Blog Lelakibugis di Tahun 2015

Sesaat lagi, dalam hitungan tak sampai 100 menit, penanggalan 2015 Masehi akan segera berakhir. Berganti almanak 2016 Masehi. Ada banyak cerita yang bisa dituliskan. Meski tak sedikit juga sebaiknya tersimpan dalam ingatan saja.

Menjelang pergantian tahun, saya ingin sedikit menulis refleksi. Bukan refleksi diri, lebih ke bagaimana blog lelakibugis yang sedang teman – teman baca ini berjalan selama tahun 2015. Juga tentang hal – hal di luar blog tapi membawa pengaruh pada kehadiran blog ini. Sebagai postingan penutup akhir tahun 2015, saya tuliskan beberapa hal tentang Blog Lelakibugis di Tahun 2015.

 

  1. Masalah Website Busy terpecahkan

 

Hampir sepanjang tahun 2015 saya menghadapi masalah ini. Saya lupa awalnya kapan tiba – tiba saja peringatan website busy selalu muncul. Tak terhitung keluhan teman – teman yang mengabarkan ini. Mereka tak bisa mengakses blog ini karena website busy, ini selalu terjadi setiap saya selesai memosting satu tulisan baru.

 

Bermula ketika saya plugin Jetpack bermasalah tak mau terinstall, padahal saya amat membutuhkan beberapa fitur plugin ini. Jetpack akhirnya bisa saya install. Alih – alih masalah selesai, masalah lain bermunculan. Setelah memasang Jetpack, notifikasi Website Busy dari Jetpack selalu masuk ke email. Dalam sehari bisa 3 – 5 kali. Puncaknya, setiap saya selesai memosting tulisan baru.

 

Tak terhitung berapa kali saya berkonsultasi dengan penyedia hosting namun hasilnya tak pernah memuaskan. Saran menghapus semua plugin dan hal tehnis lainnya sudah saya ikuti. Hasilnya? Tetap saja masalah tak teratasi. Hingga penyedia hosting menyarankan saya untuk meningkatkan kapasitas hosting. Tentu saja saya tak ikuti. Saya yakin kapasitas hosting saya yang 10 GB masih sangat memadai. Saya mengambil blog sahabat saya, daenggassing.com sebagai pembanding. Kapasitas blog kami sama tapi kinerja blognya tak bermasalah, padahal dari sisi trafik dan jumlah postingan, blog lelakibugis ini tak ada apa – apanya. Berarti masalah bukan pada kapasitas hosting, begitu kesimpulan saya.

 

Hingga suatu saat di pertengahan Desember ini, setelah googling berkali – kali saya menemukan penyebab kenapa Disk Space Usage hosting saya tergolong tinggi yaitu 4 GB lebih padahal jumlah postingan belum seberapa. Ternyata ada file – file sampah berukuran besar yang memenuhi hosting. Setelah menghapus file – file itu, Disk Space Usage menjadi lega. Dari 4 GB lebih kini hanya tersisa 500an MB.

 

Masalah belum selesai, meski notifikasi Website Busy mulai berkurang namun belum memberi dampak yang memuaskan saya. Saya kembali menghubungi penyedia hosting. Kali ini jawabannya sesuai dengan harapan saya. Tehnisi yang menjawab tiket masalah saya membeberkan bahwa Entry Process blog saya tergolong tinggi. Kadang mencapai 20/20. Tak cuma itu, tehnisi itu juga memberitahukan apa penyebabnya dan menuntun saya bagaimana untuk menyelesaikan masalah itu.

 

Masalah selesai! Untuk ini saya harus berterima kasih pada tim Qwords.com penyedia hosting saya. Sempat terpikir untuk pindah hosting namun layanan pelanggan mereka yang tersedia 24 jam membuat saya mengurungkan niat. Berkat kesabaran mereka pula saya berhasil memecahkan masalah ini. Selamat tinggal Website Busy, jangan datang lagi yah!

 

  1. Masalah Feed terselesaikan

 

Selain masalah di atas, masih ada satu masalah lain yang saya rasa cukup mengganggu, yaitu feed blog yang error. Masalah ini membuat saya tak bisa menghubungkan blog dengan beberapa aplikasi semisal twitterfeed. Padahal, ini penting menurut saya karena bisa menambah trafik pengunjung blog.

 

Meski sempat bikin stress, masalah ini akhirnya bisa saya selesaikan setelah terabaikan lama. Solusinya ketemu setelah googling. Sangat sederhana: pakai plugin fix rss feed J

Pola postingan sepanjang tahun 2015.

Pola postingan sepanjang tahun 2015.

  1. Lebih produktif

 

Tahun 2015 ini meupakan tahun paling produktif bagi saya dalam dunia blogging. Blog ini sendiri terisi 88 postingan (di luar postingan ini) selama tahun 2015. Itu berarti rata – rata 7 – 8 postingan per bulan atau saya memosting tulisan baru setiap 4 hari sekali. Setahun belakangan gairah menulis saya, meski hanya menghasilkan tulisan ecek – ecek, menunjukkan tren positif. Ada peningkatan.

 

Jumlah postingan yang semakin banyak ini juga tak terlepas dari kontrak jadi kontributor beberapa portal. Berita atau artikel yang sudah saya kirim ke portal – portal tersebut saya olah ulang dan muat kembali di blog. Lumayan. Saya tak mau karena menulis di portal lain blog saya malah kosong.

 

  1. Kelas Menulis Kepo dan Komunitas Anging Mammiri

 

Salah satu pemicu dari produktifitas (ciee produktifitas) dalam ngeblog tahun ini adalah dengan adanya Kelas Menulis Kepo. Hadirnya kelas ini secara tidak langsung memacu dan memicu saya dalam menulis. Kan tidak lucu jika saya terus mengompori orang untuk menulis sementara blog saya kosong dan tak terperbaharui isinya. Mau tak mau, suka tak suka, saya harus tetap menulis dan mengisi blog. Dari sisi lain juga, Kelas Menulis Kepo ini memberi banyak ide untuk saya tuliskan.

 

Komunitas Blogger Anging Mammiri Makassar tempat saya bernaung juga menjadi salah satu alasan kenapa saya rajin menulis. Pada ulang tahunnya yang ke-8 (delapan) pada tahun 2014, komunitas ini menganugerahi blog ini sebagai Blog Terpuji. Berhubung tahun 2015 tak ada penganugerahan serupa, jadilah banner itu akan terus terpajang di blog ini. Menjadi semacam pengingat untuk saya terus ngeblog.

 

  1. Lomba

 

Tahun 2015 tak banyak lomba yang saya ikuti, hanya 4 atau 5 lomba. Saya memang bukan tipe pengejar hadiah lomba dengan mengikuti semua lomba yang ada. Ada banyak lomba sebenarnya tapi beberapa tema lomba tak sesuai dengan yang saya kuasai misalnya. Belum lagi syarat lomba yang menurut saya terlalu berlebihan. Hasilnya, sekali saya juara 1 (dua) dan sekali juara 2 (dua). Hadiahnya lumayanlah.

 

Itulah sekilas tentang Blog Lelakibugis di Tahun 2015. Sebenarnya ada banyak hal yang ingin saya ceritakan tapi petasan dan kembang api semkin keras bersahutan. Sepertinya saya harus mengucapkan Selamat Tahun Baru 2016. Teruslah menulis dan ngeblog!

 

Catatan; mohon masukan di kolom komentar untuk blog ini J

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.