Ketik BFF Pada Status Facebook Adalah Hoax

Sudah ikutan Ketik BFF Pada Status Facebook? Warnanya berubah hijau atau tidak?

Konon katanya, kalau kita mengetik BFF pada status kita lalu berwarna hijau itu menandakan akun facebook kita aman, kalau tidak berwarna atau menampilkan warna lain selain hijau kita disarankan untuk segera mengganti password. Pesan ini katanya dari Mark, si pembuat FB, makanya banyak yang percaya. Padahal ini HOAX!

Kenapa kita mudah percaya hoax? Baca 5 Sebab Kita Mudah Percaya Hoax

Tgl 23 Oktober 2017, Mashable melaporkan bahwa Facebook mengeluarkan fitur beberapa kata yang bisa memunculkan text warna-warni dan animasi. Termasuk kata-kata: “congratulations,” “xoxo,” and “BFF” (best friends forever). Ada pula kata-kata lain seperti “lmao”, “rad”, “thank you much”, “you are the best” dan “you got this”. Fitur ini disebut Text Delight. Selain kata-kata berbahasa Inggris tersebut, fitur Text Delight juga mengakomodasi kata-kata dalam bahasa lain yang memiliki makna dengan kata asal. Untuk kata-kata lain bisa buka di Medium

Ingat kan timeline kita pernah ramai dengan kata-kata “congratulations” yang muncul dengan warna-warni hurufnya disertai dengan animasi balon beterbangan? Nah, BFF bagian dari itu.

Contoh animasi yang muncul misalnya gambar bintang-bintang beterbangan saat kita mengetikkan kata “you’re the best”.  Kalau kita mengetikkan “best wishes” berarti kita mengaktifkan animasi confetti warna-warni. Berbeda ketika mengetikkan kata “rad” atau “radness”, maka akan memunculkan animasi berupa jempol like Facebook dengan ekor warna pink.

Selain itu, Facebook juga menambahkan fitur animasi saat kita mengubah ‘life events’ semisal pertunangan atau perkawinan kita. Saat mengubahnya status itu, animasi berupa emoji like, love, laugh dan yang lainnya yang ada di bawah postingan akan muncul beterbangan.

Jadi tidak ada hubungan antar kata “BFF” yang berubah warna hijau dengan keamanan akun kita. Itu Hoax semata.

Don’t worry ketika Ketik BFF Pada Status Facebook lalu warnanya tetap berwarna hitam. Tak ada hubungan dengan apakah akun kita aman atau bisa diretas. Jika tidak bisa berubah warna atau animasi tidak muncul, kemungkinan besar karena anda belum meng-update aplikasi Facebook atau browser Anda.

Related Posts

About The Author

Add Comment