Aksi #SaveKPK di Makassar: Jangan Kriminalisasi KPK

Penahanan Bambang Widjojanto, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) oleh Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri tadi pagi mengingatkan kembali pada kasus ‘Cicak Vs Buaya’ beberapa tahun lalu.

Saat itu, penyidik KPK melakukan penyadapan terhadap Kabareskrim Polri saat itu (2008), Komisaris Jenderal Susno Duadji, yang diduga menerima gratifikasi dari nasabah Bank Century. Tak lama setelah itu (2009), Polri melakukan “serangan balik” kepada KPK, dengan mengkriminalisasi pimpinan KPK, Chandra M Hamzah dan Bibit Waluyo, dengan tuduhan menerima suap dari Anggodo Widjojo.

Penangkapan Bambang Widjojanto Jumat 23 Januari pagi tadi oleh Bareskrim Polri dianggap sebagian besar masyarakat sebagai aksi perlawanan balik dari pihak kepolisian atas penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka kasus korupsi oleh KPK. Publik pun menyebut perseteruan KPK dan Polri ini sebagai Cicak vs Buaya Jilid 2.

Aksi Save KPK di Makassar - lelakibugis

Di Makassar, 16 elemen masyarakat yang terdiri dari jurnalis, aktifis mahasiswa, lawyer, akademisi hingga aktifis NGO yang tergabung dalam Masyarakat Anti Korupsi (Mars) Sulawesi – Selatan. Dalam aksi yang berlangsung di bawah Fly Over Makassar, MARS menilai ada upaya pelemahan terhadap KPK melalui kriminalisasi pimpinan KPK.

“Ada upaya pelemahan dan kriminalisasi KPK. Ini upaya sistematis dan terstruktur, mulai dari penyebaran foto Abraham Samad hingga penangkapan Bambang Widjojanto.” Kata kordinator Lapangan Aksi, Abdul Kadir, Sekretaris Eksekutif Anti Corruption Committee atau yang biasa disingkat ACC. Ketua KPK Abraham Samad adalah penggagas sekaligus pernah menjadi Koordinator Anti Corruption Committee Sulsel.

Dalam aksi yang diikuti oleh sekira 70an peserta aksi ini mengutuk upaya kriminalisasi dan penangkapan Bambang Widjojanto, Wakil Ketua KPK. Selain itu mereka juga meminta ketegasan Jokowi sebagai Presiden Indonesia untuk menyelamatkan KPK. MARS juga menghimbau seluruh khalayak umum untuk bersama-sama memberi dukungan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi dalam aksi #SaveKPK.

Selengkapnya Pernyataan Sikap MARS bisa dilihat di foto ini.

Jangan Kriminalisasi KPK

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.