lelakibugis

bermain.. terluka.. tertawa..

Kalender

November 2014
M T W T F S S
« Oct    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

Sudah punya akun Twitter? Mau meningkatkan jumlah follower? Salah satu cara membuat follower terus bertambah adalah tweet kita sering di-Retweet alias di-RT. Semakin sering di-Retweet, semakin sering pula tweet kita dibaca lebih banyak orang, dan mampu menarik orang untuk jadi follower kita.

Kali ini saya ingin berbagi 10 trik agar tweet di-ReTweet:

1. Tweet Pendek

Buatlah twit, sisakan 20-30 karakter. Sisa karakter ini untuk memberi ruang pada follower untuk me-ReTweet atau memberi komentar tanpa memotong tweetmu. Pesan yang disampaikan akan tetap utuh meski di-ReTweet dan disertai komentar. Tweet pendek juga akan menarik untuk dibaca, sebab tak memberatkan mata.

2. Tweet Menarik

Twitlah sesuatu yang menarik seperti; kutipan film, motivasi dan lain-lain. Twit yang biasa saja tak akan mengundang perhatian dan tak akan di-ReTweet followers.

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

3. Tweet Efektif

Setiap twit bisa mengandung 3 elemen; mention, hashtag alias tagar, dan link. Buatlah tweet yang efektif, dalam satu tweet cukup mengandung 1 mention/tagar/link. Jika lebih, misalnya 2 mention, 2 tagar atau 2 link, maka sudah tidak efektif lagi dan membuat orang malas membaca sebab dianggap tidak informatif.  Tweetlah dengan kalimat jelas, tanpa typo, gaya bahasa sederhana dan dengan begitu efektif menyampaikan pesan.

4. Tweet Yang Jelas

Jangan membuat pembaca bingung dan mengundang pertanyaan. Buatlah kalimat pernyataan yang sederhana dan mudah dimengerti. Jangan memakai bahasa membingungkan.

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

5. Hashtag/Tagar

Hashtag atau tagar membantu orang untuk melakukan search sesuai topik yang dibahas dalam tweet. Misalnya kita membahas soal makanan, buat saja hashtag sesuai jenis makanannya, seperti #Cemilan. Pakailah hashtag atau tagar tapi jangan lebih dari satu, sebab memakan ruang dan mirip spammer.

6. Link

Jika kamu mau mempromosikan web/blog kamu, sertakan link. Jangan lupa beri penjelasan singkat isi link atau ajakan yang mengundang orang untuk mengkliknya

7. Minta Teman Untuk RT

Mintalah teman untuk me-ReTweet tweet kamu. Tak perlu malu, hal ini biasa dilakukan. Biasanya ada saja teman yang bersedia membantumu. Misalnya, ”Ada info menarik soal cemilan baru, tolong RT,”

Lakukan hal yang sama, yaitu bantu juga meng-ReTweet followermu. Hubunggan timbal balik ini penting. Jangan egois, mau di-RT terus, tapi malas meng-RT followers. Berterimakasih pada teman yang sudah meng-RT. Apresiasi ini akan membuat mereka merasa senang, sehingga akan meng-RT postinganmu lagi kelak.

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

10 Trik Agar Tweet di-ReTweet

8. CC ke Teman / Akun yang memiliki followers banyak.

Jika kamu anggap tweetmu informatif dan perlu diketahui orang banyak, tak ada salahnya kamu ke cc ke akun yang followersnya yang jauh lebih banyak. Misalnya ke @supirpete2 biasanya akan di-ReTweet kok.. akun lain yang juga suka me-Retweet itu antara lain; @soalmks  @fadroel dan @pidibaiq

9. Buat Daftar

Buat daftar orang-orang yang sering melakukan RT, utamanya yang memiliki follower banyak. Amati, twit seperti apa yang sering mereka RT. Memahami topik yang disukai orang akan memudahkan kita menarik perhatian mereka, dan membuat mereka berminat melakukan RT.

10. Scheduled Tweet

Buatlah tweet beberapa kali sehari, terutama jika followermu banyak, tidak semua followers membaca tweetmu ketika kamu posting mengingat waktu online mereka berbeda. Pakailah sistem skedul yang tersedia di TweetDeck atau HootSuite.

Jangan lupa follow @lelakibugis yah tuk tips dan trik lainnya.

:)

Baca Juga

Alasan Orang Unfollow di Twitter

 

 

Tags:

About

View all posts by

2 Responses

  1. Unggul The Sagena (@unggulcenter) says

    trimss tip triknya.. :D