Sekilas Tentang Makassar Traditional Games Festival 2016

Makassar Traditional Games Festival (MTGF) 2016 adalah sebuah kegiatan yang dibuat atas latar belakang kegelisahan beberapa anak muda Makassar akan permainan rakyat tradisional sudah jarang atau bahkan boleh dibilang tidak pernah lagi dimainkan, serta mulai ditinggalkan.

Makassar Tradional Games Festival 2016 (MGTF2016) adalah penyelenggaraan yang kelima setelah sukses digelar pada tahun 2012, 2013, 2014, dan 2015. Pada penyelenggaraan pertama, meski publikasi terbatas hanya pada media social namun antusiasme pada kegiatan ini sangat besar. Tahun – tahun berikutnya, masih dengan konsep yang sama, sampai pada tahun 2015 kemarin kegiatan MTGF ini sudah menjadi bagian dalam kalender event Pemerintah Kota Makassar yakni pada instansi pemerintahan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar.

Kegiatan MGTF tahun 2016 ini tetap sama dengan konsep-konsep tahun lalunya yakni dengan memainkan 14 jenis permainan rakyat tradisional Sulawesi Selatan, Parede Budaya, Pasar Kuliner Tradisional dan Modern, Area Kids Corner dan Bengkel Permainan untuk anak-anak, dan beberapa penampilan-penampilan menarik lainnya. Yang membedakan adalah tahun ini adanya kewajibab mengenakan Dress Code untuk menjadikan MTGF semakin seru.

MTGF 2016 akan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 29 – 30 Oktober 2016 di Kawasan Monumen Mandala Makassar, yang dirangkaikan dengan perayaan hari Sumpah Pemuda tahun 2016 ini. Pelaksanaan MTGF ini adalah momentum bagi teman-teman Jalan-Jalan Seru Makassar sebagai pemuda yang bertekad akan terus menjaga serta melestarikan tradisi dan budaya warisan nenek moyang.

 

Jenis-Jenis Permainan Rakyat Tradisional Sulawesi Selatan

Adapun beberapa permainan-permainan yang akan dimainkan dalam kegiatan Makassar Traditional Games Festival 2016, yakni :

  1. Maccukke’/accangke
  2. Bulang-bulang/patte’-patte’
  3. Mallongga’/majjeka/engran
  4. Mallogo
  5. Mang’asing/asing-asing
  6. Mabbenteng/bom
  7. Tander-tander/himen-himen
  8. Massanto’
  9. Maddende/dende-dende
  10. Ma’boy/a’gebo’
  11. Lambasena dan lompat karet
  12. Beklan/bekkel
  13. Maggoli’/kelereng
  14. Pedende/padindi
salah satu permainan rakyat tradisional di MTGF 2012 | Foto: Amalia Cicilia

salah satu permainan rakyat tradisional di MTGF 2012 | Foto: Amalia Cicilia

Permainan permainan-permainan rakyat tradisional tersebut dipilih karena :

  1. Sangat populer di hampir semua daerah di Sulawesi Selatan
  2. Ada beberapa permainan juga yang sudah hampir punah
  3. Properti permainan-permainan tersebut relatif murah bahkan ada yang tidak membutuhkan biaya, dan
  4. Permainan-permainan tersebut dianggap mewakili permainan-permainan rakyat yang ada di Sulawesi Selatan

Di luar dari permainan-permainan di atas, panitia tidak membatasi teman-teman yang mau memainkan permainan-permainan tradisional yang lain, tentu dengan menyediakan sendiri properti-propertinya.

MTGF 2016 terbuka untuk siapa saja, tanpa batasan umur, dan tidak ada konstribusi alias FREE. Peserta diharapkan melakukan registrasi di lokasi kegiatan dan boleh mencoba semua jenis permainan.

 

Kids Corner Dan Bengkel Permainan

 Kids Corner

Sebagai masukan dan penyempurnaan dari kegiatan MTGF tahun-tahun yang lalu, tahun 2016 ini panitia kembali menyiapkan area “Kids Corner” khusus untuk anak anak. Mengingat pada pelaksanaan pada beberapa tahun lalu, anak-anak yang hadir tidak bisa bermain secara maksimal karena hampir semua jenis permainan didominasi oleh orang-orang dewasa.

Bengkel  Permainan

Di area “Kids Corner” kami akan menyiapkan beberapa stand/tenda untuk kegiatan pembuatan permainan-permainan rakyat seperti: Membuat layang-layang | Membuat senjata lappo’-lappo’ | Membuat mobil-mobil dari bahan bekas yang nantinya akan dipandu dan didampingi oleh teman-teman dari panitia kegiatan MTGF 2016.

Kostum (Dress Code) Peserta

Untuk lebih menyemarakkan suasana, maka tahun ini panitia kembali menganjurkan peserta yang datang untuk berdandan dan berpakaian unik/lucu dengan tema tradisional, masa kecil dan perjuangan.

Pasar Kuliner Tradisional Dan Modern

Untuk MTGF 2016 tahun ini kembali panitia akan mengadakan Pasar Kuliner Tradisional dan Modern sebagai salah satu item khusus dalam memeriahkan kegiatan MTGF 2016. Pasar Tradisional yang dikemas dalam nuansa tradisional akan memberikan kesan tersendiri kepada peserta atau pengunjung yang hadir utamanya yang ingin mencicipi kuliner-kuliner terdahulu atau kuliner era 90an, kue-kue tradisional dan lain sebagainya. Panitia juga tetap menyediakan beberapa stand/tenant khusus untuk pasar modern yang dikemas dalam nuansa pasar rakyat.

 Parade Budaya Sulawesi Selatan

Setelah tahun lalu sukses dengan perayaan malam parade budaya Sulawesi Selatan dengan menampilkan beberapa atraksi dan beberapa hal yang menyangkut budaya, tahun ini untuk membuat MTGF semakin meriah panitia akan mengadakan malam puncak Parade Budaya Sulawesi Selatan yang dikemas dalam berbagai penampilan menarik dari beberapa sanggar yang ada di Makassar; Penampilan Ambo Indo Project, Tari-Tarian khas Sulawesi Selatan, Penampilan Bissu dan beberapa item penampilan yang lainnya, serta penampilan dari salah satu musisi Makassar yakni Fandy WD yang akan membawakan banyak lagu-lagu daerah khas Sulawesi Selatan.

Jadi catat dan luangkan waktu kalian, tanggal 29-30 Oktober di Monumen Mandala Makassar. Datanglah dan rasakan sendiri nuansa tradisional dan sebagai bagian dalam euforia dalam mengingat kembali akan permainan-permainan rakyat tradisional Sulawesi Selatan yang mengajarkan kita akan nuansa kebersamaan, nuansa kekeluargaan dan nuansa untuk terus menjaga dan melestarikan tradisi permainan rakyat Sulawesi Selatan.

Related Posts

About The Author

Add Comment