dan kontributor pada Pesta Blogger 2008, di Gedung BPPT  Jakarta, tanggal 22 Nopember 2008.
  26. Menggelar Talkshow BLOG: FIELD OF MONEY, kerjasama dengan Telkomsel, di MTC SPM Karebosi, pada tanggal 23 Nopember 2008.
  27. Menerbitkan buku Iji Anget-Anget, Kerjasama dengan Gradien, November 2008
  28. Menjadi peserta dan berkontribusi CD Tutorial pada WordCamp Indonesi, bertempat di Jakarta, Januari 2009.
  29. Menjadi pembicara pada talkshow mengenai blog dan promosi buku Ijo Anget-Anget, kerjasama dengan Gramedia Mal Ratu Indah, pada bulan April 2009.
  30. Mengadakan BLOGSHOP 2009, sebagai rangkaian dari Pesta Blogger 2009, di American Corner UPT Perpustakaan Kampus Tamalanrea UNHAS Makassar, tanggal 27 Agustus 2009
  31. Menggelar bincang komunitas : TUDANG SIPULUNG, bertempat di Restaurant Pualam Makassar, tanggal 27 Aguatus 2009
  32. Menjadi pemateri pelatihan di LPMP Sulsel yang dilaksanakan oleh SEAMOLEC, Oktober 2009.
  33. Mengadakan Talkshow Blog : BLOG DAN BUDAYA PERGAULAN VIRTUAL, kerjasama dengan XL dan Astamedia Group, di Bloggers Cafe Makassar, pada tanggal 6 Desember 2009.
  34. Ikut berpatisipasi dalam Koin untuk PRITA!, Desember 2009.
  35. Menjadi peserta Diskusi Jurnalisme Warga, Dewan Pers, di Makassar Golden Hotel, pada tanggal 20 Mei 2010.
  36. Menjadi pembicara pada Makassar Blogshop, kerjasama dengan Penerbitan Kampus Identitas Unhas, di Library Net – UPT. Perpustakaan Unhas, pada tanggal 12 Juni 2010.
  37. Mengadakan BLOGSHOP 2010, sebagai rangkaian dari Pesta Blogger 2010, di ITC-UNM Makassar, tanggal 21 Agustus 2010.
  38. Menggelar bincang komunitas Tudang Sipulung : MAKASSAR TIDAK KASAR, bertempat di Restaurant Dapur Makassar, tanggal 21 Agustus 2010.
  39. Menginisiasi MAKASSAR PEDULI INDONESIA PULIH dan menggalang dana korban bencana Merapi dan Mentawai, kerjasama dengan Gerakan Makassar Tidak Kasar.

Selain kegiatan-kegiatan secara offline di atas, ada juga beberapa kegiatan yang dilakukan secara online selama lebih dari 1 tahun terakhir. Di antaranya adalah beberapa lomba penulisan entry blog, lomba entry foto blog, lomba puisi berantai, lomba pantun dan lain-lain.

Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org juga pernah menjadi kontributor tetap kolom khusus tentang Tutorial Blogging pada tabloid komputer lokal PC-CELL sejak bulan Agustus – November 2007. Tabloid PC-CELL ini terbit setiap 2 (dua) minggu sekali, dan kolom khusus mengenai Blogging ini terletak di halaman 6 (enam) setiap edisi.

Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org juga telah menerbitkan Buku IJO ANGET-ANGET, yang merupakan buku pertama dari Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org. Buku ini merupakan buku pertama yang diterbitkan oleh komunitas blogger yang berbasis kedaerahan.

Isi buku ini merupakan kompilasi cerita pengalaman dari beberapa anggota Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri.org yang melalui proses pemilihan naskah-naskah yang telah masuk.

Buku ini diterbitkan berkat kerjasama Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri dan  Penerbit Gradien Mediatama, dan telah tersedia di toko-toko buku terdekat mulai dari minggu kedua bulan November ta hun 2008 ini.

Saat ini blogger Makassar yang telah “terdeteksi” sebanyak 621 blogger yang terdaftar di mailing list blogger Makassar. Angka-angka akan selalu bertambah seiring dengan perkembangan blogger di Makassar.

Situs resmi Komunitas Blogger Makassar: http://www.angingmammiri.org/

Mailing list resmi Komunitas Blogger Makassar: blogger_makassar@yahoogroups.com

Untuk bergabung dengan mailing list, dapat mengirimkan e-mail kosong ke

blogger_makassar-subscribe@yahoogroups.com

Salam Blogger!

Comments (12)

  1. Semoga makin sukses komunitas blogger Anging Mammiri!
    Bangga jadi bagian dari komunitas keren ini.

  2. Beruntung saya menjadi bagian dari komunitas ini. Dari sini saya kemudian punya kakak-kakak yang keren yang kemudian mejamuri saya dengan menulis. Sukses selalu untuk Anging Mammiri.

  3. Luar biasa kegiatan Anging Mammiri..Moga bisa mendapat pengetahuan baru dengan bloger yang ada di Makassar di komunitas ini..

  4. Hadeh… press rilis lama hahaha
    Banyaknya mo kegiatan setelah itu. Harus mi diupdate press rilisnya.

  5. Kerennya kegiatannya AM dan masih banyak lagi kegiatannya setelah tahun ini. Kukira tadi press rilis baru 😂 menungguu update-annya 😊

  6. saya takjub sama kegiatan-kegiatan yang udah banyak dilakukan sama Komunitas AM, semoga kedepannya selalu menginspirasi banyak orang, jaya teruslah pokoknya… Anging Mammiri….

  7. Familiar banget Sama press rilis yang udah kemana-mana ini. Dulu kalo ada kegiatan dan diliput media, pasti press rilis ini dikasi ke teman-teman person untuk jadi bahan berita. Sukses selalu AM!

  8. Wahh luar biasa kegiatan-kegiatannya AM dari tahun ke tahun. Semoga saja dipergantian kepengurusan yg baru, lbh banyak lagi kegiatan positif lainnya 😊

  9. salut dengan kekompakan dan produktivitas blogger Makassar dalam berkarya dan membagikan informasi kepada pembacanya.. semoga selalu bertabuh berkah dan kesuksesan.. Aamiin.. selamat untuk kakak2 pengurus baru 🙂

  10. Siska Dian Wahyunita

    Udah dari jaman kuliah kenal komunitas ini, jadi agak menyesal kenapa gabungnya baru sekarang, tapi yang penting sekarang udah jadi diterima dan jadi bagian dari komunitas AM ini

    Sukses terus ANGIN MAMMIRI

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.