Kurio, Aplikasi Berita Indonesia

Manusia pada dasarnya terlahir dengan membawa rasa penasaran alias rasa ingin tahu alias kepo alias curiosity.

Pesatnya perkembangan tren penggunaan perangkat mobile mengubah gaya hidup banyak orang, salah satunya adalah cara orang mengakses informasi. Mengakses informasi tak lagi harus membaca koran secara fisik. Cukup mengunjungi portal berita, atau via link berita di media sosial, informasi sudah tersedia di depan mata.

Lebih progresif lagi, kini pembaca pun tak harus mengunjungi satu persatu portal berita yang mereka ingin baca. Kini sudah ada aplikasi yang memudahkan orang mengakses kumpulan informasi dari berbagai website semisal; flipboard, Pulse atau Zite. Ada pula aplikasi serupa buatan anak muda Indonesia bernama Kurio.

Nama Kurio ini berasal dari bahasa Latin, Cura/Curos yang berarti “to care for” kemudian berkembang menjadi “Curiosity” dalam bahasa Inggris yang berarti “keinginan untuk mempelajari atau rasa ingin tahu akan sesuatu. Kurio sendiri adalah aplikasi untuk membaca konten yang bisa dipersonalisasi sesuai keinginan pengguna.

kurio aplikasi berita indonesia - travel - lelakibugis

 

Aplikasi ini sengaja dirancang untuk memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mendapatkan beragam informasi yang diinginkan. Lewat aplikasi Kurio ini, pengguna juga bisa mengeksplore, membaca, atau langsung berbagi berita kepada pengguna lainnya. Pengguna bisa menentukan konten apa yang ingin dibaca, menjelajah berbagai pilihan dan memilih topic – topik tertentu untuk secara rutin dibaca.

David Wayne Ika selaku Founder sekaligus CEO Kurio menegaskan bahwa aplikasi ini mengombinasikan beragam konten berita terbaru dan topik yang berguna, mulai dari digital marketing, media sosial, healthy living, hingga startup.  Topik konten yang disajikan antara lain: News, Business, Economy, Sports, Soccer, Entertainment, Technology, Health hingga K-Pop dan Art Design.

Baca Juga: Guvera, Aplikasi Pecinta Musik: Cara Baru Menikmati Jutaan Lagu

“Kita percaya dengan informasi yang baik, terbaru, penuh ilmu dan pengetahuan dapat memberikan dampak yang positif bagi Indonesia. Tak hanya itu, melalui internet, kita juga bisa mendapatkan banyak informasi. Untuk itulah, Kurio hadir di tengah-tengah para pengguna perangkat mobile dengan tujuan memudahkan mereka menggali informasi yang diinginkan,” ujar David.

Aplikasi buatan Merah Putih Inc ini bekerjasama dengan ratusan publisher untuk memberikan cara baru dalam mencari dan menemukan berita atau informasi. Kurio menghadirkan konten – konten terbaik dari sumber populer dan terpercaya seperti; JPNN, Computer World, Chip, Cult of Mac, NASA, Berita Satu, Daily Social, Jeruknipis, Gopego, TechInAsia, MakeMac, YangCanggih, VGI, Aplikanologi, BGR, National Geographic, Jakarta Post, Jakarta Globe, dll. Untuk memberikan berita dan konten terbaik bagi para penggunanya, Kurio juga memuat banyak publisher dan sumber berita lokal; Tempo, Republika, Liputan 6, CNN, BBC, Metro TV, VOA, Viva, Antara, Okezone, Kapanlagi, Merdeka,  Inilah dll.

tampilan Kurio, aplikasi berita indonesia

tampilan Kurio, aplikasi berita indonesia

Untuk tampilan antar – muka, aplikasi Kurio yang tersedia untuk pengguna ponsel cerdas berbasis iOS dan Android ini lumayan menarik, simpel dan mudah digunakan. Kurio juga menggunakan sistem yang bisa mempelajari perilaku pengguna dan menyusun pilihan konten yang disesuaikan dengan ketertarikan penggunanya. Dalam aplikasi ada ikon ‘favorites’ yang berguna untuk ‘mencatat’ konten apa yang disukai pengguna. Dengan fitur pengguna bisa menyimpan sebuah berita yang menarik atau untuk dibaca saat sudah ada waktu luang.

Untuk menggunakan aplikasi ini cukup mengunduhnya, bisa diunduh di sini, lalu mendaftar via email atau cukup mengaksesnya melalui facebook atau twitter. Setelah proses pendaftaran dan login selesai, pengguna bisa memilih topik apa saja yang akan tampil di aplikasi Kurio. Menariknya, masalah tema atau topik ini bisa kita atur lagi setelah melalui menu Explore.

Kurio aplikasi berita Indonesia - kategori

Kurio aplikasi berita Indonesia – kategori

Dari fitur menu pengguna bisa dengan mudah berpindah pilihan kategori atau sumber bacaan yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk membaca sebuah berita tinggal tap artikel pilihan dan konten akan muncul. Untuk membaca utuh tinggal geser ke bawah.  Aplikasi ini juga menyediakan tautan untuk mengarahkan pengguna ke sumber asli artikel jika ingin melihat konten asli.

Untuk berpindah artikel penguna bisa langsung menggeser ke kanan atau ke kiri. Untuk kembali ke daftar konten Anda bisa men-tap tombol di bagian atas kiri yang akan memunculkan kategori – kategori artikel pilihan. Pengguna pun bisa membagikan konten lewat Facebook atau Twitter yang dianggap menarik.

Aplikasi berita Kurio ini seperti asisten pribadi yang akan sangat membantu pengguna dalam menikmati internet. untuk memilih dan menyaring informasi sesuai dengan keinginan. “You are what you read, rite?

 

 

Related Posts

About The Author

Add Comment