5 Syarat Kafe atau Coffee Shop yang Asyik

Orang Indonesia adalah orang yang suka bercakap. Mereka akan selalu mencari Kafe atau Coffee Shop yang Asyik untuk nongkrong.

Selain mencari Kafe atau Coffee Shop yang Asyik, orang Indonesia juga aktif di media sosial. Itu terlihat dari betapa cerewetnya orang Indonesia di media sosial semacam Facebook atau twitter. Jakarta dan Bandung bahkan menjadi salah satu kota dengan kicauan terbanyak di twitter. Itu hanya salah satu contoh.

Contoh lain adalah bagaimana orang Indonesia sangat suka berkumpul. Baik itu bersama teman – teman kerja, keluarga atau teman – teman segosip sepenanggungan. Warung kopi tradisional yang sudah lama eksis kini makin bertambah ramai. Pun, kafe dan coffee shop yang kini menjamur di kota – kota besar hingga kota – kota kabupaten.

Dari beberapa kafe atau coffee shop yang pernah saya kunjungi di Makassar, setidaknya ada 5 Syarat Kafe atau Coffee Shop yang Asyik. Ini menurut saya loh yah..

Apa saja 5 syarat itu Kafe atau Coffee Shop Yang Asik itu?

1. Menyediakan Wifi dan Colokan

Fasilitas berupa wifi ini sangat penting. Jaman sekarang siapa sih yang tidak terhubung dengan internet setiap saat? Mulai dari sekadar pamer lagi kumpul atau lagi makan – minum apa di media sosial sampai urusan pekerjaan. Ada banyak pekerja lepas yang kini memaanfaatkan kafe atau coffee shop sebagai kantor. Utamanya sih, yang banyak bersinggungan dengan dunia digital.

Colokan listrik juga menjadi sangat penting bagi mereka. Banyaknya aplikasi di ponsel cerdas dan seringnya update status di media sosial menjadikan colokan sebagai kebutuhan pokok. Adanya wifi dan colokan bisa membuat pengunjung betah berlama – lama di sebuah tempat.

2. Lapang dan Nyaman

Lapang di sini berarti adanya ruang yang cukup bagi pengunjung untuk beraktifitas. Tak perlu bersenggolan dengan pengunjung lain saat bergerak, misalnya.  Ruang yang lapang ini membawa rasa nyaman bagi pengunjung. Rasa nyaman bukan hanya dibutuhkan dalam hubungan , iya kan? Nyaman saat berada di sebuah tempat pun menjadi kebutuhan semua orang. Rasa nyaman akan membuat sebuah hubungan awet dan tahan lama, begitu pun rasa nyaman di kafe.

3. Adil Bagi Perokok dan Non Perokok

Saat ini kebanyakan kafe atau coffee shop yang menjadikan kaum perokok sebagai pelanggan nomor dua. Kaum perokok ditempatkan di area merokok yang umumnya berada di bagian luar dengan kursi atau meja seadanya. Berbanding terbalik dengan area non – perokok yang lebih nyaman dengan kursi empuk.

Hal ini tentu tidak adil mengingat harga makanan – minuman yang harus dibayar oleh perokok tidak berbeda dengan non – perokok. Kalau kaum perokok mengeluarkan uang yang sama dengan non – perokok, mereka harusnya mendapat kenyamanan yang sama bukan?

 

Sanggara Peppe adalah makanan tradisional Bugis Makassar yang jadi salah satu menu andalan di Kedai Pojok Adhyaksa. (foto: iqbal lubis)

Sanggara Peppe adalah makanan tradisional Bugis Makassar yang jadi salah satu menu andalan di Kedai Pojok Adhyaksa. (foto: iqbal lubis)

4. Menu Beragam dan Harga Terjangkau

Kafe yang asyik adalah kafe yang menyajikan menu dengan beragam pilihan. Semakin banyak jenis makanan dan minuman semakin memanjakan pengunjung yang heterogen kerongkongannya. Aneka ragam menu yang tersaji tentu akan membuat pengunjung semakin betah pula. Apalagi jika menu – menu dijual dengan harga terjangkau.

Paling tidak, ada menu makanan berat yang mengenyangkan di samping cemilan – cemilan pendamping saat nongkrong. Akan lebih bagus jika ada menu andalan yang menjadi ciri khas. Adanya menu andalan akan memudahkan pelanggan mengingat dan membicarakan kafe atau coffee shop itu.

5. Lokasi Strategis

Lokasi strategis biasanya berarti berada di wilayah yang mudah terjangkau dengan akses transportasi yang tersedia. Pelanggan yang naik angkutan umum dan kendaraan pribadi jadi mudah bila ingin ke kafe tersebut. Bisa berarti kafe atau coffee shop itu berada di area keramaian seperti kampus dan rumah sakit.

Akan lebih asyik jika lokasinya tak berada di pinggir jalan raya yang ramai hingga pengunjung tidak perlu terganggu dengan bising kendaraan. Apalagi jika ditunjang dengan tempat parkir yang luas. Kafe yang berada di lokasi seperti ini tentu akan membuat pengunjung rajin datang dan kembali lagi.

Nah, itu 5 Syarat Kafe atau Coffee Shop yang Asyik menurut saya. Salah satu kafe yang memenuhi syarat – syarat di atas menurut saya adalah Kedai Pojok Adhyaksa. Ulasannya bisa kalian baca di Pulang Kampung di Kedai Pojok Adhyaksa.

Kalian tentu punya syarat yang mungkin berbeda dengan apa yang saya paparkan di atas. Jika berkenan, silakan berbagi di kolom komentar 🙂

Related Posts

About The Author

One Response

Add Comment