8 Cara Menarik Pengunjung Blog

Cara Menarik Pengunjung Blog. Saat ini blog sangat populer dan banyak blogger memanfaatkannya untuk berbagai tujuan. Ada yang sekadar sebagai tempat cuhat atau menyampaikan opini, ada pula yang memanfaatkannya untuk mencari penghasilan tambahan. Sayangnya banyak yang gagal dan blognya sepi pengunjung.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika agar blog kamu ramai pengunjung dan dibaca banyak orang. Berikut ini 8  Cara Menarik Pengunjung Blog yang bisa kamu coba:

1. Judul

Buatlah judul postingan yang semenarik mungkin dan membuat orang penasaran untuk segera membuka tautan ke postingan itu. Usahakan judulnya singkat dan padat tapi mewakili isi postingan agar mudah dipahami pembaca. Hal ini juga untuk memudahkan dalam berbagi tautan via media sosial. Namun, hindari judul yang menipu! Pengunjung akan kapok datang lagi ke blog kalau kamu sering melakukannya.

2. Nada

Begitu kamu memosting sebuah tulisan di blog itu berarti tulisan itu akan menjadi konsumsi publik. Tulisan-tulisan itu sebaiknya memiliki nada nada yang bersahabat dan tidak membuat pembaca menjadi jengkel setelah membacanya.  Hindari nada tulisan yang keras atau memaksakan opini pada pembaca. Carilah diksi dan gaya bahasa yang membuat pembaca merasa nyaman membaca tulisan kamu.

3. Foto

Berdasarkan penelitian, pembaca lebih tertarik pada tulisan yang disertai foto atau gambar. Pilihlah foto atau gambar yang memiliki kaitan dengan tulisan.  Foto yang tepat dan mendukung isi tulisan akan memperkuat efek tulisan ke pembaca. Pasang foto sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan, terlalu banyak foto akan membuat pembaca tidak fokus pada isi tulisan.

4. Konten

Makin beragam isi/konten blog, makin besar kemungkinan pembaca menemukan blogmu saat melakukan pencarian di mesin pencarian. Semakin variatif sebuah blog makin disukai oleh pembaca, orang biasanya akan menghindari blog yang monoton. Jika memilih sebuah tema khusus pada blog, misalnya mengenai wisata, usahakan menuliskannya dari berbagai topik. Jangan hanya pada satu topik/sudut pandang melulu.

Jaga orisinalitas konten blog kamu. Pengunjung akan mengabaikan blog kamu jika menemukan konten-konten blogmu mudah mereka temukan di blog lain, apalagi jika postingan itu hasil kopi-paste.

Baca Juga: Bagaimana Menulis Kreatif di Blog

5. Tautan

Tautan atau link dalam blog juga adalah hal yang penting. Tempatkan sebuah tautan ke sebuah tulisan lain dalam blog yang berkaitan dengan isi tulisan. Contohnya, adalah saat ini saya membahas Cara Menarik Pengungung Ke Blog, tulisan lain yang hampir serupa bisa kamu baca sini >> “Urutan Pertama Google Search” . Tautan ini untuk menjaga pembaca agar tetap berada di dalam blog kamu dan tetap membaca tulisan yang tentu saja berkaitan erat dengan isi tulisan sebelumnya.

Tautan ini juga penting dalam promosi postingan melalui media sosial semacam  Twitter atau Facebook, pastikan tautan tersebut mendapat perhatian orang.  Sebaiknya letakkan judul postingan di depan, lalu  tautan mengikuti dan akhiri dengan hestek . Hestek ini bisa berdasarkan kategori atau hestek khusus blog kamu, contoh; Menarik Ribuan Pengunjung Ke Blog Setiap Hari, Gampang! Klik di sini http://lelakibugis.net/menarik-ribuan-pengunjung-ke-blog-setiap-hari-gampang/ #TipsNgeblog #BlogLelakibugis

Pasang tautan atau link ke Popular Post  di sidebar atau tempat yang mudah terlihat dan Related Post di bawah sebuah postingan untuk menjaga pembaca agar tetap betah berselancar pada blog kamu.

6. Media Sosial

Promosi via media sosial sekarang juga menjadi sangat penting dilakukan untuk menarik pengunjung ke blog. Beberapa media sosial bisa menunjang penyebaran tautan postingan blog, namun yang paling umum adalah Twitter dan Facebook. Cara promosi via media sosial ini adalah dengan memasang tautan seperti yang saya jelaskan di atas. Bisa pula menggunakan tools atau plugin yang otomatis membagi tautan saat memosting tulisan baru.

7. Tweet Postingan Lama

Selain berbagi postingan baru, tak ada salahnya jika membagi postingan lama pada pembaca. Apalagi  jika dirasa bermanfaat atau sesuai isu yang sedang hangat. Gunakan plugin atau tools yang tersedia.

8. Update

Cara terbaik untuk menarik pengunjung blog adalah dengan rajin meng-update isi blog. Pengunjung tidak akan datang lagi jika menjumpai isi blog kita hanya itu-itu saja dan tidak memiliki postingan baru. Usahakan konsisten mengisi blog, misalnya seminggu satu postingan atau kalau bisa setiap hari satu postingan. Semakin banyak postingan maka google akan semakin mudah menemukan isi blog kita dan menampilkannya dalam mesin pencariannya.

 

Ada yang punya tips lain dalam Cara Menarik Pengunjung Blog? Silakan tambahkan di kolom komentar..

Related Posts

About The Author

8 Comments

Add Comment