Cara Menghasilkan Uang dari Hobi

Apa yang lebih menyenangkan dari menghasilkan uang dari hobi atau sesuatu yang kita bahagia melakukannya?

Menekuni hobi dan kemudian bisa menghasilkan uang dari hobi adalah sesuatu yang menyenangkan, bukan? Pertanyaannya, bisakah? Tentu saja bisa.

Sebelumnya saya sudah menuliskan bagaimana menghasilkan uang dari hobi ngeblog di Blogger Sebagai Profesi, Bisakah? Ngeblog atau hobi apapun bisa mendatangkan pemasukan keuangan jika kita serius melakoninya.

Hal ini terungkap pada talkshow Hobi Menghasilkan Uang yang merupakan rangkaian Sun Life Future Plan “Seminar & Exhibition Roadshow” pada tanggal 24 April 2016. Kegiatan yang mengupas bagaimana menghasilkan uang dari hobi ini diadakan di Kafe Zafferano Trans Studio Mall ini menghadirkan dua pembicara yaitu Joice Tauris Santi, wartawan dan juga penulis buku Selami Asuransi Demi Proteksi Diri, dan Daeng Ipul, seorang blogger ternama Makassar.

Daeng Ipul, seorang blogger yang memutuskan mengundurkan diri dari pekerjaan kantoran dan mencoba menekuni hobinya. Hal itu dilakukannya pada awal tahun 2012. Ia melepaskan pekerjaan pada salah satu perusahaan properti terkemuka demi hobi menulis. Dalam talkshow ini, Daeng Ipul memaparkan bagaimana perjalanannya menjadikan hobi untuk mendatangkan rupiah. Sebagai orang yang menggantungkan hidupnya pada hobi menulis, tak hanya rupiah yang Daeng Ipul dapatkan, tapi juga kesempatan mendatangi banyak tempat.

 

Daeng Ipul, blogger yang juga konsultan penulisan, salah satu pemateri dalam talkshow Menghasilkan Uang dari Hobi.

Daeng Ipul, blogger yang juga konsultan penulisan, salah satu pemateri dalam talkshow Menghasilkan Uang dari Hobi.

 

Hal yang pertama dilakukan ketika memutuskan untuk menekuni hobi sehingga bisa menjadi sumber pendapatan adalah memilih salah satu hobi yang paling dikuasai atau digemari. Biasanya kita memiliki beberapa hobi, pilih satu di antaranya lalu fokuslah pada hobi pilihan itu. Fokus. Lalu terus belajar untuk mengembangkan kemampuan yang kita miliki.

Salah satu untuk mengembangkan kemampuan adalah mencari orang – orang yang memiliki minat dan passion yang sama. Berjejaring adalah salah satu kunci untuk mengembangkan kemampuan. Berteman dengan orang – orang yang memiliki minat dan hobi yang sama membantu kita dalam belajar dan memperdalam pengetahuan. Apalagi sekarang, sudah sangat banyak komunitas yang berdiri karena kesamaan minat dan hobi.

Saling berbagi info dan saling memberi masukan pada karya kita bisa dilakukan jika kita tergabung dalam komunitas. Tergabung dalam komunitas dan memiliki teman – teman yang memiliki minat yang sama juga akan sangat membantu kita untuk menjaga passion jika sedang dilanda kejenuhan. Komunitas juga membantu untuk menemukan jejaring yang sangat penting ‘menjual’ kemampuan yang kita miliki. Tinggal cari informasi dan bergabunglah dengan komunitas yang menurutmu cocok.

Jadilah kreatif. Kreatif di sini bisa berarti pandai melihat peluang dan celah yang bisa dimanfaatkan untuk menunjukkan kemampuan yang kita miliki. Dengan menunjukkan kemampuan pada khalayak ramai orderan atau pekerjaan bisa datang. Bisa pula kreatif dalam artian menemukan sesuatu yang baru pada karya yang kita hasilkan. Entah itu formula, gaya atau sudut pandang baru. Kreatitifitas dalam berkarya akan menghasilkan kesegaran karya. Sesuatu yang mutlak dalam persaingan industri kreatif.

Baca Juga: Cara Menulis Kreatif di Blog

Tantangan terbesar untuk menjadi freelancer dan menggantungkan hidup pada hobi adalah konsistensi. Sering kali kita kehilangan fokus dan mencoba hal lain. Tak apa mencoba yang lain asalkan kita sudah punya kemampuan yang mumpuni dan layak jual dalam hobi yang kita tekuni. Konsistensi ini biasanya muncul karena terserang rasa malas. Belum lagi jika kita gampang menyerah karena ketiadaan kepastian pemasukan misalnya.

Bagi freelancer Blogger, atau freelance apapun,  perlu memerhatikan dan merencanakan keuangan secara teliti mengingat pemasukan yang dihasilkan tidak menentu. Begitu kira-kira saran Joice Tauris pada pekerja lepas yang mencoba untuk menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan. “Atur arus kas yang diterima,” sarannya.

Anjas Chambank, komika yang berhasil membuat peserta talkshow tertawa lepas.

Anjas Chambank, komika yang berhasil membuat peserta talkshow tertawa lepas.

Cara mengatur arus kas bagi freelancer yang Joice maksudkan adalah dengan membuat dua rekening. Satu rekening untuk keperluan wajib seperti membayar cicilan rumah, dan satu rekening untuk keperluan mendadak semisal biaya rumah sakit. Masih menurut Joice, selama ini ada kesalahpahaman mengenai tabungan. Banyak orang yang menyisihkan sisa pemakaian uang di akhir bulan untuk kebutuhan baru menabung. Seharusnya, kita menyisihkan penghasilan untuk tabungan pada awal bulan. Besarannya bisa berkisar antara 10 – 30 % dari penghasilan.

Begitu pun dengan pengelolaan utang. Kita harus mampu mengelolanya dengan baik agar tak terjerat pada utang konsumtif seperti pemakaian kartu kredit. Sebaliknya, kita pun harus mampu mengatur utang produktif agar rencana penggunaan uang kita tak berantakan. Utang produktif di sini maksudnya seperti cicilan rumah atau investasi masa depan.

Mennjadikan hobi sebagai sumber mata pencaharian tentulah sangat menyenangkan. Kita bisa mengatur waktu kita sendiri tanpa harus was-was kena marah oleh bos. Banyak tidaknya kerjaan pun bisa kita tentukan sendiri.

Bagi yang mau mencoba, mulai sekarang pilihlah hobi yang paling bisa kamu kembangkan dan fokuslah di situ. Jangan lupa untuk terus belajar, tidak mudah menyerah dan jangan takut bersaing. Untuk masalah keuangan, kamu bisa ikuti saran dan mbak Joice yang saya paparkan di atas. Juga, tak ada salahnya untuk mengatur perencanaan masa depan mulai sekarang. Jika bingung, bisa mencoba bantuan dari konsultan perencanaan keuangan masa depan yang kamu percayai.

Related Posts

About The Author

3 Comments

Add Comment