5 Plugin Wajib Untuk Web dan Blog WordPress

Security WP atau keamanan WordPress adalah hal penting bagi kamu pengguna self hosting web/blog berbasis WordPress. Salah satu tips dasar adalah memasang Plugin Wajib Untuk Web.

Juga, jangan menginstall theme premium dari sembarang tempat. Biasanya ada penyedia theme yang nakal dan menanam sesuatu dalam theme. Dengan menanam kode tertentu, penyedia theme itu bisa masuk ke akun kita dan menguasainya.

Berikut ini 5 Plugin Wajib Untuk Web dan Blog WordPress bagi kamu pengguna web dan blog self hosting:

1. WP Automatic Updates

Rajinlah mengupdate WordPress, theme dan plugin begitu ada versi terbaru. WordPress, theme dan plugin ini bersifat gratis dan open source yang dikembangkan oleh komunitas pengembang. Karena bersifat open source, theme dan plugin ini menyisakan celah keamanan. Untuk mencegah serangan, sebaiknya kamu mengupdate begitu ada versi terbaru.

Tak mau repot mengupdate secara manual? Tenang. Ada banyak plugin untuk mengupdate otomatis. Pilih yang disediakan oleh WP. Salah satu plugin yang recommended buat anda pakai adalah WP Automatic Updates. Untuk contoh settingnya, bisa liat gambar di bawah

WP Automatic Updates - salah satu Plugin Wajib Untuk Web

WP Automatic Updates – salah satu Plugin Wajib Untuk Web

2. WPDBSpringClean

Banyak plugin yang tidak membersihkan databasenya setelah kita meng-uninstallnya. WPDBSpringClean ini berfungsi untuk membersihkan database sampah setelah menguninstall theme atau plugin. WPDBSpringClean akan mengidentifikasi plugin tak terpakai , table database WordPress yang tersisa dari plugin yang telah anda hapus dan kemudian memberikan Anda pilihan untuk menghapus tabel ini – table ini.

Selain membersihkan database sampah, plugin ini juga membantu untuk mengoptimalkan kinerja tabel database anda. Plugin ini akan mengidentifikasi tabel yang tidak optimal dan memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan plugin – plugin tersebut dengan menghapus ruang yang tidak terpakai dalam tabel tertentu.

3. Undraftplus

Plugin Undraftplus ini memiliki dua fungsi; mem-backup dan restore. Plugin ini juga menawarkan backup setting otomatis jadi kamu tak perlu selalu melakukan backup. Selain itu, plugin ini menawarkan opsi untuk menyimpan backup ke cloud strorage seperti dropbox, google drive dan lain – lain. Hal ini bisa menghemat ruang database web atau blog kamu.

4. WP Lockdown

Plugin terakhir adalah WP Lockdown yang berfungsi di sisi keamanan dan membatasi gagal login di WordPress. Biasanya para attacker, intruder, cracker, hacker atau maling menggunakan bruteforce untuk menjebol password untuk login ke dashboard wordpress Anda. Nah plugin inilah yang mampu mengatasinya. Plugin ini akan mengubah alamat login anda yang biasanya www.domainanda.com/wp-admin menjadi www.domainanda.com/******. Tanda ***** itu bisa anda sesuai keinginan.

5. Google Authenticator

Google Autheticator ini berfungsi untuk menjaga web/blog dari serangan hacker yang mengetahui username dan password anda. Anda mungkin mengira sudah memasang password yang kuat tapi bisa saja hacker menemukannya.
Google Authenticator ini melapis keamanan web/blog dari serangan hacker. Meski hacker sudah mengetahui password kamu, Google Authenticator akan meminta otentifikasi melalui kode atau batang QR Code. Para hacker ini tak akan mengetahui Google Authenticator karena hanya terhubung ke device yang sudah Anda koneksikan.
Bagaimana jika device yang dikoneksikan kea kun kita hilang. Caranya mudah, masuk ke control panel/filemanager/wpcontent, cari google authenticator lalu ubah namanya.

google authenticator

 

Nah itulah 5 Plugin Wajib Untuk Web dan Blog WordPress untuk menjaga keamanan dan memaksimalkan kinerja web dan blog anda. Punya rekomendasi plugin lain? Bagi di kolom komentar yah.

Related Posts

About The Author

Add Comment