Bisnis Online Melalui Blog

“Mobilitas rendah, produktivitas tinggi” Jawaban itu yang akan saya berikan jika pertanyaan bagaimana sih pekerjaan yang ideal itu menghampiri.

Mobilitas rendah berarti kita melakukan pekerjaan tanpa perlu kemana-mana, atau setidaknya tak perlu banyak bergerak, namun tetap produktif alias penghasilan tetap tinggi. Tentu banyak yang menertawakan hal ini. Orang malas kok mau banyak duit!

Tunggu dulu.. Jawabannya, bisa!

Caranya? Bisnis Online Melalui Blog

Modal yang dibutuhkan pun tidak banyak. Koneksi internet yang lancar adalah salah satu modal utama. Tidak butuh modal besar untuk koneksi internet ini. Juga, ada banyak cara mendapatkannya. Bisa dengan memasang internet rumah, pakai modem atau wifi gratisan yang banyak tersedia di kafe-kafe atau warung-warung kopi. Nah, kalo sudah punya koneksi internet tinggal tambahkan modal kemampuan menulis. Tak perlu jago, cukup mampu membuat orang betah berlama-lama di web atau blog kita.

Memulai bisnis online tidaklah sulit. Cukup punya email lalu buat blog. Cara membuat blog pun sangat mudah. Banyak pula web penyedia blog gratis. Blogger atau Blogspot dan WordPress adalah yang terbesar.

Mendalami bisnis online ini pun sebenarnya tak sulit, hanya dibutuhkan keseriusan. Namun, bila ingin memanfaatkannya secara lebih profesional tak ada salahnya dengan mendaftar pada Sekolah Blog yang kini juga mulai marak. Dalam sekolah blog, kita akan diajarkan bagaimana mengelola bisnis online. Mulai dari bagaimana membuat blog, menarik pengunjung hingga bagaimana bisa mendapatkan penghasilan dari dunia internet.

Secara umum, Bisnis Online Melalui Blog terbagi; publisher, advertiser dan broker. Biasanya, cara termudah dan termurah dalam memulai bisnis online ini adalah dengan menjadi publisher. Tak perlu memiliki produk sendiri, cukup dengan memasarkan produk atau memasang iklan pihak lain yang disebut advertiser dalam web atau blog melalui link affiliate. Kita akan mendapatkan komisi dari penjualan jika ada seseorang yang membeli produk advertiser melalui link affiliate yang kita pasang.

Google Adsense dan Chitika bisa menjadi pilihan, cukup mendaftar dan setelah lolos verifikasi maka mereka akan memberikan kode untuk menampilkan iklan dalam web atau blog kita.

Jika punya produk, kita bisa memasarkannya langsung dengan membuat web atau blog toko online. Konten web atau blog itu harus jelas, produk apa yang kita pasarkan, bagaimana cara memesan, cara pembayaran dan lain-lain. Untuk mengiklankan produk dan toko online kita bisa memilih jadi advertiser dengan memasang iklan di situs tertentu. Salah satu keuntungan awal dari menjadi advertiser adalah berupa traffic atau pengunjung yang kemudian berimbas pada penjualan.

Tak perlu pusing memilih memasang iklan di mana, broker atau makelar yang bisa membantu. Ada banyak jasa makelar atau broker dalam dunia bisnis online. Salah satunya adalah Google yang menyediakan jasa penghubung antara advertiser dan publisher melalui program Google Adsense.

Pertumbuhan pengguna internet yang sangat signifikan ditambah  dukungan sarana telekomunikasi dimana kini siapa saja bisa online Bisnis Online Melalui Blog melalui hape. Belum lagi pengguna internet makin luas, tak hanya di kota-kota besar tapi sudah menjangkau ke pelosok membuat bisnis online menjadi menjanjikan.

Tak ada salahnya mencoba peluang Bisnis Online Melalui Blog. Caranya mudah, dan yang terpenting adalah tak perlu tak kena macet, terik matahari atau hujan-hujanan dalam menjalankannya. Semuanya bisa dilakukan dalam rumah atau kafe sambil ngopi. Sila mencoba.. 😀

Baca Juga: Hoax Satpol PP Menendang Juru Ketik

Related Posts

About The Author

4 Comments

Add Comment