5 Hal Yang Identik Dengan Bulan Desember

Desember adalah bulan penghabisan dari penanggalan Masehi. Desember berasal dari kata ‘decem’ yang berarti kesepuluh. Dulunya, bulan ini berada pada urutan ke-10 bukan pada urutan ke-12 pada saat sekarang. Saya tidak akan membahas sejarah dan bla bla dari bulan Desember tapi 5 Hal Yang Identik Dengan Desember. Apa saja itu? Simak di bawah ini;

  1. Bantal, Guling, Selimut

Di Indonesia, Desember adalah musim penghujan. Musim di mana orang akan sangat dekat, atau tak mau berjauhan dengan ketiga benda di atas. Bantal, guling dan selimut adalah benda – benda yang selalu bikin kangen. Apa yang sangat ingin kamu lakukan kalau hujan?

  1. Genangan dan Banjir
Genangan Air di Pettarani Water Park Makassar yang identik dengan bulan Desember Foto: Daeng Syamsoe

Genangan Air di Pettarani Water Park Makassar yang identik dengan bulan Desember Foto: Daeng Syamsoe

Masih tentang musim penghujan di bulan Desember. Musim hujan di Indonesia, khususnya di kota – kota besar seperti Makassar dan Jakarta, biasanya diikuti oleh genangan – genangan air di mana – mana. Genangan yah, bukan kenangan. Eh ada juga juga sih yang terperangkap dalam genangan kenangan. Genangan ini sih, kalau di Makassar, adalah istilah bapak walikota yang selalu mau menghaluskan kata. Mungkin alergi dengan kata banjir.

  1. Ingatan Akan Masa Lalu dan Mantan

Sebagai bulan penghabisan, biasanya orang akan melakukan kilas balik sebelas bulan yang telah mereka lalui. Nah, saat kilas balik itu orang – orang akan membuka kembali ingatan mereka selama setahun. Apa saja yang telah mereka lakukan, kejadian apa yang paling berkesan dan lain – lain. Dan lain – lain. Ada yang ingat saat – saat putus dengan sang mantan saat melakukan kilas balik?

  1. Resolusi

Selain kilas – balik, hal yang paling jamak dilakukan orang – orang di bulan Desember adalah menuliskan resolusi. Ada bermacam resolusi, tapi pada umumnya adalah; ingin memperbaiki kekurangan tahun lalu, ingin menikah, ingin kuliah lagi, ingin dapat pekerjaan yang bergaji lebih tinggi, sampai yang ingin mengulangi resolusi tahun lalu.

  1. Perdebatan Ucapan Selamat Natal

Nomer lima ini sangat Indonesia. Setiap memasuki bulan Desember dan menjelang perayaan Natal, perdebatan ini akan selalu muncul di negara yang mayoritas muslim ini. Selalu ada yang pro dan kontra dalam boleh tidak mengucapkan selamat Natal pada saudara kita yang non – muslim. Begitu setiap tahun. Berulang.

Nah, itulah 5 Hal Yang Identik Dengan Desember. Sebenarnya ada sangat banyak hal yang identik dengan bulan Desember. Ada yang mau menambahkan? Isi di kolom komentar yah…

Related Posts

About The Author

7 Comments

Add Comment