5 Tempat Wisata yang Berlokasi Dekat dengan Hotel Mambruk Anyer

Sebagai Slanker, kawasan Anyer adalah salah satu tempat yang ingin saya tuju untuk melewatkan liburan. Tentu saja untuk menyesapi lagu Anyer, 10 Maret yang diciptakan Kaka (sang vokalis Slank) saat berulang tahun pada tanggal itu.

Saat merencanakan perjalanan untuk 10 Maret nanti, saya menemukan nama Hotel Mambruk Anyer sebagai pilihan akomodasi nanti. Hotel Mambruk Anyer kerap menjadi pilihan utama bagi para wisatawan yang berencana liburan ke kawasan Anyer, Banten. Meski berlabel hotel bintang empat, tarif untuk menginap di hotel ini tidak terlalu mahal.

Saya sendiri memesan kamar di Hotel Mambruk Anyer melalui Traveloka dan menemukan kamar yang dipatok dengan harga mulai dari Rp650.000,00 per malam. Murah, kan? Terlebih, dengan tarif tersebut, sudah bisa bersantai di kolam renang infinity yang ada di hotel ini.

Baca Juga: Mengunjungi Saudara Tua di Taman Nasional Komodo

Oh iya, selain menawarkan fasilitas yang komplet, Mambruk Anyer juga memiliki lokasi yang strategis. Saat menginap di hotel ini, Anda bisa menjangkau beberapa tempat wisata populer yang ada di Provinsi Banten. Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di sekitar Hotel Mambruk.

Apa saja tempat-tempat wisata tersebut? Berikut ini adalah 5 tempat wisata yang bisa Anda kunjungi:

  1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong saat ini menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Alasannya, karena pantai ini menyuguhkan pemandangan yang unik. Di sini, Anda akan menjumpai keberadaan sebuah batu karang besar yang memiliki lubang berukuran cukup besar pada bagian tengahnya. Oleh karena itulah, pantai ini disebut dengan nama Pantai Karang Bolong.

Kemunculan lubang pada batu karang tersebut pun masih menjadi misteri. Ada yang mengungkapkan bahwa lubang tersebut tercipta akibat adanya letusan Gunung Krakatau. Selain itu, ada pula yang beranggapan bahwa lubang pada batu karang ini muncul karena proses abrasi laut yang terjadi secara terus menerus.

Beragam aktivitas bisa dilakukan di tempat ini. Pertama, Anda tentu saja tidak boleh melewatkan kesempatan berfoto dengan latar belakang batu karang berlubang. Selain itu, Anda bisa pula mencoba bermain air di pantai ini. Mulai dari berenang di pinggir pantai, atau bisa pula menyewa perahu dan banana boat.

Tidak terlalu sulit untuk menjangkau Pantai Karang Bolong dari Hotel Mambruk Anyer. Kedua tempat ini hanya terpisahkan jarak sejauh 13 Km yang bisa ditempuh dengan berkendara selama kurang lebih 30 menit. Mudah, kan?

 

  1. Pantai Sambolo dan Pantai Sambolo 2

Pantai Sambolo

Pantai Sambolo dan Pantai Sambolo 2 menjadi pantai yang juga bisa Anda telusuri kala menginap di Hotel Mambruk Anyer. Kedua pantai ini berjarak hanya 1,3 Km satu sama lain. Sementara itu jarak antara Hotel Mambruk menuju ke Pantai Sambolo 2, hanya sekitar 2 Km dan bisa ditempuh dalam waktu tidak kurang dari 5 menit.

Kedua pantai ini sama-sama merupakan pantai yang populer. Tidak heran kalau pada musim liburan, Pantai Sambolo dan Sambolo 2 akan terlihat ramai. Setiap pengunjung pun akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp5.000,00 per orang. Tidak lupa, ada tarif parkir kendaraan roda dua dan roda empat masing-masing sebesar Rp15.000,00 dan Rp50.000,00.

Di kedua pantai ini, Anda bisa menyaksikan hamparan pasir berwarna kecokelatan yang bersih. Tampak di pinggir pantai, berdiri deretan berbagai jenis pohon yang bisa dijadikan lokasi berteduh. Untuk sarana hiburan, Anda juga bisa menjumpai keberadaan tempat penyewaan kapal karet, ATV, ataupun alat snorkeling.

 

  1. Cagar Alam Rawa Danau

    Cagar Alam Rawa Danau Hotel Mambruk Anyer

Kalau ingin suasana yang berbeda di Anyer, Anda bisa pula mencoba berkunjung ke Cagar Alam Rawa Danau atau yang dikenal dengan nama Rawa Dano. Tempat ini dikenal sebagai hutan air tawar terbesar yang bisa dijumpai di Pulau Jawa. Tempat ini pun lokasinya tidak terlalu jauh dari Hotel Mambruk, berjarak 23 Km dan membutuhkan durasi perjalanan selama 1 jam.

Di tempat ini, Anda bisa mencoba pengalaman menelusuri kawasan rawa dengan cara mengayuh sampan. Anda pun berkesempatan untuk menengok keragaman hayati yang ada di tempat ini. Mulai dari keberadaan burung bangau ataupun monyet liar. Anda juga harus berhati-hati di sini, karena banyak lintah yang bisa menempel di tubuh. Oleh karena itu, pada saat datang ke sini, bisa memilih untuk menggunakan celana panjang dan bersepatu karet sebagai langkah preventif.

 

  1. Mercusuar Anyer

Mercusuar Anyer

Bangunan Mercusuar Anyer yang memiliki tinggi mencapai angka 75,5 meter juga bisa menjadi pilihan lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Mercusuar ini merupakan sebuah bangunan tua yang telah ada sejak tahun 1885. Selain itu, mercusuar ini juga dikenal sebagai titik nol dari Jalan Raya Anyer – Panarukan yang menghubungkan Banten dengan Jawa Timur.

Mercusuar Anyer ini pun telah ditetapkan sebagai bangunan wisata bersejarah oleh pemerintah setempat. Para wisatawan pun berkesempatan untuk menengok baik bagian luar ataupun bagian dalam dari bangunan tua ini. Aktivitas menarik yang perlu dicoba tentunya adalah menaiki bangunan ini hingga menuju ke lantai tertingginya.

Dari titik tertinggi Mercusuar Anyer, Anda akan memperoleh suguhan pemandangan yang menarik. Terdapat teras melingkar yang memungkinkan para wisatawan untuk memperoleh pemandangan secara luas. Bisa menyaksikan pemandangan laut, ataupun area perbukitan hijau. Selain itu, tempat ini juga menjadi lokasi yang menarik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

 

  1. Pantai Cibeureum

Pantai Cibireum

Pantai Cibeureum juga menjadi tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan kala menginap di Hotel Mambruk Anyer. Pantai ini merupakan pantai yang khas. Dengan hamparan pasir yang cukup luas serta dihiasi oleh deretan pohon kelapa yang ada di tepi pantai. Tidak ketinggalan, ada pula batu-batu karang yang ada di tepi pantai ini.

Anda pun bisa mengajak anak-anak untuk bermain sepuasnya di sini. Karena ombak yang tidak terlalu besar, anak-anak dapat menghabiskan waktunya berenang ataupun bermain pasir di pantai. Kalau kepanasan, Anda bisa memilih untuk bersantai di gazebo yang bisa dijumpai di pinggir pantai.

Baca Juga: 5 Taman Nasional di Pulau Sulawesi

Melakukan perjalanan wisata yang terjadwal dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan selama liburan. Semoga informasi ini bisa berguna untuk jadwal liburan bagi Anda yang, seperti saya, menempatkan Anyer dalam daftar tempat yang harus dikunjungi.

Related Posts

About The Author

Add Comment