Cara Membuat Password Yang Aman

Akun Facebook kamu pernah dibajak? Bagaimana mencegahnya? Buatlah password yang aman.

Saat ini semakin banyak orang tak bertanggungjawab yang sering melakukan peretasan akun email dan akun media sosial semacam Facebook. Mungkin sekadar iseng, atau untuk tujuan tertentu. Kita tak tahu. Sebenarnya, banyak di antara kita yang membuat peretasan ini terjadi. Tak mau repot, kita memilih menggunakan password akun email atau media sosial lainnya dari berbagai hal yang mudah diingat.  Tak jarang password yang sama digunakan untuk beberapa akun di internet. Padahal, untuk menghindari menjadi incaran peretas, kita haruslah membuat password yang aman untuk email dan media sosial kita.

Untuk menjaga keamanan informasi dan identitas akun media sosial kamu, berikut beberapa cara membuat password yang aman dan jauh dari jangkauan penjahat siber;

  1. Buat password yang panjang

Umumnya beberapa situs merekomendasikan password minimum terdiri dari delapan karakter, tetapi jika memungkinkan sebaiknya password terdiri dari 15 hingga 20 karakter.

  1. Kata kunci alay.

Maksudnya adalah mengganti Huruf dengan Angka atau Sebaliknya. Misalnya, gunakan angka 4 sebagai pengganti huruf A, atau mengganti huruf S dengan simbol mata uang Dollar $ atau dengan angka 5. Contoh: “k4takunc1$u5ah”

Gunakan kombinasi huruf dan angka. Kombinasi angka dan huruf dalam satu password merupakan salah satu cara terbaik. Kombinasi itu juga bisa disiasati dengan menggunakan huruf besar dan kecil yang dilengkapi dengan berbagai simbol seperti tanda seru. Contohnya, “KatakUnci01234” lebih aman dibandingkan “katakunci01234”.

Mau lebih aman? Gunakan kata kunci alay dengan kombinasi angka dan huruf besar dan kecil. Contoh: “k4TaKunci01234”

Meskipun sudah menggunakan kombinasi simbol atau angka pada password, tapi beberapa program dapat meretas password melalui database kata-kata umum yang sudah tersimpan. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menyelipkan angka-angka diantara huruf. Seperti misalnya, “kata123kunci456”.

  1. Gunakan Singkatan Kalimat

Cara lainnya adalah dengan membuat singkatan dari suatu kalimat seperti, “ssbtkbidtm” singkatan dari “saya suka berbagi tips karena banyak info dan tips menarik”. Mau lebih aman? Kombinasikan singkatan kalimat itu dengan gaya alay, jadi “s5BTk1dtm”

  1. Hindari Kata Yang Mudah ditebak

Jangan menggunakan password dengan nama atau angka yang sifatnya personal, seperti nama pasangan atau anak. Hindari pula penggunaan tempat lahir dan tanggal ulang tahun. Sebaiknya, kata atau angka yang mudah ditebak tersebut bisa diganti dengan angka kode pos atau berbagai informasi lain yang tidak mudah ditebak.

  1. Gunakan Password Yang Berbeda Untuk Semua Akun

Kesalahan umum yang seringkali kita lakukan adalah menggunakan satu kata kunci untuk semua akun email dan media sosial itu. Ini tentu memudahkan para peretas. Sekali mereka mendapatkan kata kunci kita, maka semua email dan media sosial kita bisa mereka akses.

Untuk menghindari orang lain yang bisa dengan mudah mengakses akun-akun kita, terutama jika mereka mengetahui bahwa password yang sama juga digunakan untuk berbagai akun lainnya, sebaiknya menggunakan password atau kata kunci yang berbeda untuk semua akun. Jika takut lupa, maka bisa saja membalikkan password antara akun satu dengan akun lainnya. Contohnya, pada akun A, password Anda “katakunci01234” kemudian untuk akun lainnya diubah menjadi “01katakunci34”.

Baca Juga: 5 Plugin Wajib Untuk Web dan Blog WordPress

Sebelum orang jahat meretas akun email dan media sosial kamu, sebaiknya mulailah mengganti kata kunci secara rutin, minimal sekali dalam 3 bulan. Ikuti cara membuat password yang aman di atas biar lebih aman tentunya. Jangan lupa membuat catatan yang berisi nama akun dan kata kuncinya.

Tulisan ini dikutsertakan dalam #Tantangan5 kelaskepo.org

Related Posts

About The Author