KOMPeK (Kompetisi Ekonomi) 17 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI

KOMPeK (Kompetisi Ekonomi) 17 merupakan acara kompetisi dalam bidang ekonomi tingkat nasional yang diselenggarakan untuk siswa-siswi SMA dan sederajat dalam rangka pengabdian Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI kepada pendidikan bangsa yang merupakan program kerja (acara) terbesar dari Departemen Keilmuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

KOMPeK sudah diselenggarakan secara rutin selama 17 tahun berturut-turut dan menjadi kompetisi ekonomi yang terbesar dan prestisius di antara kompetisi-kompetisi sejenis di Indonesia.KOMPeK mengundang lebih dari 550 SMA/SMK sederajat yang tersebar dari ujung Timur hingga ujung Barat Indonesia.

Tahunini, KOMPeK berhasil menjaring lebih dari 700 orang peserta dari seluruh nusantara.KOMPeK memiliki 4 (empat) macam cabang perlombaan yaitu EQ (Economic Quiz), EDC (Economic Debate Competition), BC (Business Challenge), dan ERP (Economic Research Paper).

Kompekfeui 1

Opening acara KOMPeK 17 diadakan pada hari Senin, 9 Februari 2015 dan  dilaksanakan di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan dibuka sambutan dari Bapak Fithra Faisal sebagai Manajer Riset dan Pengabdian Masyarakat FEB UI dan Angga Nuansa Pradana sebgai Project Officer KOMPeK 17. Dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolik oleh Direktur Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yaitu Bapak Mustaghfirin Amin didampingi oleh Angga dan Bapak Fithra Faisal dengan pemukulan gong sebagai simbol telah dibukanya acara KOMPeK 17.

Bapak Mustaghfirin Amin membicarakan tentang pentingnya bonus demografi kepada para peserta yang berkaitan dengan tema KOMPeK 17 yaitu “EMPHASIZE”, Empowering Human Capital in 21st Century. Acara dilanjutkan dengan Talkshow yang bertema “Increasing the Quality of Human Resources to Engage in 2020-2030 Bonus Demographic” oleh Ibu Irma Erinda sebagai Manajer Kepemimpinan dan Organisasi Unilever, Bapak Nadiem Makarim sebagai CEO PT GO-JEK, dan Bapak Roy Darmawan sebagai anggota tim ahli Menteri Koordinator Perekonomian RI.

Setelah opening ceremony di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilanjutkan dengan KOMPeK Journey dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan KOMPeK 17 yang bertujuan untuk memberikan bekal pengalaman dan pengetahuan pada peserta KOMPeK 17 dan peserta dimobilisasi menuju gedung MPR/DPR di kawasan Jakarta Selatan untuk melanjutkan KOMPeK Journey.

Rangkaian kegiatan utama KOMPeK 17 adalah kompetisi yang dilaksanakan pada tanggal 10-12Februari 2015 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Total tim finalis di KOMPeK 17 tahun ini yaitu sebanyak 78 tim dengan masing-masing 3 orang per tim yang datang dari seluruh Indonesia. Para finalis 40 besar Economic Quiz melaksanakan babak penyisihan dengan pengerjaan soal pilihan ganda dan siklusakuntansi.

Selain itu, dilaksanakan pula preliminary Economic Debate Competition dalam rangka menyaring peserta dari 24 peserta.Untuk finalis Business Challenge yaitu ada Business Idea berupa pengerjaan case study dan presentasi dengan case study yang dikerjakan selama Business Idea. Untuk Economic Research Paper juga masih belum melakukan kompetisi dengan total 7 tim. Sedangkan Economic Research Paper melaksanakan Focus Group Discussion dan pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah. Ditutup dengan pengumuman sementara peringkat parafinalis EQ.

Tanggal 11Februari 2015 tepatnya hari ke-3 KOMPeK 17 telah berlangsung kompetisi dari masing-masing cabang lomba KOMPeK 17 di Fakultas Ekonomi. Pada hari ketiga ini beberapa peserta dari cabang lomba Economic Quiz dan Economic Debate Competition telah mulai memasuki babak penyisihan.Dari 40 tim Economic Quiz disaring menjadi 18 besar untuk melanjutkan babak outbound di mana para peserta bermain dengan konsep amazing race dan diharuskan menjawab soal-soal ekonomi yang telah dipersiapkanpanitia.”

Tidak hanya beberapa peserta Economic Quiz saja yang gugur pada hari ini, peserta dari cabang lomba Economic Debate Challenge juga disaring dari 24 tim menjadi 8 (delapan) tim. Untuk Business Challenge, rangkaian acara dimulai dengan Business Clinic yang bertujuan menambah wawasan para finalis untuk dapat memperbaiki presentasi mereka yang akan mereka presentasikan esok hari agar menjadi lebih baik. Pembicara kali ini yaitu Andrie Kurniarahman sebagai perwakilan dari Unilever dengan tema “Marketing and Presentation Skills”. Untuk Economic Research Paper pada hari ini mengerjakan case study dan dilanjutkan dengan presentasi tentang case study tersebut.

12 Februari 2015 merupakan hari terakhir pelaksanaan KOMPeK 17 dan telah memasuki babak putaran final. Hari  ini merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian acara KOMPeK 17. Grand Final KOMPeK yang dilakukan di ruang Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dimulai dengan presentasi Business Plan dari 7 tim peserta Business Challenge.

Cabang lomba ini menunjukkan kreatifitas dan inovasi para peserta Business Challenge. Dilanjutkan dengan presentasi para peserta dari cabang lomba Economic Research Paper yang menjelaskan isi dari karya tulis mereka. Karya tulis ini menunjukkan daya analisis siswa/i SMA di Indonesia yang cukup maju dalam mengkaji tentang Bonus Demografi yang akan kita hadapi tahun 2020. Kemudian Grand Final dilanjutkan dengan Final Economic Debate Challenge dan final Economic Quiz.

Final Economic Quiz merupakan acara puncak sebagai penutup Grand Final pada hari ini dimana 3 (tiga) tim finalis berkompetisi dalam mendapatkan poin dengan menjawab soal-soal ekonomi yang disiapkan oleh panitia.

Sekitar pukul 18.00 WIB mulai berlangsung acara penutupan KOMPeK 17. Karena tahun ini KOMPeK merayakan ulang tahunnya ke 17, panitia menyiapkan acara khusus untuk merayakannya dengan pemotongan kue dan menyanyikan lagu Happy Birthday untuk KOMPeK bersama-sama dengan para peserta. Penutupan ini juga sekaligus menyampaikan pemenang dari seluruh cabang lomba KOMPeK 17.Hasil dari seluruh rangkaian acaranya adalah sebagai berikut,

 

Economic Debate Competition :

Juara 1 SMAN 4 Denpasar, Juara 2 Raffles International School, Juara 3 SMAK 1 Penabur Bandung, dan Best Speaker John Amadeo Daniswara dari Raffles International School

Business Challenge :

Juara 1 SMAN 1 Tuban, Juara 2 SMA Labschool Kebayoran, dan Juara 3 SMAN 3 Yogyakarta

EconomicResearchPaper :

Juara 1 SMAN 8 Pekanbaru, Juara 2 SMAN 3 Jakarta, Juara 3 SMAN 1 Sumedang

Economic Quiz :

Juara 1 SMAN 1 Bogor, Juara 2 SMAN 4 Denpasar, dan Juara 3 SMAN 1 Depok

JuaraUmum : SMAN 4 Denpasar

Silakan bagikan jika kamu anggap artikel ini berguna bagi orang keluarga, teman atau siapa pun..

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Facebook
Facebook
Google+
http://lelakibugis.net/kompek-kompetisi-ekonomi-17-fakultas-ekonomi-dan-bisnis-ui">
RSS
Follow by Email