Ma’nene: Ritual Pembersihan Mayat di Toraja

Masyarakat kita memiliki beragam cara dalam menghormati para leluhur atau nenek moyangnya. Salah satu yang unik dan menarik adalah ritual Ma’nene atau pembersihan mayat berusia ratusan tahun, yang dilakukan oleh masyarakat Toraja. Prosesi ritual Ma’nene ini dilakukan dengan membersihkan mayat leluhur, dengan cara mengganti pakaian lama yang melekat di tubuh mayat. Setelah melepas pakaian, tubuh mayat dibersihkan dengan kuas lalu diberikan pakaian baru. Pakaian ini biasanya berupa jas dan dasi, bahkan ada pula yang mengenakan kacamata. 

Ritual Ma’nene dilakukan oleh pihak keluarga setiap setahun sekali, biasa pada bulan Agustus – September. Namun, ada pula yang menggelar ritual ini tiga tahun sekali sesuai kesepakatan musyawarah adat untuk memberi kesempatan pada sanak keluarga yang jauh agar dapat menghadiri kegiatan ini.

Bagi yang ingin menyaksikan ritual ini, pada tanggal 08 – 13 September beberapa keluarga akan menggelar ritual ini. Berikut ini jadwal ritual Ma’nene salah satu keluarga di Suloara, Toraja Utara.

Mannene Toraja blog

Related Posts

About The Author

Add Comment