Jadwal Imsakiyah Ramadan 2016 M/1437 H untuk Makassar dan Sekitarnya

Marhaban Ya Ramadan. Selamat datang bulan penuh kesucian.

Tak terasa kita akan segera memasuki bulan Ramadan 1437 dan menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Sebelum melakukannya, saya ingin berbagi Jadwal Imsakiyah Ramadan 2016 M/1437  H.

Sudah tahu apa yang dimaksud Imsak atau Imsakiyah?  Imsak atau imsakiyah sendiri diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Dengan demikian, pengertian Imsak atau Imsakiyah adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari subuh hingga maghrib.

Sesuai dengan pengertian dari puasa itu sendiri, yakni menahan diri dari segala hal yang dilarang oleh Allah SWT dari waktu subuh hingga maghrib, dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Mengacu pada pengertian di atas, apabila seseorang bangun agak terlambat, selama waktu imsak (biasanya 10 Menit sebelum adzan Subuh) masih diperbolehkan makan dan minum sampai masuk waktu adzan Subuh.

Adapun kriteria dalam menentukan Jadwal Imsak / Imsakiyah dan Jadwal Sholat menurut Kementerian Agama Republik Indonesia, adalah:

1) Imsak 10 menit sebelum waktu Subuh.

2). Subuh  saat Matahari berada pada sudut -20° di bawah horizon Timur ditambah ihtiyati 2 menit.

3) Syuruq / Terbit  saat Matahari terbit dikurangi ihtiyati 2 menit.

4) Dhuha saat Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon setelah terbit ditambah ihtiyati 2 menit.

5) Zuhur  saat Matahari melintas Meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah ihtiyati 2 menit.

6) Ashar  saat panjang bayangan Matahari = panjang benda + panjang bayangan benda waktu Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit.

7) Maghrib  saat Matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit.

8) Isya’  saat Matahari berada pada sudut -18° di bawah horizon Barat ditambah ihtiyati 2 menit.

 

Berikut jadwal Imsakiyah Ramadan 2016 M/1437  H untuk Makassar dan Sekitarnya yang teman-teman bisa gunakan.

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 H Makassar dan Sekitarnya

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1437 H Makassar dan Sekitarnya

Bagi kota lain, Imsakiyah Ramadan 2016 M/1437  H dapat teman-teman lihat dan unduh di web resmi Kementerian Agama RI dengan cara buka tautannya lalu silakan pilih propinsi dan kota teman-teman dan klik ‘Tampilkan Jadwal Imsakiyah’

Jadwal ini bisa anda gunakan sebagai pedoman untuk melihat waktu tibanya shalat, buka puasa maupun imsak. Silakan bagi jika dirasa bermanfaat.

Related Posts

About The Author

Add Comment