Aroma Tubuh Bikin Nyaman Pasangan?

lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Catatan RinganWarita

Aroma Tubuh Bikin Nyaman Pasangan?

Aroma Tubuh Bikin Nyaman Pasangan

Menjadi cowok wangi itu adalah sebuah nilai lebih. Memiliki aroma tubuh yang enak bisa membuat orang lain nyaman berada di dekat kita.

Dalam postingan sebelumnya, saya sudah menuliskan bahwa tidak perlu menjadi pria metroseksual asal wangi. Kenapa? Sila lanjutkan membaca.

Saat kuliah, seorang teman perempuan pernah meminjami saya scarf miliknya. Cukup lama scarf berwarna hijau dengan gambar daun cannabis indica putih saya pakai. Tak sekadar meminjami, teman itu setiap hari memintanya dari saya untuk ia semprotkan parfum kesukaannya. Sejak itu, jika saya mencium aroma serupa dengan parfumnya, saya akan selalu teringat pada aroma tubuh teman itu.

Aroma yang terhirup akan diproses oleh olfactory bulb yang merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang bertugas untuk menerima informasi dari saraf reseptor olfaktori. Olfactory bulb mempunyai koneksi langsung pada dua area di otak yang sangat berperan penting dalam memori dan emosi manusia: amygdala dan hippocampus).

Itulah kenapa kita akan mudah teringat akan seseorang, tempat atau sesuatu yang mencium aroma tertentu atau sedang menikmati makanan. Itu karena letak indra penciuman yang berhubungan dengan sistem limbik di otak.

Jadi jangan heran kalau tiba-tiba kamu sesak saat mencium aroma yang mengingatkanmu pada aroma tubuh seseorang yang telah berlalu meninggalkanmu.

Sudah banyak riset yang menyatakan bahwa perempuan akan betah berlama-lama berada di dekat pasangannya karena merasa nyaman dengan aroma tubuh pasangan. So, jadi penting untuk memiliki aroma tubuh yang khas untuk membuat perempuan nyaman di dekatmu

Cara Mendapatkan Aroma Tubuh Yang Menarik

Sebenarnya tak sulit untuk memiliki aroma tubuh yang bisa membuat pasangan merasa nyaman. Dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur pun sebenarnya sudah cukup. Beberapa buah bisa memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan nanas. Asam dari buah-buahan ini bisa mengeluarkan toksin penyebab bau badan.

Sebuah penelitian yang diadakan oleh Department of Psychology dari Macquarie University yang berbasis di Sydney, Australia juga menunjukkan bahwa perempuan lebih menyukai aroma cowok yang banyak makan sayur dan buah karena mereka memiliki aroma tubuh yang menyegarkan.

Cara lain dan paling umum yang bisa kamu lakukan agar punya aroma tubuh yang menyenangkan bagi orang lain adalah dengan memakai parfum. Dengan memakai parfum, kamu bisa memilih aroma yang kamu sukai.

Saat ini ada banyak jenama yang menawarkan parfum dengan berbagai aroma dasar semisal aroma jeruk, aroma kayu-kayuan (woodsy), aroma cendana, aroma citrus, aroma rempah, bahkan aroma tembakau pun ada!

Saat ini saya punya dua parfum: White Musk Sport, eau de toilette keluaran The Body Shop dan Blue, eau de parfum,- Sophie Paris. Saya memilih white musk karena memberikan sensasi aroma yang segar dan bersih. Perpaduan dari vetiver dan  kayu cendana menciptakan aroma tubuh yang lembut namun tetap hangat.

Sedang Blue dari Sophie Paris menguarkan aroma khas perpaduan orange dan bergamot yang ditutup dengan kelembutan musk menciptakan aroma tubuh segar.  Memberi kesan maskulin dengan karakter tegas namun penuh kelembutan.

Sehari-hari saya memakai Blue dalam aktivitas rutin karena aromanya lebih tahan lama dan lebih bold. Karena lebih tajam itu maka cukup menyemprotkan sekali dua kali ke tubuh. Sementara untuk malam hari atau saat menghadiri undangan, saya akan menggunakan White Musk Sport The Body Shop.

Sekilas Tentang Parfum

Sejarah panjang parfum terentang dari ribuan tahun lalu. Adalah kebudayaan Mesir yang awal mula mengenal parfum. Lalu diikuti oleh bangsa Tiongkok, peradaban Hindu, Yunani, Roma, dan beberapa negara Timur Tengah.

Perancis pada abad 18 menemukan inovasi pada parfum yaitu penemuan eau de Cologne yang berasal dari campuran rosemary, neroli, bergamot, dan lemon. Inovasi inilah yang kemudian mengubah perkembangan parfum dunia.

Penemuan di bidang kimia modern mendorong perubahan besar dalam perkembangan parfum. Berbagai jenis wewangian baru yang lebih bertahan lama pun bermunculan.

Pada masa kiwari, kita mengenal Perancis sebagai kiblat parfum karena merupakan negara produsen parfum terbesar di dunia. Beberapa jenama terkenal dimulai pada tahun 1950, seperti Christian Dior, Jacques Fath, Nina Ricci, Pierre Balmain, dan lain sebagainya.¹

Bedanya Eau De Toilette, Eau De Parfum Dan Eau De Cologne

Selama ini, bagi saya parfum itu yah parfum saja. Ternyata, ada beberapa kategori pewangi tubuh; parfum, eau de parfumeau de toilette, dan eau de cologne.

aroma tubuh, jenis-jenis parfum berdasarkan konsentrasi minyak pengharum dan lama wanginya bertahan
jenis-jenis parfum berdasarkan konsentrasi minyak pengharum dan lama wanginya bertahan
  • Parfum

Pewangi tubuh kategori ini lebih tahan lama dibanding jenis lainnya karena mengandung konsentrasi minyak pengharum yang paling tinggi yaitu sekira 20 persen. Pewangi tubuh dengan jenis parfum bisa bertahan hingga tujuh jam sebelum harus disemprotkan kembali.

  • Eau de parfum

Biasanya eau de parfum mengandung 10 hingga 15 persen konsentrasi minyak pengharum dan bertahan sekira empat hingga lima jam.

  • Eau de toilette

Konsentrasi minyak pengharum pada jenis ini biasanya berada di bawah 10 persen sehingga hanya dapat bertahan selama tiga jam.

  • Eau de cologne

Kandungan minyak pengharum di cologne hanya berkisar lima persen. Pewangi jenis ini biasanya hanya bertahan selama dua jam sebelum harus disemprotkan kembali. Itulah kenapa jenis biasanya lebih murah dibanding jenis lainnya.

¹ Sumber: Zaenuddin. 2015. Asal Usul Benda Benda di Sekitar Kita Tempo Doeloe. Jakarta: Change

Comments (9)

  1. Poin yang saya dapat, untuk menutupi kekuranganmu maka wangilah di depan gebetanmu. Sampai sini saya malah jadi flashback sesuatu yang gak mengenakkan gara-gara parfum. Dan ini juga yang baru saya tahu, ternyata ada juga kategori parfum. Pikirku juga semua parfum yang penting wangi udah cukup. Hayo kak, itu apa gak kecampur wanginya kalau pake dua bau yang berbeda di hari yang sama?

  2. Keren tulisannya, masuknya ke si blue saya ndak sangka.
    Tapi kalo aroma tubuh, ya jangankan pasangan. Dengan seseorang yang harus bersama-sama, berkawan rasanya, memang akan nyaman kalau tidak ada aroma yang mengganggu.

  3. keren tulisannya dan sangat membantu apa lagi yang sudah punya pasangan. tp saya belum punya pasangan nih gimana dong ?

  4. Farah Djamal

    Awalnya saya kira cuma perempuan yang gampang teringat seseorang melalui bau parfum, ternyata laki-laki juga begitu rupanya.

  5. Tentang aroma khas sesorang yang melekat pada dirinya, kita pasti akan ingat, ini saya sangat setuju sekali. .Biar dia lewat dibelakang kitaz kalau udah tercium aromanya, biar ngak lihat orangnya di tau mi siapa. .Pasti si A ini..

  6. Kesimpulanny kalau mau harum ya.. pake parfum hehe…
    baru tau ternyata ada juga kategori pewangi tubuh, kalau di iklan2 sering dgr kata cologne dan parfum, dan ternyata harumnya parfum itu bertahan lebih lama dari cologne,

  7. Dweedy Ananta

    Eau de cologne mi saya andalanku, karena alkoholnya juga paling kecil sehingga dak iritasi kulitku (derita yang kulitnya sensitif). Baruka tau kalau banyak makan buah dan sayur bikin bau badan enak. Mauka perbanyak makan sayur padenya deh hehehe

  8. Salah fokus sama buku Pulangnya. Hehe btw sepertinya bagus juga ya klu saya kasih hadiah parfum blue dari shopie paris ini ke pasangan (suami, red)

  9. Suka artikelnya. Berkaitan juga dengan artikel di IDN Times yang sempat kubaca kemarin. Soal caracara menyemprotkan parfum. Hihi. Katanya semprotkan parfum di bagian hangat tubuh biar aromanya bisa awet.

Jika Berkenan Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.