DestinasiPerjalanan

5 Air Terjun di Gowa Yang Harus Kamu Kunjungi

Gowa, kabupaten yang terletak sebelah selatan Makassar adalah cikal bakal kota Makassar. Selain sebagai kota bersejarah panjang, Gowa juga memiliki beberapa potensi objek wisata. Mulai dari wisata sejarah, budaya hingga wisata alam seperti air terjun di Gowa semua ada.

Berikut ini potensi wisata alam berupa air terjun di Gowa yang belum banyak dikenal orang

1. Air Terjun Bulan

Air terjun Bulan ini terletak tak jauh dari kota wisata Malino di Kec. Tinggi Moncong. Penanda untuk menuju lokasi air terjun ini adalah kolam renang  Salewangang Malino. Area air terjun ini terletak di belakang kolam renang Salewangan, berkisar satu kilometer. Anda akan menjumpai  300an anak tangga batu mengarah ke lokasi air terjun yang aliran airnya berasal dari Sungai Balang Malino.

Untuk sekadar menikmati air terjun sebaiknya datang di pagi hari. Bawalah makanan siang atau peralatan masak portable. Bawa juga hammock jika ingin bersantai atau berlama-lama. Namun jika ingin kemping datanglah di sore hari. Bawa perlengkapan lengkap untuk bermalam seperti tenda, matras, kompor portable, sleeping bag dan lain-lain. 

Air Terjun Bulan, salah satu air terjun di Gowa yang harus kamu kunjungi
(foto: Iebe Ibrahim)

Sayangnya, area untuk untuk berkemah hanya memuat tiga tenda. Suasana di air terjun ini sangat menenangkan. Cocok untuk berlama-lama bersama teman-teman dekat.

2. Air Terjun ParangLoe

Air Terjun Parangloe terletak di Desa Parangloe, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, berjarak sekitar kurang lebih 50 Km dari Kota Makassar. Untuk mencapai lokasi ini tidaklah sulit, dari Kota Makassar kita bisa langsung mengikuti jalan poros Malino dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 2 jam.

Untuk sampai di lokasi air terjun ini harus menempuh jarak kurang lebih 2 km dengan berjalan kaki melewati hutan tropis dari pintu masuk Air Terjun Parangloe. Kendaraan sulit masuk karena arena jalanan yang rusak dan terjal. Sebaiknya memarkir kendaraan di kendaraan di Kantor Perhutani di jalan poros Malino.

Air Terjun Parangloe
(foto: @indonesianholic)

Air terjun ini memiliki karakteristik air terjun yang bertingkat dengan susunan batu yang menarik dan airnya yang jernih. Tempat ini masih sangat asri, masih jarang orang yang datang berkunjung dan akses untuk menuju tempat ini masih cukup sulit karena kita harus menuruni jalan setapak yang lebih mirip sebagai jalur air hujan dengan tingkat kemiringan 30 sampai dengan 45 derajat.

3. Air Terjun Biroro

Air terjun di Gowa yang harus kamu datangi berikutnya adalah air terjun Biroro yang terletak di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa. Lokasi ini bisa diakses dari kota Malino dengan jarak sekira dua kilometer atau jarak tempuh sekitar 20 menit dari pusat kota. Air Terjun Biroro memiliki ketinggian sekitar 15 m dengan sumber air langsung dari Gunung Bawakaraeng.

Jarak air terjun dari akses jalan sekitar 200 meter. Kita mesti berjalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Dalam perjalanan itu kita akan disuguhi oleh hamparan persawahan yang luas yang bertingkat-tingkat. Panorama di tempat ini sungguh indah. Setelah itu kita akan menuruni jalan setapak yang berbatu-batu dan melewati jembatan bambu.

Air Terjun Biroro
(foto: Akbar Mangindara)

Di sekitar daerah ini tumbuh tinggi subur bambu-bambu dengan ukuran yang cukup besar. Air terjun Biroro ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Sebaiknya lebih berhati-hati ingin berenang di lokasi air terjun ini karena menurut informasi dari warga, bahwa tepat di bawah limpahan air terjun Biroro ini terdapat kolam yang dalamnya mencapai delapan meter.

4. Air Terjun Ketemu Jodoh

Air Terjun Ketemu Jodoh terletak di Desa Majannang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Gowa, Propinsi Sulawesi Selatan. Air Terjun ini memiliki dua tingkatan terjunan air, dimana untuk mencapai tingkatan yang di atas harus melalui bukit yang cukup terjal.

Air terjun ini berjarak cuma 250 m dari tempat Air Terjun Takapala. Untuk menuju ke lokasi air terjun mesti melintasi jalan setapak di pinggir hutan.

Air Terjun Ketemu Jodoh
(foto: Sempugi)

Masyarakat sekitar  percaya bahwa air terjun ini dapat memberikan kemudahan bagi setiap orang yang datang untuk bermandi sembari berniat untuk mendapatkan jodoh dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Percaya atau tidak, silakan buktikan sendiri.

Baca Juga: Wisata Religi di Pulau Mansinam Manokwari


5. Air Terjun Lembanna

Air Terjun Lembanna berada di ketinggian 1500 m di bawah kaki Gunung Bawakareang. Lokasinya tepat berada di sebelah kiri jalur pendakian ke Gunung Bawakaraeng dari arah Desa Lembanna.

Air terjun Lembanna, salah satu air terjun di Gowa yang harus kamu kunjungi
Air terjun Lembanna
Foto: @nisaniru https://www.instagram.com/p/yhNzcYS0kt/

Air terjun ini sudah sangat akrab dengan pencinta alam, namun masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. air terjun ini wajib dikunjungi para pendaki sebelum menuju puncak Gunung Bawakaraeng.

Comments (1)

  1. 3 dari 2 sudah pernah saya datangi, yang pertama itu malah saya baru tahu

Silakan Komentar di Sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.