5 Tanda Anak Makassar

Apa penanda yang gampang kalian temui untuk mengetahui seseorang itu Anak Makassar? Setidaknya 5 (lima) hal berikut bisa jadi patokan;

1. ‘Kiri Pak!

Di kota manapun jika naik angkutan umum dalam kota (angkot) biasanya akan teriak ‘Kiri Pak!’ jika ingin berhenti. Kebiasaan ini terbawa karena di Makassar, untuk memberhentikan pete-pete (sebutan angkot) di Makassar penumpangnya akan bilang ‘Kiri Pak!’

2.  Jeruk Nipis

Makan apapun, perasan jeruk nipis haruslah ditambahkan ke dalamnya. Jeruk nipis sebenarnya adalah tambahan wajib bagi Coto Makassar, namun kebiasaan ini terbawa pada makanan lain. Konsumsi jeruk nipis di Makassar sendiri terbilang tinggi yaitu 500kg (dalam keadaan normasl) perhari hanya untuk kebutuhan warung coto di Makassar.

3. Coto Makassar

Coto Makassar dan Ikan Bakar adalah makanan yang paling digemari oleh warga Makassar. Makanan ini terbuat dari jeroan sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus dan dihidangkan dalam mangkuk lalu dimakan dengan ketupat dan “burasa“. Saat ini Coto Makassar sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoranDi Makassar sendiri, setidaknya ada 4000an warung coto Makassar.

4. Menggaruk Kopi

Menggaruk di sini bukan berarti menggaruk sesuatu yang gatal tapi mengaduk. Masyarakat Makassar lebih sering menggunakan kata ‘menggaruk’ untuk kata ‘mengaduk’. Kata ‘Garuk’ sendiri dalam dialek Makassar berarti ‘mencampur/mencampuri/mencampurkan’. Jadi ketika ngopi bersama teman yang berasal dari Makassar jangan menggaruk kopi ketika dia bilang “Garuk dulu kopimu sebelum minum”.

5. Biar Misking Asal Senam

Senam di sini bukan berarti melakukan gerakan-gerakan senam tapi bermakna ‘senang’. Dialek Makassar memang unik, terkadang kelebihan huruf ‘G’ seperti ‘misking’ untuk ‘miskin’ atau ‘ikang bakar’ untuk ‘ikan’. Selain kelebihan ‘G’, dialek Makassar ini juga kadang mengganti ‘ng’ dengan ‘m’ seperti pada kata ‘senam’ untuk ‘senang’ tadi. Dialek ini disebut ‘Okkot’ yang berarti keluar garis. Okkot atau sering disebut okkots adalah tanda anak Makassar yang mungkin sudah jadi ciri khas mereka.

Baca Juga: Pilih Coto Makassar atau Pisang Ijo?

Nah, itu 5 tanda anak Makassar yang mudah kamu ketahui. Ada yang mau tambahkan?

Related Posts

About The Author

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.