Catatan Ringan

Blogger Perempuan Makassar Favorit (versi @lelakibugis)

Pada postingan terdahulu saya sudah menuliskan Blogger Pria Makassar Favorit saya. Nah sekarang saya mau membagikan 5 Blogger Perempuan Makassar Favorit saya.

Saya mengenal Blogger Perempuan Makassar Favorit saya ini sudah sejak lama meski waktu perkenalan dengan mereka beragam. Dua orang di antaranya saya kenal sejak masa awal-awal ngeblog, bahkan sebelum Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri terbentuk.

Penilaian saya tentu subjektif dan, sekali lagi, sesuai selera saya 😀

Tanpa panjang kali lebar, inilah mereka:

#5. Uga

Belum banyak tulisan dari Anugerah Reskiani  (nama lengkapnya) yang saya baca tapi saya langsung jatuh cinta pada satu tulisan ia bagikan saat nge-list  blogwalking beberapa hari lalu. Judul tulisan itu lumayan panjang: Monik: Proyeksi Kebanyakan Anak Pulau dan Pelosok Terpencil. Tentang kondisi anak-anak pulau yang kurang mendapat akses pada pendidikan yang ia potret dari sosok Monik. Seorang anak perempuan yang ia temui di Pulau Badi.

Apa yang membuat saya jatuh cinta pada Uga tulisan Uga? Karena ia berhasil menggambarkan kondisi anak-anak pulau terkait akses pendidikan dari hal kecil yang ia temui. Dia memiliki kepekaan pada sekitarnya dan membagikan kegelisahannya melalui blog. Ia tak melulu berbicara soal lifestyle atau mengulas produk kecantikan terbaru.

Semoga Uga terus mengasah kepekaannya lalu jadi gelisah dan membagikan kegelisahan-kegelisahan itu melalui blognya di www.anugrahreskiani.com

#4. Mam Ery

Saya suka gaya saat Mam Ery bercerita. Ringan, santai, dan sering kali jenaka. Begitulah saat dia menulis di blognya. Saya paling suka tulisan-tulisan yang ada dalam kategori #gagalpaham, apalagi cerita-cerita tentang Andi Nur Yutub Bau Djemmaaaa eh Faizah alias Pica. Lucu dan menggemaskan. Kayak mau cubit Pica pas baca postingan-postingan #gagalpaham itu.

Selain kategori #gagalpaham yang menggemaskan itu, postingan Mam Ery lainnya juga menarik. Kalau mau tahu soal tempat makan atau nongkrong yang lagi nge-hits di Makassar, saya tinggal intip blognya. Selain tulisannya yang enak dibaca, foto-fotonya juga bagus.  

Bagi teman-teman perempuan yang ingin tahu soal fashion dan kecantikan, bisalah blogwalking ke blog Mam Ery. Silakan ke emaronie.com


#3. Nanie

Saya mengenal Ummi Nanie, dulunya sih manggilnya Kak Nanie, begitu kami karib menyapanya sekarang, sudah sejak lama. Semasa ia masih mengenalkan diri sebagai sayapbidadari, itu sebelum Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri berdiri pada tahun 2006 silam.

Dalam komunitas ini, meski Ummi Nanie tak pernah tercatat sebagai  salah satu pendiri alias founder atau pun pengurus inti, namun ia tak pernah jauh. Ummi Nanie lah yang selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan awal AM, termasuk ketika kami menggelar Kopdar Blogger Nusantara 2012.

Selain aktif di AM, sebutan bagi komunitas blogger Makassar, Ummi Nanie juga aktif dalam berbagai komunitas lainnya seperti Komunitas Perajut Qui-Qui Makassar dan beberapa komunitas lainnya. Aktivitas di berbagai komunitas ini sering ia tulis dan bagikan dalam blognya. Ada banyak postingan tentang kegiatan AM dan juga komunitas Qui-Qui.

salah satu blogger perempuan Makassar lawas ini juga banyak mengulas isu seputar digital parenting dengan menceritakan kisah kesehariannya dengan putra semata wayangnya, Ridwan.  Nah, saya paling suka membaca cerita-cerita Ummi Nanie dan Ridwan. Jadi bisa belajar banyak soal pengasuhan anak, yekan?

Selain itu, Ummi Nanie sering mengadakan lapak buku bekas. Nah,  dalam blognya ada satu kategori Buku yang mengupas buku-buku yang ia miliki dan jual. Cuss ke nanie.me

#2. Dokter Kiwa

Saya mengenal blogger perempuan Makassar satu ini di gerakan Berbagi Nasi Makassar. Lalu pemilik nama lengkap dr. Rizky Amalia Wakano ini bergabung sebagai peserta Kelas Menulis Kepo yang kami adakan. Mulai saat itulah saya senang dan rajin mengunjungi blognya.

Sebagai dokter, Kiwa banyak menulis tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia medis dan kedokteran. Meski berstatus dokter, yang saat kuliah dijejali dengan buku bacaan yang kadang lebih tebal dari bantal, tulisan Kiwa jauh dari bayangan tulisan yang penuh istilah yang sulit dipahami kalangan awam.

Salah satu tulisan yang sangat saya suka dari dr. Kiwa adalah tulisan yang berjudul Bukan Iklan Layanan Masyarakat; Patah Hati Membunuhmu. Dalam tulisan ini, Kiwa memaparkan bagaimana lirik lagu “cinta ini membunuhku” yang biasa kita dengar memang bisa saja terjadi. Bukan karena patah hati lalu orang memutuskan untuk bunuh diri. Bukan. Di dunia medis, dikenal adanya Broken Heart Syndrome yang bisa berakibat pada kematian. Dokter Kiwa bisa menjelaskan sindrom itu, dan juga masalah medis lainnya, dengan ringan dan asik dibaca.

Saat bertugas di Morotai, Kiwa yang sangat peka pada hal-hal kecil, menangkap beberapa momen yang ia saksikan di salah satu pulau terluar Indonesia itu. Salah satu momen itu, misalnya ketika ia melihat sepasang kakek nenek yang berpegangan tangan, yang ia kemudian tuliskan dan menjadi satu tulisan yang indah nan syahdu. Tulisan itu ia beri judul Kisah Romantis Itu Bukan Cuma Dilan dan Milea!

Penasaran dengan tulisan-tulisan dokter Kiwa? Segeralah klik dokterkiky.com

header blog Mugniar.com, blogger perempuan Makassar favorit saya

#1. Mugniar Marakarma

Saya menempatkan Mugniar Marakarma, atau karib kami sapa dengan Kak Niar ini, sebagai blogger perempuan Makassar paling favorit karena satu hal: konsistensi dalam menulis dan menayangkan postingan baru.

Ibu rumah tangga dengan tiga orang anak ini sepertinya tidak pernah kehabisan energi untuk menulis. Hampir setiap hari postingan baru tayang di dalam blognya. Padahal, kesibukan sebagai seorang ibu dan istri mengurus rumah dan anak-anak tanpa asisten rumah tangga tentu sangat menyita waktu.

Tapi, Kak Niar mampu melakukannya! Update blog tiap hari! Gilakaaaa..

Saya tidak akan menulis banyak tentang Kak Niar di sini. Akan ada postingan khusus untuk beliau nantinya.

Yang saya mau bilang adalah isi blog-nya sangat beragam dan informatif, mulai dari cerita keseharian sebagai ibu rumah tangga hingga rangkuman kegiatan-kegiatan seru dan keren di Makassar, semua ada di blog mugniar.com

Punya blogger perempuan Makassar favorit selain yang di atas? Tuliskan di kolom komentar yah..

Comments (22)

  1. Waah tersanjung ka’ Oppa, diulas sama blogger seniornya Makassar. Terima kasih banyak.
    Saya masih terus belajar dari kita’ semua, teman2 komunitas yang juga ikut menjaga semangat ngeblog saya.
    Ndak tiap hari ja’ posting juga hehe, tapi memang ada target per bulan.

    Terima kasih banyak, blog ta’ juga masuk dalam list-ku tentang blogger Makassar yang layak jadi tempat belajar menulis. Sekali lagi terima kasih.

  2. Woahhh Kak Nunu sudah tidak masuk kategori yah setelah negara api menyerang? Keren memang lima kakak-kakak di atas, produktif dengan segala aktivitasnya.

  3. Jadi ingat percakapanta kemarin
    “Jangko alasan tidak menulis karena mengurus anak, itu kak Niar update blog hampir tiap hari”

    Kayak tersambar gledek, kak Niar memang juara

  4. Masya Allah… Ada namaku di jajaran blogger perempuan favorit kak LeBug. Kutersanjung!!

    Padahal saya banyak belajar nulis terutama EYD dari blog lelakubugis dan juga belajar nge-joke dari kak LeBug lewat ruang chat WAG, hihi…

    Makasih andalancuuuu 🙏

  5. waaah kayaknya mestika banyak bergaul ma kita kak, karena diantara 5 blogger favoritta baru 2 tahu dan yang sering saya BW. Next masuk list BW 😊

  6. Dua di antaranya adalah bloger favoritku juga. Bukannya tidak favoritkan yang lain, hanya belum terlalu kenal saja. Saya murid baruji kodong. Eh kenapa juga ada kodongnya di?

  7. Wah kelima limanya idolaa, tp wmang kak niar sih, sejak awal kenal, ke blogger annya emang dari hati.

  8. Gak salah lagi, semuanya memang layak difavoritkan, kecuali kak Kiwa ini saya belum (kayaknya) mampir ke blog beliau. Wah asik juga konten tulisan beliau ini, jadi penasaran.

  9. Wah dari 5 list ini saya kenalnya sama mbak Mugniar karena sering kunjung berkunjung satu sama lain hihi…

    memang beliau konsisten terus nulis, selain itu tulisannya juga apik dan renyah

  10. Semua blogger diatas saya kagumi karena memiliki kekhasan cara menulis, kepekaan melihat apa yang terjadi di sekitar dan mampu menuangkan apa yang mereka rasakan sehingga dapat dipahami orang awam speri kami

  11. Saya jadi merasa kecil melihat konsistensi para blogger perempuan hebat pilihan kak anchu ini.

    Allhmdulillah Tuhan memberi kesempatan untuk berkenalan dan belajar bnyak dari pngalaman mereka lewat tulisan ini hehe.

    Spertinya perlu diulas juga blogger laki2 favorit kak.

  12. Pas pertama kali datang di acaranya AM, sempat bertanya tanya. “Kenapa ini ibu-ibu semua yang hadir?” ternyata setelah beberapa kali mengikutsertakan diri untuk BW dan membaca percakapan di group. Ternyata masih pada berjiwa millenials HAHAHA meskipun ada beberapa yang seumuran sama orangtuaku..

  13. Beh ini pade blogger favoritnya oppa lebung. Qtahumi namanya siapa sja 😅😅😅
    Tapi memenag k niar, top banget. Ada saja ide tulisannya

  14. Dari 5 daftar di atas, saya cuma pernah ketemua sama Kak Nanie dan Kak Mugniar. Semoga kapan-kapan pas ke Makassar bisa kopdar dengan yang lainnya.

    Juarakk memang Kak Mugniar itu, salut k’ juga. Btw, bukan hanya sebagai seorang istri dan ibu nah..tapi juga sebagai seorang anak. Karena ada orangtua juga yang beliau urus di rumah yang sama. Dehhh..kebayang bagaimana sibuknya itu.

  15. Jadi terasa ada beban moral masuk di list ini hahahha tapi bagaimanapun, terima kasih kak ancu, kutersanjung 🙂

  16. Semua nyaaa di atas adalah salah satu blogger favorit saya jugaaaa XoXo ih kapan yaaa aku muncul di tulisan oppa sebagai blogger favoritnya jugaaa
    *Ngareepppp wkwkwkwk

  17. Duh, daku merasa terbebani masuk di kategori blogger wanita terfavorit ta.
    Kemarin alasan tdk ngeblog lg krn lupa password, tp berhubung sudah diingatkan lg sama daeng ipul, nda adami alasanku utk malas menulis. Hehehe…
    Terima kasih oppa!

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.