Menjadi Pembela Bumi Dengan Korek Zippo

Saat kecil saya pernah bermimpi menjadi bagian dari Defender of The Earth (DoE), kumpulan superhero yang terdiri dari The Flash Gordon, The Phantom, Mandrake The Magician dan asistennya Lothar. Setiap episode, DoE berjuang melawan musuh utama mereka, Kaisar Ming, penguasa antariksa.

Film animasi DoE sendiri bermula dari komik strip Alex Raymond.  Kisah fiksi ilmiah tentang Flash Gordon, pemuda tampan lulusan Yale University yang diterbitkan secara mingguan di koran harian AS, pertama kalinya pada tanggal 4 Januari 1934.

Tentu saja, itu hanya impian anak kecil. Sampai usia segini saya tak pernah bisa punya kemampuan super seperti karakter film animasi superhero DoE yang tayang pada rentang 1985-1987 itu. Musuh kita pun bukan Kaisar Ming yang botak, berkumis melintir seperti karakter orang Mongol di Asia Timur.

Salah satu musuh kita saat ini adalah sampah plastik. Mongabay mengutip Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA) mencatat setidaknya ada 1.29 juta ton sampah plastik bermuara ke lautan setiap tahunnya. Menjadikan Indonesia sebagai negara no 2 pembuang sampah ke lautan. Sampah sebanyak itu tentu berpengaruh pada ekosistem laut kita. Ini sangat bahaya bagi kehidupan kita kelak. Tak perlu saya jelaskan kan bagaimana bahaya yang mengancam kita jika laut kita tercemar?

Belum lagi jika berbicara sampah plastik di daratan bumi kita. Seperti kita tahu, sampah plastik sangat sulit terurai. Butuh waktu bertahun-tahun. Sudah saatnya kita mengambil peran, sekecil apa pun yang kita bisa. Ada banyak cara yang bisa kita pilih dan lakukan. Beberapa di antaranya;

  • Membiasakan diri membawa kantong belanja.
  • Membawa botol minuman atau tumblr.
  • Sebisa mungkin hindari penggunaan kantong dan wadah plastic.
  • Kurangi penggunaan sedotan plastik. Sekarang ada banyak produk sedotan yang terbuat dari bambu loh..
  • Bagi perokok, ganti korek gas berbahan plastik dengan Zippo.
Biar sah dan lengkap jadi anggota Zippo Anak Kolong πŸ˜€

Oh iya, bagi kamu yang berdomisili di Makassar, bisa memanfaatkan jasa MallSampah untuk membantu masalah sampah, baik itu sampah rumah tangga mau pun sampah kantoran. Mereka mengusung Zero Waste Office/Home, sebuah layanan bebas sampah untuk kantor dan rumah. Semua sampah yang dihasilkan akan didaur ulang kembali melalui kotak daur ulang yang terhubung dengan layanan Mallsampah. Sampah basah, kantong plastik, sampah elektronik, semuanya dapat didaur ulang. Kamu bisa memilih menjual sampahmu atau mendonasikannya.

Kembali ke DoE alias barisan superhero pembela bumi. Hingga kini saya masih menyimpan mimpi menjadi bagian dari mereka. Bukan lagi dengan melawan Kaisar Ming, tapi melawan diri sendiri untuk sebisa mungkin mengurangi penggunaan plastik. Salah satunya adalah dengan mengganti korek gas berbahan plastik dengan korek Zippo.

Adalah Kak Iwan Sumantri, salah seorang senior di kampus yang mengompori saya untuk mengganti korek gas dengan Zippo. Caranya sangat sederhana, hanya dengan bertanya β€œberapa banyak sampah plastik yang kau hasilkan dengan korek gas ini?” sambil menunjukkan korek gas berbahan plastik yang saya taruh di atas meja kantin kampus siang itu.

Arkeolog dan dosen senior yang karib dengan mahasiswanya ini tak lupa menambahkan bahwa dengan menggunakan Zippo, seorang perokok tak akan menghadapi masalah korek akan disita oleh petugas bandara seperti halnya jika membawa korek gas. β€œZippo tidak berbahaya bagi penerbangan, jadi aman-aman saja untuk kita bawa bepergian ke mana-mana, tidak akan diambil petugas” tambahnya untuk meyakinkan saya.

Sepulang dari kampus, saya jadi gelisah lalu tergerak membuka website http://zippo.co.id/en. Saat membuka dan melihat-lihat pilihan korek Zippo yang tersedia di laman itu, mata dan hati saya langsung jatuh pada sebuah Zippo berwarna hijau dan bergambar daun ganja. Jangan tanyakan alasannya yah :D. Sayangnya, harga korek Zippo pilihan saya itu lumayan mahal untuk ukuran kantong, seharga 300an buah korek gas biasa.

Tapi sebagai upaya mengurangi penggunaan plastik, tak apalah. Berkorban sedikit tak apalah, demi mengejar cita-cita masa kecil, menjadi pembela bumi seperti superhero dalam film kartun Defender of The Earth.

Nah, mimpi masa kecil kamu apa? Ayo ceritakan, jammalu-malu..

Silakan bagikan jika kamu anggap artikel ini berguna bagi orang keluarga, teman atau siapa pun..

Related Posts

About The Author

29 Comments

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Facebook
Facebook
Google+
http://lelakibugis.net/menjadi-pembela-bumi-dengan-korek-zippo">
RSS
Follow by Email