Komunitas Makassar: Aksi Sosial dan Media Sosial

Dalam tulisan sebelumnya saya membahas Sekilas Komunitas di Makassar. Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana mereka berkolaborasi dalam aksi-aksi sosial. Sebelumnya, saya pernah menuliskan bagaimana anak-anak muda Makassar begitu tanggap dalam bencana banjir di Makassar awal 2012 kemarin.

Kali ini, aksi serupa mereka lakukan sebagai respon atas musibah asap akibat kebakaran hutan yang menimpa saudara-saudara kita di Riau. Adalah Komunitas Jalan2 Seru Makassar yang menginisiasi, sekaligus mengkordinir, kegiatan yang mereka beri tajuk Solidaritas Makassar Untuk Riau dengan hestek #MaskerUtkRiau #MelawanAsap di media sosial.

Komunitas-komunitas Makassar itu membuka Posko Masker untuk Riau selama 3 hari di mulai sejak Jumat (14 /3) hingga Minggu (16/3) sore.  Ada 3 (tiga) posko yang mereka buka dalam aksi ini; Komunitas Jalan-Jalan Seru Makassar, Earth Hour Makassar dan Makassar Berkebun membuka posko di Sushibizkid Jl. A.P. Pettarani no 99.  Komunitas Baristahood Community Makassar dan Flock Indonesia mengkordinir posko #MaskerUtkRiau #MelawanAsap di Kafeologi Jl. Ahmad Yani B26 (Belakang KFC),  dan Berbagi Nasi Makassar yang bekerja sama dengan Coffee Toffee Makassar membuka posko Berbagi Masker di outlet mereka Jl. Perintis Kemerdekaan.

Berbeda dengan penggalangan bantuan kemanusiaan yang biasanya turun ke jalan, komunitas-komunitas di Makassar hanya mengandalkan media sosial utamanya Twitter dalam mengajak orang-orang berpartisipasi. Pemanfaatan media sosial ini terbukti ampuh dalam beberapa penggalangan serupa yang telah mereka lakukan sebelumnya. Buktinya, bisa teman-teman baca di Komunitas dan Banjir di Makassar.

Penyerahan bantuan #MaskerUtkRiau #Melawan Asap oleh BerbagiNasi Makassar [foto: BerbagiNasi Makassar] Penyerahan bantuan #MaskerUtkRiau #Melawan Asap oleh Jalan2Seru Makassar [foto: BerbagiNasi Makassar]

Posko Solidaritas Makassar untuk Riau di Sushibizkid berhasil mengumpulkan donasi sebanyak 250 pcs Masker dan uang tunai Rp. 380.000,-. Posko Kafeologi berhasil mengumpulkan donasi 20 dos masker dan uang tunai Rp. 50.000,-. Sementara Posko Berbagi Nasi mengumpulkan donasi sebesar Rp. 935.500,-. Bantuan itu diserahkan pada Senin (17 Maret) oleh Ecka Ismail selaku perwakilan Berbagi Nasi Makassar dan Pratomo Agung selaku Ketua Jalan Jalan Seru Makassar. Bantuan itu diterima oleh Koordinator Logistik PMI Makassar bapak Samsul Alam di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Makassar jalan Lanto Dg. Pasewang untuk menyerahkan hasil bantuan itu.

Bantuan komunitas-komunitas Makassar untuk Riau ini mungkin nilai-nya tak seberapa. tapi, kepekaan mereka pada isu-isu kemanusiaan dan bagaimana mereka menggalang solidaritas inilah yang patut mendapat apresiasi kita semua.

Related Posts

About The Author

Add Comment