Sudahkah Anda Daring Hari Ini?

Dalam postingan sebelumnya, Mengukur Berat Badan Ideal TTM, saya menggunakan kata ‘daring’. Mungkin, teman-teman belum banyak yang terbiasa mendengar kata ini. ‘Daring’ adalah singkatan dari ‘dalam jaringan’ yaitu keadaan dimana seseorang terhubung dalam sebuah jaringan atau sistem yang lebih besar. Bila saya menyebut kata ‘online’, tentu teman-teman telah paham maksudnya. Nah, ‘daring’ ini adalah alih bahasa dari kata ‘online’ tersebut.

Saat ini kita pasti akrab dengan istilah-istilah di dunia internet. Seperti kata ‘online’, sayangnya kita lebih mengenalnya dalam bahasa inggris. Ketika kita menyedot sebuah dokumen, lagu ataupun video dari internet kita akan mengatakan “Saya sedang mendownload ….” Padahal seharusnya kita bilang “Saya sedang mengunduh …” ‘Unduh’ adalah padanan kata ‘download’. Lawan kata ‘Unduh’ adalah ‘Unggah’ atau ‘Upload’ dalam bahasa Inggris yang bermakna memuat atau memasukkan sebuah dokumen ke dalam jaringan internet.

Alangkah elok jika kita menggunakan bahasa sendiri jika kata yang ingin kita gunakan masih tersedia. Bukankah bahasa kita sangat kaya dan melimpah?

Penggunaan kata ‘daring’ ini sebenarnya sudah jamak dalam dunia maya, misalnya istilah Jurnalisme Daring yang berarti sebuah metode penyajian informasi dan fakta dengan menggunakan bantuan atau perantara teknologi internet. Salah satu contoh dari perwujudan jurnalisme daring adalah weblog, atau yang sering disebut sebagai blog.

Saya sendiri belum tahu apakah kata ‘daring’ ini sudah menjadi entri tersendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia karena belum memiliki kamus tersebut. Namun, portal daring KBBI sendiri telah menggunakan kata ini dalam laman mereka. Coba perhatikan banner di bawah ini.

Portal KBBI mencantumkan kata ‘daring’ dalam banner mereka seperti yang terlihat dalam kotak biru di samping logo KBBI. Sayangnya, ketika mencoba mencari makna ‘daring’ dalam portal itu hasilnya adalah NIHIL alias belum tercantum sebagai entri dalam kamus itu. Saya tak tahu apa alasan kenapa kata ‘daring’ itu belum tercantum sebagai entri sementara mereka telah menggunakannya. Semoga mereka hanya lupa memasukkannya.

Nah, jika anda bosan membaca artikel ini, silahkan anda luring…

pustaka:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daring

Related Posts

About The Author

Add Comment