Akun Pendiri FB Dibobol Peretas [Hacker]

Dunia maya sangatlah rentan terhadap aksi penyusupan maupun peretasan [eng: hacking]. Tak ada jaminan akun email atau jejaring sosial kita tidak kebobolan oleh para peretas [eng: hacker]. Konon, hanya akun Mark Zuckerberg, sang pendiri facebook yang tak bisa terjamah oleh para peretas.
Kekebalan akun sang pendiri jejaring sosial terbesar itu ternyata hanya mitos. Seorang peretas ulung, yang menamakan dirinya hackerup2011 berhasil membobol akun Mark dan memosting di wall seolah-olah itu postingan Mark sendiri.
Seperti yang dilansir Republika Online 27 Februari 2011, sang peretas menulis: “Let the hacking begin: If Facebook needs money, instead of going to the banks, why doesn’t Facebook let its users invest in Facebook in a social way? Why not transform Facebook into a ‘social business’ the way Nobel Price winner Muhammad Yunus described it? What do you think? #hackercup2011.”
Terjemahannya: “Saatnya peretas beraksi: Bila Facebook membutuhkan uang, daripada ke bank, mengapa Facebook tidak merangkul para penggunanya untuk berinvestasi secara sosial. Mengapa tidak mentransformasikan Facebook menjadi semacam bisnis sosial seperti peraih Hadiah Nobel Muhammady Yunus, bagaimana menurut kamu?”
Dalam waktu singkat, dukungan berupa ‘like’ dan komentar memenuhi status palsu itu. Sebanyak 1.800 pemilik akun menyatakan mendukung (‘like’) pernyatannya dan 500 orang berkomentar di halaman Zuckerberg. Namun tak lama kemudian, pesan itu sudah hilang di wall Zuckerberg. Facebook sendiri menolak berkomentar terkait peretas tersebut.
Kalau akun si Mark saja yang begitu sulit ditembus bisa kebobolan, tentulah akun pengguna fb awam akan lebih mudah lagi. Jadi, berhati-hati lah menggunakan dan menyimpan katakunci anda..

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.