Sejarah Follow Friday

Follow Friday, kata-kata ini tentu akrab bagi ratusan juta pengguna aktif twitter. Paling tidak mereka pernah mendengar atau membacanya di linimasa mereka. Lalu bagaimana sebenarnya sejarah follow friday itu?

Dalam postingan sebelumnya saya mengupas 3 Alasan Menggunakan Twitter sehingga penggunanya bisa mencapai 400 juta akun. Kali ini saya ingin berbagi tentang sejarah follow friday, salah satu tagar yang paling sering dijumpai dalam twitter.

Tagar (tanda pagar) atau Hashtag adalah kata kunci yang ditandai dengan tanda pagar #. Tagar ini, sesuai namanya #FollowFriday hanya dijumpai pada hari Jumat saja. Kecuali ada yang menggunakan tagar ini pada hari lain karena alasan iseng atau tidak tahu 😀

Adalah Micah Baldwin yang memulai tagar ini, Ia berpikir adalah sebuah ide menarik jika setiap orang merekomendasikan orang lain untuk diikuti [follow]. Ia pun kemudian melakukannya pada hari jumat dan kemudian menamakannya Follow Friday. Seorang pengguna lain kemudian menyarankan Micah untuk menambahkan tagar #FollowFriday, yang di kemudian hari disingkat menjadi #FF.

Baca Juga: Alasan Orang Unfollow di Twitter

Ide Follow Friday ini adalah bagaimana membantu orang-orang untuk menemukan akun twitter yang layak untuk diikuti dengan saling berbagi username akun lain yang dianggap menarik atau perlu diikuti. Setiap orang berhak merekomendasikan akun lain pada followernya. Tagar ini tentu saja membantu orang yang direkomendasikan mendapatkan sejumlah tambahan follower.

Sangat mudah untuk berpartisipasi dalam tagar ini. Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan siapa yang ingin kamu rekomendasikan. Tuliskan nama akun itu dengan benar dan sertakan alasan kenapa orang harus menjadi follower dari akun tersebut. Alasan-alasan itu biasanya berupa kelebihan orang tersebut atau apa yang menarik dari tweet akun tersebut.

Kamu bisa memilih dua atau lebih akun untuk kamu rekomendasikan dalam satu tweet jika memungkinkan. Jangan lupa menuliskan #FollowFriday atau #FF pada akhir tweet. Contoh: @lelakibugis @MksNolKm @Paccarita #FF atau @MksNolKm Web yang merekam denyut Makassar dari titik nol #FF. Tagar ini juga bisa ditempatkan di depan seperti yang banyak dilakukan orang Indonesia.

Kini, berbagi following tak hanya dilakukan pada hari jumat saja. Telah muncul pula tagar FollowToday dan bisa dilakukan setiap hari. Nah.. jika kamu ingin jumlah follower twittermu bertambah sila mention akun @lelakibugis dan sebutkan alasan kenapa saya harus merekomendasikanmu dalam #FollowToday atau #FollowFriday

Related Posts

About The Author

7 Comments

Add Comment