Fitur WhatsApp Yang Tak Banyak Diketahui Orang

Kamu pengguna WhatsApp? Berapa banyak fitur WhatsApp yang kamu ketahui dan gunakan? Beberapa fitur ini mungkin tidak kamu tahu.

 

WhatsApp adalah aplikasi chatting terpopuler bagi pengguna Android di seluruh dunia dengan jumlah pengunduh sudah melampaui angka satu milyar. Di Indonesia, WhatsApp juga menjadi aplikasi ini dengan jumlah terbanyak yaitu 35.8 juta pengguna.  Mungkin kamu salah satunya 🙂

Salah satu faktor yang membuat aplikasi percakapan ini menjadi populer karena WhatsApp rajin merilis fitur demi kenyamanan dan keamanan pengggunanya. Hanya saya, mungkin banyak pengguna yang tak mengetahui fitur-fitur WhatsApp itu.

Berikut fitur-fitur WhatsApp yang tak banyak diketahui orang;

1.Menyembunyikan Last Seen

Fitur last seen atau terakhir dilihat adalah fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui kapan waktu  lawan bicaranya terakhir dalam jaringan (online).  Bagi sebagian orang, mungkin hal ini dianggap mengganggu privasi. Nah, kalau kamu termasuk salah satu yang merasa terganggu dengan fitur ini kamu bisa kok menyembunyikannya.

Caranya?

Fitur Whatsapp - last seen

Pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account lalu Privacy. Kamu akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Ada tiga pilihan yang akan muncul yaitu Everybody agar semua orang bisa melihat kapan kamu terlihat daring. Lalu ada My Contact jika kamu mengijinkan hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat. Ada pula Nobody kalau kamu tak mau seorang pun yang bisa melihat informasi tersebut.

 

2. Huruf Tebal, Miring atau Dicoret?

Mau mengirim pesan dengan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through)? Kini WhatsApp memungkinkan kamu melakukannya.

Caranya pun sangat mudah.  Cukup memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat.

Untuk huruf tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*. Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore  (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.

 

3. Simpan Percakapan ke File Teks

Pernah melakukan percakapan penting dan ingin menyimpannya dalam bentuk file teks? Dengan WhatsApp kamu bisa melakukannya.

Begini caranya.

Fitur Whatsapp - simpan file

Buka chat individu atau grup. Tap pada tombol Menu (tiga titik di sudut atas), pilih Select More, terakhir pilih opsi Select Email chat. Pada email tersebut akan langsung terlampir sebagai chat history dalam bentuk dokumen. Gampang kan?

 

4. Blokir kontak

Sering mendapatkan pesan spam dari orang tak dikenal? Blokir saja. WhatsApp memang memberikan fitur tersebut dan bisa diakses dengan mudah.

Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Anda akan menemukan pilihan Block di antara menu yang muncul. Sentuhlah, dan pemblokiran pun selesai.

 

5. Mematikan Tanda “Read” Centang Biru

WhatsApp menyediakan fitur dua centang biru untuk menandai setiap pesan yang dikirimkan sudah dibaca. Bila kamu merasa keberatan lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, kamu bisa mengubahnya kok.

Fitur Whatsapp - Centang Biru

Caranya?

Masuk ke menu Settings > Accounts > Privacy. Hapus tanda tanda centang di pilihan menu Read Receipts untuk menonaktifkannya.

 

6. Tanda bintang

Mau menandai percakapan yang berisi informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon? Kamu bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada di WhatsApp untuk memudahkan kamu mencarinya kembali.

Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut.

Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan Starred messages.

 

7. Backup percakapan

Takut kehilangan percakapan lama saat berganti ponsel? WhatsApp menyediakan fitur untuk bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali.

Caranya sangat gampang.

fitur WhatsApp - Backup Chat

Masuklah pada menu pengaturan atau Setting, cari tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive. Cukup masukkan akun Gmail, lalu atur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis

 

8. Mention Teman di Grup

Dari sekian banyak fitur-fitur WhatsApp, fitur ini mungkin yang ditunggu-tunggu oleh penggunanya.

Banyak orang yang mematikan notifikasi percakapan grup untuk mengurangi gangguan dari percakapan yang mungkin tidak ada kaitannya dengan mereka.  Bagaimana agar mereka tetap bisa membaca pesan yang kita tujukan pada salah satu anggota grup?

Sekarang kamu bisa mencolek melalui fitur mention teman di grup percakapan. Dengan fitur yang satu ini, teman yang mematikan notifikasi percakapan dalam grup akan tetap menerima notifikasi meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Caranya sangat mudah, cukup tambahkan “@” (tanpa tanda petik). Setelah mengetik simbol “@” di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan. Kamu bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

 

9. Menghentikan Download Otomatis

Memori ponselmu cepat penuh karena foto dan video yang dikirimkan melalui WhatsApp otomatis terunduh? Berbagai media dalam percakapan WhatsApp memang akan otomatis terunduh begitu kita membukanya. Selain memakan tempat dalam memori ponsel, ini juga bisa menghabiskan paket data.

Untuk menghindarinya, kamu bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp tidak otomatis terunduh.

Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Kamu bisa memilih pada masing-masing tab media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

Fitur Whatsapp - Matikan Downdoad10. Membalas Pesan yang Tenggelam di Grup

Kadang kita bingung melihat saking ramainya percakapan dalam grup. Sebenarnya teman kita menjawab pertanyaan yang mana. Untuk menghindari itu terjadi, kamu bisa mengutip salah satu pesan di grup yang ingin kamu balas menggunakan fitur WhatsApp ini.

Caranya, tekan lama pesan tersebut, maka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak. Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Kamu cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin kamu komentari. Jadi lebih spesifik untuk dilontarkan ke satu orang.

 

11. Baca WhatsApp Tanpa Centang Biru Terlihat

Mau menghindari pesan dari mantan? Mau membaca pesan tanpa terlihat bahwa kamu sudah membacanya? Bisa kok.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan;

Mengintip dari Quick Settings. Untuk menghindari munculnya tanda biru di pesan yang kamu baca, kamu bisa membaca pesan yang masuknya dari Quick Settings saja. Pesan WhatsApp yang dibaca lewat Quick Settings atau Notification Bar tidak akan memunculkan tanda ceklis biru di pengirim.

Menggunakan Widget. Selain untuk mempercantik tampilan homescreen ponsel Android kamu, Widget WhatsApp memiliki fungsi lain, yakni bisa digunakan untuk membaca pesan WhatsApp tanpa diketahui pengirim. Selama kamu hanya membaca pesan yang masuk di Widget, maka tanda centang biru pada pengirim tidak akan muncul. Tapi, begitu kamu membalasnya, tanda ceklis biru akan muncul.

Metode Airplane Mode

Untuk membaca pesan WhatsApp tersebut tanpa memberikan ceklis biru pada si pengirim, kamu bisa masuk ke Airplane Mode saat ada pesan yang masuk. Lalu baca pesannya. Setelah dibaca, kamu bisa keluar Airplane Mode lagi. Hasilnya, chat pada si pengirim tidak akan berubah menjadi centang biru. Mudah kan? Tapi cara ini hanya berlaku untuk pengguna iPhone, sementara di Android tidak berlaku.

 

Itulah beberapa fitur-fitur WhatsApp yang bisa kamu gunakan demi kenyamanan dan privasi kamu dalam percakapan. Dari sekian banyak fitur itu, fitur mana yang sudah kamu gunakan?

Related Posts

About The Author

Add Comment