5 Tempat Mancing di Makassar

Memancing adalah hobi yang menenangkan dan menyenangkan. Hobi ini pun tak memandang usia. Tinggal mencari lokasi melakukannya. Ada beberapa tempat mancing di Makassar yang bisa kamu datangi.

Banyak orang yang memilih pergi memancing untuk mengisi waktu luang. Ada juga yang memancing untuk menghilang penat atau untuk menyegarkan pikiran. Bahkan, banyak pula yang menjadikan memancing sebagai salah satu cara untuk melatih kesabaran. Bagi kamu yang di Makassar, atau sedang berkunjung ke Kota Daeng ini, berikut beberapa tempat mancing di Makassar yang bisa kamu datangi;

  1. Danau Balang Tonjong Antang

Rawa atau Danau Balang Tonjong, Antang terletak di sisi kiri jalan poros Perumnas Antang. Di tengah-tengah danau ini terdapat baruga yang bisa digunakan sebagai tempat memancing. Pemancingan ini terbuka bagi siapa saja dengan biaya masuk sangat murah, hanya Rp. 2000,-. Di baruga ini terdapat sebuah kafe di mana pemancing bisa memesan kopi dan minuman lainnya. Di sini juga ada penyewaan alat pancing dan penjualan umpan (cacing).

Oh iya, di sekitar danau banyak terdapat keramba-keramba yang dibuat oleh warga sekitar. Jenis – jenis ikan yang dibiakkan dalam keramba itupun beragam; mulai dari ikan nila, ikan mas, dll.

  1. Danau Unhas

Danau Unhas adalah danau buatan yang berada tak jauh dari gerbang Pintu 1 Unhas Tamalanrea. Ada dua danau di sisi kiri dan kanan terpisahkan oleh jalan masuk. Rimbun dan rindang pohon-pohon besar di sisi danau ini menjadi alasan banyak yang memilih tempat ini sebagai tempat memancing di Makassar.

Danau Unhas, salah satu tempat mancing di Makassar

Danau Unhas, salah satu tempat mancing di Makassar

Sebenarnya, pihak kampus melarang aktivitas memancing di danau ini, sebuah plang besar bertuliskan larangan itu berdiri di tepi danau, tapi tetap saja banyak orang yang melakukannya. Mungkin karena pihak satuan pengamanan kampus tidak pernah melakukan pelarangan dengan tegas atau serius 😀

  1. Jembatan Barombong (Tugu Layar Putih)

Jembatan ini berlokasi di Jl. Metro Tanjung Bunga, Makassar. Jembatan ini menghubungkan Makassar dengan Barombong, Kab. Gowa dan di bawah jembatan ini terdapat muara sungai Jene’berang, Gowa.  Tak jauh dari muara sungai, terdapat Tugu Layar Putih. Dulunya, tugu ini berada di pinggir pantai tapi karena abrasi tugu ini sekarang berada beberapa meter dari pantai. Di sini, para pemancing bisa duduk santai di atas bebatuan yang tersusun rapi.

Umpan yang kebanyakan dipakai oleh para pemancing yang biasa memancing di tempat ini adalah udang hidup dan rutusu’ atau cacing berkaki. Tak susah menemukan umpan-umpan ini, ada banyak penjual udang hidup di sekitar lokasi pemancingan ini. Harganya

berkisar Rp.5000,- s/d Rp 20.000,- /keranjang. Untuk rutusu’ bisa ditemukan di sekitaran Jalan Nuri Makassar dengan harga sekitaran Rp.10.000,-an/canteng (mug besi)

  1. Pemancingan Parangloe

Lokasi pemancingan ini terletak di kawasan sebelah utara kota Makassar di sisi jalan tol Reformasi. Di kawasan ini terdapat gubuk-gubuk yang bisa digunakan oleh pemancing untuk berteduh dari sengatan matahari.  Di dalam lokasi pemancingan ini terdapat berbagai macam jenis ikan air tawar, seperti Ikan Mas, Nila, Bawal, dll.

Ukuran ikan yang bisa didapatkan di pemancingan ini tergolong lumayan besar.  Menurut komunitas Pemancing Empang, Rawa dan Sungai Makassar (Persmas) rekor ukuran berat terbesar yang pernah mereka dapatkan yaitu Ikan Mas dengan berat ± 8 Kg.  untuk umpan yang dipakai di tempat ini sama dengan pemancingan lain yaitu cacing atau pellet. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi tarikan ikan bawal, sebaiknya membawa umpan berupa usus ayam.

Kolam Pemancingan Panampu Park - foto TripAdvisor

Kolam Pemancingan Panampu Park – foto TripAdvisor

  1. Pannampu Park

Salah satu tempat memancing di Makassar berupa kolam pemancingan ini teletak di Kompleks TNI AL Lembo, Jalan Tinumbu Makassar. Kolam pemancingan ini cukup luas dengan memanfaatkan lahan sekira 7 hektare dengan berbagai jenis pemancingan seperti pemancingan galatama, kiloan, dan harian.

Kolam pemancingan ini juga menyediakan fasilitas seperti coffee shop, live music, seafood restaurant, jogging track, aerobic dan zumba dan children playground.  

Itulah 5 (lima) tempat mancing di Makassar. Bagi yang hobi mancing dan punya tempat pemancingan lain yang mau direkomendasikan, silakan di kolom komentar yah..

Related Posts

About The Author

Add Comment