PlayStation 3 yang Lebih Hemat Listrik

TOKYO — Beberapa pekan lalu, Sony secara resmi mengumumkan kemunculan konsol barunya, yaitu PlayStation 3 (PS3) yang berkapasitas hard disk 40 gigabita. PS3 yang hanya diluncurkan untuk kawasan Jepang dan Australia itu dibanderol seharga US$ 399 (Rp 3,6 juta) atau US$ 100 (Rp 900 ribu) lebih murah dari PS3 edisi sebelumnya.

Dengan harga itu, Sony mengurangi kapasitas penyimpanan PS3 sebelumnya hingga menjadi separuh. Fitur-fitur dari konsol yang juga dibundel dengan cakram film Blu-ray Spider-Man 3 (bukan game Spider-Man 3) itu, juga dikurangi, misalnya berkurangnya pangkalan USB 2.0 sehingga hanya tinggal dua, tidak menyediakan kartu memori ekspansi, serta tak mampu memutar game-game PS2.

Menurut Sony, penyunatan fitur tersebut semata-mata didasari oleh pertimbangan untuk meraih penjualan yang lebih banyak. Namun, Sony juga mengaku konsol itu membawa beberapa perubahan spesifikasi. Menurut sebuah situs teknologi Jerman, Computer Base, konsol baru itu menggunakan prosesor Cell teknologi terbaru, yaitu teknologi proses 65 nanometer.

Penggunaan Cell otomatis bakal memotong konsumsi energi listrik, dari semula 200 watt menjadi 135 watt. Alhasil, laporan Computer Base mengatakan bahwa PS3 baru itu akan memperkecil tinggi suhu konsol serta suara bising yang menyertainya. gamespot | darma/http://www.korantempo.com


Related Posts

About The Author

Add Comment