Cara Mengambil Data Facebook Anda dan Menyimpannya Di Laptop

Dari 87 juta yang bocor, 1 juta lebih konon adalah data pengguna Facebook Indonesia. Menteri Komunikasi dan Informatika, bahkan sampai mengancam akan menutup Facebook di Indonesia. Tapi, jangan khawatir, kalau pun misalnya Facebook tutup masih ada cara menyelamatkan data kita. Berikut cara mengambil data Facebook lalu menyimpannya di laptop atau pc.

  1. Masuk ke akun Facebook anda.
  2. Klik ikon segitiga di sudut kanan atas dan pilih Pengaturan.
  3. Pada halaman Pengaturan Umum, klik item terakhir – tautan untuk mengunduh salinan data Anda
  4. Muncul peringatan bahwa proses mungkin berlangsung beberapa saat, lalu klik ‘Mulai Arsip Saya’
  5. Di halaman berikutnya, klik ‘Mulai Arsip Saya’ lagi, dan tunggu pemberitahuan bahwa itu sudah selesai.
  6. Data yang diunduh terarsip di Facebook.
  7. Data terunduh ke dalam bentuk rar atau zip. Setelah pengunduhan selesai, silakan unzip data tersebut.
  8. Data anda aman di laptop meski Facebook tutup suatu saat.

Perhatikan gambar cara mengambil data Facebook di bawah.:

Cara mengunduh salinan data facebook

Demi keamanan, ada yang harus diperhatikan yaitu Anda harus memasukkan kata sandi Facebook dua kali selama proses ini, karena ini adalah informasi sensitif. Facebook juga memperingatkan bahwa Anda harus melindungi data yang diunduh, dan hal terbaik adalah mengenkripsi data ketika tidak benar-benar melihatnya. Cobalah yang terbaik agar tidak khawatir jika Anda menemukan bahwa Facebook telah menyimpan setiap foto dan kata yang pernah Anda posting dan setiap halaman yang Anda sukai, plus setiap kontak yang pernah digunakan.

Data apa saja yang Facebook kumpulkan dari keasikan kita bermain di media sosial buatan Mark Zuckerberg itu? Semua kata yang pernah anda ketikkan sebagai status, semua gambar atau video yang pernah posting, semua gombalan yang anda kirimkan via pesan dalam fitur messenger, nomer kontak dan email teman-teman anda sampai pada kode kartu kredit jika pernah melakukan transaksi melalui aplikasi yang terhubung ke Facebook.

Lengkapnya, baca Data Apa Saja Yang Diambil Facebook dari Anda

Setelah mengunduh dan menyimpannya, anda bisa membuka kembali untuk melihat data apa yang telah Facebook kumpulkan dari aktivitas anda.

Sebagai contoh, saya tampilkan data-data Facebook saya. Sekali lagi, perhatikan gambar-gambar di bawah::

Seperti yang terlihat pada gambar, Facebook mengumpulkan dan menyimpan begitu banyak data dari para penggunanya. Mulai dari pesan, foto, stiker yang pernah kita masukkan di kolom komentar hingga video yang pernah kita posting sejak kita bergabung di Facebook. Apakah hanya itu? Tidak! Masih sangat banyak lagi.

Gambar di bawah ini adalah isi folder html di atas:

File-file yang berupa html Chrome di atas adalah ikon yang langsung menuju ke tautan yang  berisi arsip aktifitas anda di Facebook. Mulai dari iklan-iklan yang pernah anda klik, termasuk iklan berita, aplikasi-aplikasi apa saja yang terhubung ke Facebook anda, semua daftar kontak yang terhubung ke Facebook, bahkan teman anda yang tak memiliki akun Facebook sekali pun, acara-acara yang anda hadiri, sampai semua status yang anda pernah bagikan.

Bayangkan jika data-data tersebut bocor ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa memanfaatkan data-data anda untuk apapun, bahkan untuk keuntungan politik seperti yang dilakukan oleh Cambridge Analytic.

Lalu apa yang harus anda lakukan? Jalan terbaik adalah menghapus akun Facebook, hapus yah bukan non-aktifkan, tapi mungkin sebagian besar dari kita tak sanggup berpisah dari Facebook. Langkah yang paling memungkinkan adalah bermain Facebook dengan aman.

Bagaimana caranya? Akan saya tuliskan nanti.

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.